Kios Samsat di Pasar Kontemporer Sarijadi Bandung

Bismillahirrahmanirrahim,

Salah satu pajak yang harus dibayar oleh warga negara yang memiliki kendaraan bermotor adalah pajak kendaraan. Biasanya saya bayar di Samsat Cimahi di daerah Cibabat Cimahi. Di Samsat Cimahi, biasanya yang paling tidak asyik adalah ngantrinya 😀 . Biasanya prosesnya kita ke bagian informasi yang di depan setelah pintu masuk (mulai buka jam 8), kemudian minta map dan formulir, kemudian mengisi formulir serta memasukkan KTP dan STNK beserta surat pajaknya. Kemudian menunggu dipanggil. Setelah dipanggil, pergi ke loket pertama untuk ditanya-tanya mengenai kendaraan yang dimiliki dan siapa pemiliknya. Kemudian duduk lagi nunggu dipanggil lagi. Setelah dipanggil, kita datang ke loket kedua untuk membayar. Lalu duduk menunggu dipanggil lagi. Setelah dipanggil lagi, baru kita ke loket 3 dan dapat STNK, KTP, dan surat pajak kendaraan kita. Proses selesai….. sedikit ribet kan, belum banyak yang kesana termasuk penyedia jasa bayar pajak kendaraan.

Namun sekarang ada alternatif lain, di pasar kontemporer Sarijadi Bandung (dekat Poltekpos Bandung, lebih tepatnya sebelahnya, masih di sisi jalan yang sama) ada kios Samsat. Petugasnya mengatakan sekarang ada disitu dari Senin sampai Jumat (mulai jam 9, sampai jam berapanya saya lupa bertanya) dan bisa membayar kendaraan dari seluruh wilayah Jawa Barat karena sistemnya sudah online. Tinggal datang, lalu masuk ke jalan masuk pasar, terus ke belakang sampai dekat parkiran belakang, disitulah kios Samsatnya berada. Saya tidak punya fotonya karena waktu itu tidak memotret. Lalu kita serahkan STNK, KTP, dan surat pajak kendaraan, lalu bayar, sudah… no antri saudara-saudara 😀 . Jangan lupa memeriksa apakah surat pajaknya sudah dicap, karena pas saya bayar, petugasnya kelupaan, untung saya periksa 😀 .

Sebelum bayar pajak kendaraaan, jika ingin tahu berapa yang harus dibayar dapat sms ke esamsat dengan format:

esamsat nomorRangkaMesin nomorNIKKTP

misalnya

esamsat HJK123679054777 3215678908542

ke nomor 08112119211

nanti akan dapat balasan biayanya kalau sistemnya sedang tidak error. Jadi sekarang bayar pajak kendaraan no antri 😀 . Semoga bermanfaat.

Pasar Kontemporer Sarijadi Bandung

 

Pasar Kontemporer Sarijadi Bandung di Google Maps

Diterbitkan oleh

Rosa Ariani Sukamto

Rosa A. S. Seseorang yang senang berbagi keilmuan di bidang Computing Education, Pemrograman Dasar, Pengembangan Perangkat Lunak, Little Bit English, Anggrek, dan berbagi Musik :) .

Tinggalkan komentar