Cara Akses Aplikasi Mobile dengan Emulator Android melalui PC/Laptop

Bismillahirrahmanirrahim…..

Semua berawal dari ketidaksukaan saya ganti barang kalau tidak rusak dan tidak bisa dipakai 😀 … misalnya laptop saya yang sebelumnya, sudah saya pakai dari 2008-2015 😀 … 7 tahun lamanya (pernah jatuh dari angkot waktu di dalam tas, pernah jatuh dari meja pas engsel sudah pecah 😀 ), dan ini penampakan akhir dari laptop saya itu.

Laptop Kenangan engselnya sudah pecah, tapi masih jalan

 

Laptop Kenangan, harus ditahan pakai benang

 

Bagian bawah Laptop Kenangan, sudah sering overheat, jadi kipas dalam dimatikan dan ditambah kipas luar.

 

Begitu pula dengan sepatu saya dulu, seperti ini penampakannya.

Sepatu Kenangan

Begitu juga dengan HP 😀 …. HP saya sekarang adalah Lenovo A390 saya beli tahun 2013 (5 tahun yang lalu) dengan harga sekitar 900 ribuan 😀 … Tombol start-nya sudah rusak, jadi kalau mau mematikan ya cabut baterainya, dan saya menggunakan aplikasi Volume Power (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.teliapp.powervolume&hl=in) agar lock dan bukanya bisa menggunakan tombol volume 😀 … jadi ya sudah ga bisa buat screen shoot.

Aplikasi Volume Power

Dan sedih sekali ketika sekitar 1 tahunan lalu aplikasi gojek sudah tidak kompatibel lagi dengan HP saya 😦 … akhirnya nemu bagaimana mengakses Gojek dari laptop, karena saya kan orang komputer yang kerjanya “pacaran” sama komputer 😀 … jadi daripada ganti HP mending akses dari laptop.

Cara pertama adalah mengunduh emulator android, saya memilih Droid4x versi 0.10.6 Beta yang merupakan freeware alias gratis (orang IT mah yang baik banyak :D, bikin susah-susah buat dibagi-bagi gratis) dan ternyata lebih ringan dibanding beberapa emulator lain. Kita bisa instal di komputer kita. Begini penampakan Droid4x

Droid4x waktu loading

Tampilan Droid4x

Untuk mengunduh beberapa aplikasi kita bisa menggunakan tab AppStore dan mengunduh aplikasi yang kita butuhkan. Untuk kembali ke Home/Beranda kita bisa klik tombol rumah di bagian bawah aplikasi Droid4x.

AppStore pada Droid4x

Untuk menggunakan aplikasi Gojek, kita perlu menginstal Fake GPS Run, karena entahlah mengapa setelan GPS Droid4x di laptop saya error.

Fake GPS Run

Sebelum menjalankan aplikasi yang menggunakan GPS, kita bisa mengatur setelan dengan membuka Fake GPS Run yang sudah kita instal sebelumnya. Pertama kita harus ke Google Maps untuk mengambil lokasi kita dan mendapatkan longitude latitude dengan cara mengeklik kanan lokasi yang kita dan pilih “ada apa disini?”

Google Maps

maka akan muncul longitude latitude seperti pada gambar berikut:

longitude latitude

Salin longitude latitude itu kemudian klik dua kali icon Fake GPS Run pada Droid4x hingga muncul sebagai berikut:

Eksekusi Fake GPS Run

Klik tombol yang dilingkari merah pada gambar diatas dan masukkan longitude latitude yang sudah disalin lalu klik Confirm.

Memasukkan longitude latitude

maka akan tampil seperti gambar berikut:

Lokasi di Fake GPS Run

Kemudian klik tombol yang dilingkari merah, hingga muncul tampilan berikut:

Fake GPS Run

Pilih menu Only Location hingga muncul tampilan berikut:

Fake GPS Run

Pilih menu Confirm. Jika ada meminta ijin untuk mengijinkan “fake location” maka klik ijinkan, kita harus selalu melakukan setelan setiap membuka Droid4x jika membutuhkan GPS. Setelah itu baru kita bisa mengakses aplikasi yang menggunakan GPS 😀 … dan masalah HP “jelek” pun terselesaikan. Apapun itu selalu ada pilihan untuk bermanfaat atau merugikan… itulah dunia, kita tinggal memilih 🙂 . Kalau ada cashback atau diskon di market place hanya untuk aplikasi mobile kita juga bisa menggunakan ini. Jadi selalu ada jalan keluar untuk yang mau berusaha bukan 🙂 . Semoga bermanfaat. Go-Send… Go-Food… I am coming 😀 .

Iklan
By hariiniadalahhadiah Posted in IT, Sharing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s