Memperpanjang SIM di Layanan SIM Keliling Sistem Online

Bismillahirrahmanirrahim…

Hari ini, Kamis 21 Juni 2018 saya mencoba mengurus perpanjangan SIM saya. Ternyata di dekat rumah Ibu saya di Sidoarjo ada layanan SIM keliling dengan sistem online yang melayani perpanjangan SIM dari seluruh Indonesia (Nasional). Sebuah syukur nikmat 😀 …. soalnya kalau di Bandung bisa jadi ngurusnya harus ke Polres Cimahi yang biasanya antrinya… ya begitulah 😀 …. Berikut secara singkat informasi tentang jalannya Layanan SIM keliling sistem online:

Layanan SIM Keliling

 

Lokasi: Mall Lippo Plaza Raya (pintu timur) dekat parkiran, Jalan Jati No. 1 Sidoarjo 61226

SIM yang bisa diperpanjang: SIM A dan SIM C

Jarak waktu masa berlaku SIM: Bisa beberapa bulan sebelum masa berlaku habis (SIM saya habis September saya mengurus perpanjangan bulan Juni di tahun yang sama)

Lokasi Layanan SIM keliling Mall Lippo Sidoarjo

Persyaratan:

  • Membawa SIM dan KTP asli
  • Fotokopi SIM dan KTP masing-masing 2 lembar
  • Membawa bolpoin untuk mengisi blangko

Mekanisme:

  • Datang pagi sebelum pukul 09.00 karena ada petugas yang sudah stand by disitu dari sekitar jam 07.00, kemudian menyerahkan SIM asli yang akan diperpanjang kepada petugas, SIM ini akan digunakan sebagai antrian, yang datang paling akhir maka SIM-nya akan ditumpuk paling bawah oleh petugas. Saya datang pukul 08.30 sudah antrian ke 50. Blangko biasanya disediakan hanya untuk 50 perpanjangan SIM, dan ada sedikit lebih jika setelah tanggal merah sekitar 10-20 blangko. Karena saya mengurus setelah libur maka ada blangko tambahan.
  • Mobil SIM keliling datang pukul 09.00 dan layanan dimulai pukul 09.00-14.00, istirahat pukul 12.00-13.00 (Senin-Sabtu, tanggal merah tutup).
  • Petugas akan memanggil satu per satu sesuai urutan tumpukan SIM yang dikumpulkan sebelumnya untuk meminta KTP asli dan fotokopi KTP dan SIM, kemudian membayar biaya asuransi. Blangko akan disatukan dengan fotokopi KTP dan SIM untuk ditumpuk di meja petugas kesehatan (yang paling akhir akan berada di paling bawah tumpukan blangko). Kartu Asuransi Kecelakaan juga diberikan oleh petugas di meja ini. Kemudian menunggu dipanggil oleh petugas kesehatan.
Kartu Asuransi Kecelakaan
  • Petugas kesehatan akan memanggil satu per satu untuk memeriksa kesehatan (tensi darah, tes buta warna, timbangan berat badan) dan kemudian menuliskan surat sehat serta membayar biaya kesehatan. Untuk proses kesehatan ini diijinkan untuk membawa surat kesehatan dari dokter lain sehingga tidak perlu lagi tes kesehatan di layanan SIM keliling. Surat kesehatan tersebut maksimal dibuat 2 hari sebelum pengurusan perpanjangan SIM, lebih dari itu petugas tidak mau menerima berdasarkan aturan yang ditetapkan.
Antrian Layanan SIM Keliling

 

Antrian Layanan SIM Keliling
  • Blangko akan diberikan untuk diisi, sambil menunggu dipanggil petugas untuk foto.
  • Petugas foto memanggil satu per satu untuk foto, cap jempol, tanda tangan, dan membayar biaya perpanjangan SIM. Kemudian SIM dicetak. Selesai sudah 😀 …. alhamdulillah.
Tempat Foto

 

Petugas Foto

Waktu perkiraan pengurusan: sekitar 3 jam (saya datang 8.30 selesai 11.45)

Biaya:

  • Biaya Asuransi: Rp. 30.000
  • Biaya Tes Kesehatan: Rp. 30.000 (tidak membayar jika membawa surat sehat dari dokter)
  • Biaya Perpanjangan SIM A: Rp. 85.000
  • Biaya Perpanjangan SIM C: Rp. 75.000
  • Jadi jika mengurus SIM C misalnya maka total biaya adalah Rp. 135.000 (asuransi + tes kesehatan + perpanjangan)

Kalau sudah bisa lebih mudah mengapa memilih yang sulit 😀 … terima kasih layanan SIM keliling.

Diterbitkan oleh

Rosa Ariani Sukamto

Rosa A. S. Seseorang yang senang berbagi keilmuan di bidang Computing Education, Pemrograman Dasar, Pengembangan Perangkat Lunak, Little Bit English, Anggrek, dan berbagi Musik :) .

2 tanggapan untuk “Memperpanjang SIM di Layanan SIM Keliling Sistem Online”

  1. Oktober 2018 coba perpanjang sim di lippo plaza.. Luar kota sda bisa, dalam kota juga bisa,, buka senin -sabtu jam 9.00 – selesai (50 kuota).

    Saya datang jam 06.30 dapat urutan ke-4. Mobil datang jam 9, tapi ada petugas yg ambil antrian jam 8.30 an

    Antrian dg cara menaruh sim asli di kotak kardus kecil (tanya2 aja kl g tau tempatnya, biasanya dibawah pohon kecil di parkiran)

    Persiapan:
    Sim asli, ktp asli
    Fotocopy sim & ktp @2 lembar
    (jika tidak siap FC, bisa fotocopy di petugas kena biaya 2rb)
    Bolpoint (jaga2 meski disana sudah ada 7 bolpoint disiapkan petugas)

    Biaya:
    30rb asuransi+ 30rb kesehatan (bayar diawal)
    75rb sim c (bayar wktu foto)

Tinggalkan komentar