Saran-Saran dan Masukan Mahasiswa Semester Genap 2014/2015

Bismillahirrahmanirrahim…

Seperti biasa, saya mencoba menjawab saran-saran yang masuk dari mahasiswa dari web pbm UPI tentang cara saya mengajar dan berbagi ilmu untuk menghargai saran-saran yang diberikan mahasiswa. IP saya untuk semester ini adalah 7.92 dari skala 9 (semester sebelumnya 7.82 dari skala 9). Mata kuliah yang saya ampu di semester ini adalah Algoritma dan Pemrograman 2, Struktur Data, dan Pemrograman Berorientasi Objek dengan jumlah saran masukan sebanyak 183. Berikut adalah saran-saran yang masuk dan jawaban-jawaban saya, semoga berkenan. Aamiin YRA.

Programming Family (Asisten Praktikum dan Dosen Pemrograman Angkatan 3 (2011) sampai Angkatan 6 (2014) Ilmu Komputer UPI Non Kependidikan)

Programming Family (Asisten Praktikum dan Dosen Pemrograman Angkatan 3 (2011) sampai Angkatan 6 (2014) Ilmu Komputer UPI Non Kependidikan)

 

Apa kata mahasiswa ?
1. Thursday, 28 May 2015 19:47:03
Baik
2. Friday, 29 May 2015 10:03:51
materi yang disampaikan tidak ada masalah dan cara mengajarnya juga tidak terlalu membuat tegang

 

Alhamdulillah, terima kasih πŸ™‚

3. Friday, 29 May 2015 10:26:37
materi di kelas sudah baik, alangkah baiknya latihannya di bahas dikelas

 

Di kelas seringnya terbatas waktu, sehingga soal tidak bisa dibahas, tolong jika masih ada waktu dikatakan saja sehingga sisa waktunya bias untuk membahas soal. Karena saya sendiri sering lupa juga πŸ™‚ .

4. Friday, 29 May 2015 15:40:43
Bagus
5. Friday, 29 May 2015 19:45:29
baik πŸ™‚ lucuu

 

Alhamdulillah, terima kasih πŸ™‚

6. Friday, 29 May 2015 21:49:45
alhamdulillah ketika saya mengulang alpro 1, sekarang di alpro 2 alhamdulillah logika saya menjadi semakin matang dan lebih baik dari sebelum2nya hehe terimakasih yah bu πŸ™‚ tolong perbanyak latihan soalnya lagi yah bu πŸ˜€

 

Alhamdulillah, semoga masa depanmu berkah dan mendapat ridhoNya. Aamiin YRA… kalau masih ada waktu diingatkan saja ya… untuk bahas soal πŸ™‚

7. Friday, 29 May 2015 22:52:50
ibu rosa the best πŸ™‚
8. Saturday, 30 May 2015 06:10:13
dosen favorite saya. everything is just at its balance. gak kurang gak lebih.
9. Saturday, 30 May 2015 06:47:27
menyenangkan

 

Alhamdulillah, terima kasih πŸ™‚

10. Saturday, 30 May 2015 06:49:17
tidak ada
11. Saturday, 30 May 2015 06:57:16
Assalamualaikum Wr.Wb. Terimakasih sudah mengajar Algoritma selama 1 Tahun ini Bu…. Materinya bagus… dan menarik… ditambah lagi saran-saran yang menarik… jazakalloh… semoga selalu ada dalam Ridho-Nya ^-^)

 

Waalaikumsalam Wr. Wb.Aamiin YRA… semoga begitu juga untukmu ya πŸ™‚ . Alhamdulillah, terima kasih.

12. Saturday, 30 May 2015 06:59:52
alhamdulillah, syukron ibu untuk pembelajarannya di alpro2 ini. Untuk penyampaian materinya saya rasa sudah cukup bagus, dan mudah dicerna =)) mudah2an kedepannya bisa istiqomah bu πŸ˜€ hehe

 

Aamiin YRA. Semoga berkah ya ilmunya kedepannya. Aamiin RA πŸ™‚

13. Saturday, 30 May 2015 07:00:35
Bu, TMDnya seakan-akan hanya tinggal “paste your own script, edit it to fill the requirements, add a little innovation” untuk yang orangnya suka pas-pasan tidak seperti TMD alpro1 yang membuat otak berpikir keras supaya sesuai keinginan (mungkin karena sistemnya presentasi).

 

Karena Alpro 2 itu adalah memahami kode program yang sudah ada dan mampu memodifikasi. Semua mata kuliah ada seni, ilmu, dan kebijaksanaannya (hikmah) yang bias diambil agar kita lebih baik kedepannya πŸ™‚

14. Saturday, 30 May 2015 07:20:06
Meskipun alpro cukup susah, dengan adanya semangat dan motivasi, pelan2 alpro dapat dipahami dengan baik

 

Alhamdulillah, semoga ilmunya berkah kedepannya ya. Aamiin YRA πŸ™‚

15. Saturday, 30 May 2015 08:06:34
Menurut saya ibu sudah baik dalam mengajar, terima kasih untuk pengembangan karakter agar tidak mencontek. Hanya saja saya masih bingung, saya sudah belajar fokus alpro, tapi tetap saja logika saya mengerti, tapi pas ngoding jadi pusing harus gimana.

 

Alhamdulillah. Sepertinya itu gejala karena kurang jam terbang dalam mengerjakan soal-soal, karena logika itu kategori ilmu yang diasah… perlu jam terbang dalam mengerjakan soal-soal. Semoga kedepannya menemukan cara belajar yang lebih sesuai. Aamiin YRA.

16. Saturday, 30 May 2015 08:27:26
pembelajarannya sangat sesuai dengan silabus, semuanya terstruktur dengan baik, Bu Rosa juga dapat membuat suasana kelas menjadi sangat menyenangkan, suka memberi motivasi juga buat lebih rajin dalam berlatih. latihan…latihan…latihan… itu yg Ibu ajarkan ke kita. walaupun sampai saat ini saya masih kurang dalam Alpro, tapi saya akan berlatih lebih giat lagi dan rajin bertanya lagi sampai saya mengerti. doakan juga ya bu semoga yang belum mengerti Alpro seperti saya bisa cepat-cepat paham, agar tidak tertinggal mata kuliah yang lain, Aamiin :))

 

Alhamdulillah. Aamiin YRA. Semoga kedepannya selalu lebih baik lagi. Aamiin YRA πŸ™‚

17. Saturday, 30 May 2015 09:47:59
jika nilai ditambah dengan nilai keaktifan atau nilai tambahan lainnya mungkin itu akan sangat membantu.

 

Sebenarnya sudah, namun secara implisit sudah termasuk di dalam nilai-nilai.

18. Saturday, 30 May 2015 16:50:24
Terimakasih bu sudah mengajar saya selama satu semester ini semoga ilmu yang didapat bisa bermanfaat bagi siapapun:)

 

Alhamdulillah. Aamiin YRA. Sama sama πŸ™‚

19. Saturday, 30 May 2015 17:32:56
Gatau mesti berkomentar apa, karena penyampaian materi sudah sangat pas dan saat menerangkan kadang suka cerita cerita yang memang berhubungan dengan matakuliah yang kadang suka membuat mahasiswa menyadari kenapa masuk jurusan yang bersangkutan. Terimakasih

 

Alhamdulillah. Sama sama πŸ™‚

20. Saturday, 30 May 2015 19:53:20
Cara mengajar sudah enak dan materi bisa diterima dengan baik oleh para mahasiswa.
21. Saturday, 30 May 2015 20:05:49
makasih bu untuk pengajarannya πŸ™‚
22. Saturday, 30 May 2015 20:19:27
makasih bu udh ngebimbing
23. Saturday, 30 May 2015 21:24:42
Keren Bu πŸ™‚
24. Sunday, 31 May 2015 01:12:30
hmm oke
25. Sunday, 31 May 2015 01:43:25
Cukup baik dalam pengelolaannya

 

Alhamdulillah… Terima kasih semua πŸ™‚

26. Sunday, 31 May 2015 01:58:23
no comment bu πŸ˜€
27. Sunday, 31 May 2015 03:44:02
Lebih ditingkatkan lagi

 

Insya Allah… πŸ™‚

28. Sunday, 31 May 2015 05:34:37
Pengajaran sudah cukup baik, namun dalam media pembelajaran harus lebih inovatif dan membuat mahasiswa antusias, absensi diberdayakan, karena akan membuat mahasiswa antusias dan menghargai absensi

 

Alhamdulillah, nanti bisa ya bikin game di skripsi untuk mengajar pemrograman πŸ˜€ …. Biar media pembelajarannya lebih inovatif… presensi itu masuk bahan pertimbangan, dan nilainya sudah dimasukkan secara implisit di nilai.

29. Sunday, 31 May 2015 06:07:04
Terimakasih bu

 

Sama sama πŸ™‚

30. Sunday, 31 May 2015 06:25:09
Tegas dan memberikan saran-saran/arahan di luar materi. Semoga dapat selalu berprasangka baik pada murid-muridnya.

 

Insya Allah, semoga juga selalu dapat berprasangka baik pada saya πŸ™‚ Aamiin YRA.

31. Sunday, 31 May 2015 06:41:36
Terima kasih bu, untuk kedepannya semoga di PBO ibu dapat mengarahkan kami kepada soal latihan πŸ™‚ karena untuk latihan di PBO sangat diperlukan πŸ™‚

 

Sama sama, terima kasih masukannya, nanti dicoba jika masih ada waktunya di kelas πŸ™‚

32. Sunday, 31 May 2015 07:07:48
Terimakasih bu atas ilmu yang ibu berikan kepada saya, semoga menjadi amal ibadah bagi kita semua πŸ˜€

 

Aamiin YRA πŸ™‚

33. Sunday, 31 May 2015 07:08:20
Dalam mengajar, tolong lebih banyak pemberian contoh contoh dari setiap materi yang disampaikandari, agar mahasiswa bisa mengetik dan mengerti dengan materinya.

 

Insya Allah jika waktu di kelas mencukupi untuk membahas contoh-contoh soal…. Mohon diingatkan ya πŸ™‚

34. Sunday, 31 May 2015 07:21:12
Semoga saya lulus alpro2 dengan nilai yg baik. Aamiin

 

Aamiin YRA

35. Sunday, 31 May 2015 08:35:27
Pengajaran sudah bagus dan membuat mahasiswa lebih mandiri
36. Sunday, 31 May 2015 09:21:09
MANTAP BU!!!

 

Alhamdulillah… terima kasih πŸ™‚

37. Sunday, 31 May 2015 09:27:28
😦

 

Jangan bersedih, karena Allah bersama hambaNya yang istiqomah… syaratnya istiqomah dalam bersabar.. dimana sabar adalah melakukan yang terbaik setiap harinya…

38. Sunday, 31 May 2015 10:53:57
Sudah baik
39. Sunday, 31 May 2015 10:59:47
Makasih Bo Rosa..

 

Alhamdulillah.. terima kasih πŸ™‚

40. Sunday, 31 May 2015 11:21:44
maaf bu, alpro 2 mungkin banyak kemiripan karena dari modul, hanya saran mungkin saat pembelajaran di berikan 1 soal tetapi mempunyai logika yang berbeda beda(aga repotnya bikin modul aga banyak) , jadi mahasiswa tidak tertuju dengan 1 logika. hanya saran dari saya bu, semangat terus bu.

 

Alpro 2 memang fokusnya memahami algoritma yang sudah ada, jadi memang fokusnya ke sebuah algoritma yang dipahami untuk dimodifikasi, fokusnya bukan ke arah dasar logika seperti alpro 1. Terima kasih sarannya πŸ™‚

41. Sunday, 31 May 2015 12:16:37
😊
42. Sunday, 31 May 2015 13:16:18
Sudah baik cara mengajarnya

 

Alhamdulillah, terima kasih πŸ™‚

43. Sunday, 31 May 2015 16:28:57
Terima kasih atas ilmunya, semoga ilmunya berkah. Dan semoga terus menjadi lebih baik lagi.

 

Aamiin YRA… terima kasih πŸ™‚

44. Sunday, 31 May 2015 18:01:51
GOOD TEACHER, THANK YOU SO MUCH BU ROSA ❀
45. Sunday, 31 May 2015 19:30:01
terima kasih bu
46. Sunday, 31 May 2015 20:22:11
terima kasih bu :3

 

Alhamdulillah, terima kasih semua πŸ™‚

47. Sunday, 31 May 2015 20:27:27
materinya lumayan susah bu, butuh banyak soal-soal seperti alpro 1 dan 2

 

Sudah ada ya di latihan CSPC, bisa dicoba untuk semua soal, memang kunci menguasai alpro adalah latihan… latihan… latihan πŸ™‚

48. Monday, 1 June 2015 00:31:54
keren

 

Alhamdulillah, terima kasih πŸ™‚

49. Monday, 1 June 2015 08:05:38
Mata kuliahnya bu 😦

 

Berdamai dengan mata kuliah adalah pilihan terbaik untuk bisa melewati masa-masa kuliah πŸ™‚

50. Monday, 1 June 2015 09:04:55
pada matakuliah ini mahasiswa diajarkan 3 bahasa pemograman yaitu c++, java, dan php.
51. Monday, 1 June 2015 09:27:52
bu rosa sangat baik dalam mengajar
52. Monday, 1 June 2015 09:53:27
Sangat salut dengan bu Rosa yang rela meluangkan waktu untuk mengajar privat mahasiswa2 yang kurang mengerti dengan mata kuliah ini dan dengan pendekatan yang sangat baik
53. Monday, 1 June 2015 10:06:53
Terima kasih πŸ™‚
54. Monday, 1 June 2015 10:46:17
Memotivasi

 

Alhamdulillah, terima kasih semua πŸ™‚

55. Monday, 1 June 2015 10:47:08
assalamualaikum ibu saya kurang menguasai materi terima kasih atas apa yyang ibu berikan

 

Waalaikumsalam Wr. Wb. Sama sama ya, semoga selalu berusaha untuk istiqomah melalui masa-masa kuliah. Aamiin YRA.

56. Monday, 1 June 2015 10:48:47
SANGAT BAIK
57. Monday, 1 June 2015 13:07:14
mantab
58. Monday, 1 June 2015 13:11:56
Cukup di pahami.
59. Monday, 1 June 2015 13:21:06
Menyenangkan

 

Alhamdulillah, terima kasih semua πŸ™‚

60. Monday, 1 June 2015 13:59:05
Tidak ada komentar
61. Monday, 1 June 2015 14:10:12
Coba lebih baik lagi bu.. Kalo bisa perhatikan semangat mahasiswa.. Lalu dalam hal penilaian, semester sekarang ga terlalu transparan bu, ga seperti semester lalu.. πŸ™‚ lalu alangkah lebih baik jika berikan sedikit nilai untuk mahasiswa yang memang sudah berusaha semaksimal mungkin.. πŸ™‚ Makasih bu.. πŸ˜€

 

Insya Allah selalu berusaha lebih baik. Untuk penilaian selalu ada dibagikan rekap nilai, jika ada komplain juga bisa disampaikan. Mungkin di semester ini hanya sedikit terlambat untuk penilaian setiap evaluasi karena kesibukan. Untuk semangat, kehadiran, usaha mengerjakan semua evaluasi dinilai secara implisit. Ada dimasukkan dalam pertimbangan penilaian. Hanya saja nilainya masuk ke dalam nilai kebijaksanaan (wisdom) maka tidak diberikan secara eksplisit. Sama sama πŸ™‚

62. Monday, 1 June 2015 14:29:19
pertahankan
63. Monday, 1 June 2015 14:36:38
πŸ™‚
64. Monday, 1 June 2015 15:06:01
ibu masih jadi penyemangat dikelas , makin baik buat kedepannya bu , buat asdos juga makin baik yaa kedepannya , mata kuliah ini menantang tapi membuat semangat hehe..
65. Monday, 1 June 2015 15:07:37
?
66. Monday, 1 June 2015 15:52:50
terima kasih
67. Monday, 1 June 2015 16:19:24
sudah cukup baik, mohon dipertahankan
68. Monday, 1 June 2015 16:21:30
πŸ™‚

 

Alhamdulillah, terima kasih semua πŸ™‚

69. Monday, 1 June 2015 16:53:52
jika saya mengulang ditahun depan, saya ingin ikut kelas tambahan bareng sama ibu langsung. ngga mau sama asdos mereka kurang jelas menjelaskannya.

 

Perlu dipahami karena asdos juga masih sama-sama belajar, dan tugas mereka adalah membantu… mengenai pemahaman tetap menjadi tanggung jawab individu dari setiap mahasiswa itu sendiri. Temukan cara belajar yang sesuai maka kita akan bisa menemukan semangat dalam belajar. Semoga segera menemukan y acara belajar yang sesuai. Aamiin YRA.

70. Monday, 1 June 2015 19:43:06
No comment
71. Monday, 1 June 2015 20:24:47
sudah baik dalam keseluruhannya, tapi kalau masih ada yang kurang untuk diperbaiki lagi.
72. Tuesday, 2 June 2015 06:16:28
sangat efisien pengajarannya, dan jelas

 

Alhamdulillah, terima kasih.

73. Tuesday, 2 June 2015 10:01:41
Untuk ibu yang mengajar matkul ini sulit dipahami jadi tolong penjelasannya lebih jelas lagi,dan cara mengajar sudah baik hanya saja karena meterinya sulit jadi masih sulit untuk dipahami,dan seharusnya adatambahan media belajar seperti buku paket untuk mahasiswa

 

Jika penjelasan kurang jelas, maka dapat diatasi dengan bertanya mengenai apa yang kurang jelas, sehingga ketidakjelasan tidak disimpan dalam hati saja πŸ˜€ … hal ini dapat mengakibatkan kepuyengan di masa mendatang. Mengenai buku, saya mencoba menjelaskan saat hari pertama kuliah, bahwa buku yang baik adalah buku yang mampu dipahami oleh pembacanya, dan saya membebaskan mahasiswa untuk memilih buku yang sesuai untuk dirinya.

74. Tuesday, 2 June 2015 11:20:15
pertahankan bu πŸ™‚
75. Tuesday, 2 June 2015 16:48:12
baik banget , teruskan bu πŸ˜€
76. Tuesday, 2 June 2015 18:21:12
perkuliahan alpro 2 terasa lebih nyaman dan menyenangkan dari alpro 1 kemarin, penyampaian materinya mudah dimengerti jadi tidak terlalu sulit untuk belajar mengenai alpro ini, selain itu, setiap pertemuan bu rosa pasti selalu memberikan motivasi – motivasi yang membuat mahasiswa (khususnya saya sendiri) semangat untuk melakukan perkuliahan ini. pertahankan cara mengajar nya ya bu πŸ™‚
77. Tuesday, 2 June 2015 19:49:25
Pemberian tugas dan sistematika penilaian jelas , membangkitkan semangat mahasiswa dan suasana kondusif untuk belajar
78. Tuesday, 2 June 2015 23:46:38
Sangat baik. Saya mengalami peningkatan di mata kuliah ini. Terima kasih ibu telah memotivasi dan mempercayai saya πŸ™‚
79. Wednesday, 3 June 2015 07:01:36
Makasih Ibu atas Ilmu Ilmu serta Motivasi yang ibu berikan, semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah. Sukses dan tetap semangat bu :).
80. Wednesday, 3 June 2015 07:20:31
alhamdulillah
81. Wednesday, 3 June 2015 10:06:13
memuaskan.
82. Wednesday, 3 June 2015 10:22:06
Semoga bisa lebih baik lagi mengajarnya bu πŸ™‚
83. Wednesday, 3 June 2015 10:35:11
bagus bu tingkatkan
84. Wednesday, 3 June 2015 13:06:31
pemberian materinya jelas dan terstruktur
85. Wednesday, 3 June 2015 15:48:20
Terima kasih bu, semoga ilmu yang diberikan bermanfaat. Maaf jika ada salah-salah perbuatan dan ucapan. πŸ™‚
86. Thursday, 4 June 2015 07:31:00
πŸ™‚

 

Alhamdulillah, terima kasih semua πŸ™‚

87. Thursday, 4 June 2015 12:50:04
lebih banyak contoh dari setiap materi

 

Jika ada tersisa waktu dikelaskan, silakan disampaikan sehingga kita dapat membahas contoh-contoh soal dari materi, terkadang mahasiswa lebih memilih kuliah selesai dibandingkan dengan mencoba mengerjakan soal, karena mungkin sudah terlalu lelah dengan memahami materinya sehingga membutuhkan istirahat dan mengerjakan soal-soal di rumah.

88. Thursday, 4 June 2015 12:55:48
lebih baik lagi
89. Thursday, 4 June 2015 12:58:25
good

 

Alhamdulillah, terima kasih semua πŸ™‚

90. Thursday, 4 June 2015 13:03:17
ibu sudah bagus neranginnya.. tapi menurut saya lebih baik ibu cek agar semua mahasiswa mencoba latihan kodingan di kelasnya..

 

Ini menurut saya agak susah, karena saya hanya sendiri di kelas, dan mahasiswa berbanyak. Jika membutuhkan bertanya sebaiknya dikatakan saja, atau acungkan tangan maka saya akan coba memeriksa. Mahasiswa diberikan kata “maha” di depan kata “siswa” karena mahasiswa dalam tahap belajar untuk bertanggung jawab dengan semua pilihan hidup, misalnya jika tidak bertanya maka sedang memilih untuk tidak mendapat jawaban dan memendam kebingungan sendirian…. Itu sebuah konsekuensi lojik dari semua pilihan yang kita ambil dari hidup ini πŸ™‚

91. Thursday, 4 June 2015 13:31:11
Cara mengajarnya sudah lebih baik dari semester yang lalu
92. Thursday, 4 June 2015 13:37:38
sip
93. Thursday, 4 June 2015 14:23:25
Selalu membuat suasana senyaman mungkin ketika pembelajaran berlangsung

 

Alhamdulillah, terima kasih semua πŸ™‚

94. Thursday, 4 June 2015 15:11:03
masih sulit mengerti pelajaran yang di berikan

 

Mungkin perlu dicari cara belajar yang sesuai, kita tidak bisa mendapatkan hasil yang berbeda jika cara belajar yang kita lakukan sama. Semoga segera dapat menemukan cara belajar yang sesuai. Aamiin YRA. Terutama untuk latihan dalam mengerjakan soal-soal pemrograman.

95. Thursday, 4 June 2015 20:11:06
ibu dosen paling ok pokonya πŸ˜€
96. Thursday, 4 June 2015 20:15:56
oke
97. Thursday, 4 June 2015 20:22:01
mungkin karena terlalu banyak mahasiswa di ruangan praktikum suasananya cukup tidak kondusif, tapi untuk pematerian yang diberikan sangat baik, menurut saya lebih baik dari sebelumnya,terimakasih bu

 

Alhamdulillah, terima kasih semua…. Untuk lab. Praktikum… adanya masih seperti itu… maka proses mesti terus berjalan… life must go on πŸ˜€

98. Thursday, 4 June 2015 20:31:46
Saya harap asdos bisa lebih dekat dengan mahasiswa yang lain dan tidak pilih-pilih

 

Saya sampaikan ke asdos ya πŸ™‚

99. Thursday, 4 June 2015 20:42:37
πŸ™‚
100. Thursday, 4 June 2015 20:46:09
Almost perfect

 

Alhamdulillah, terima kasih semua πŸ™‚

101. Thursday, 4 June 2015 20:51:59
terimakasih bu, saya sepertinya haris mengulang semester depan

 

Semoga selalu menjadi lebih baik dan menemukan cara belajar yang sesuai agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Aamiin YRA.

102. Thursday, 4 June 2015 20:53:14
snvowgvchahb
103. Thursday, 4 June 2015 21:00:38
ibu rosa,paling mantep lah soalsegala hal … saya nya aja yang malles belajar nya πŸ™‚

 

Semoga dijauhkan Allah dari kemalasan agar masa depan semakin berkah. Aamiin YRA.

104. Thursday, 4 June 2015 22:29:25
Tidak ada komentar
105. Thursday, 4 June 2015 23:24:51
ga tau
106. Friday, 5 June 2015 06:49:11
Semangat ibuu πŸ™‚
107. Friday, 5 June 2015 08:56:05
makasih ilmunya πŸ˜€
108. Friday, 5 June 2015 10:27:09
Selama ini, masih dosen yang paling bagus.
109. Friday, 5 June 2015 10:35:00
Terimakasih bu sudah mengajarkan materi dengan baik sekaligus memberi motivasi pd kami, karna sesungguhnya kami butuh motivasi untuk semester ini hehe
110. Friday, 5 June 2015 22:14:09
Seperti biasa bu, bagus.
111. Friday, 5 June 2015 22:24:08
dosen yang paling jelas. kalau saja laboratoriumnya lebih besar dan rapih lagi…
112. Friday, 5 June 2015 22:26:38
Terima kasih ibu, semua sudah sesuai harapan
113. Friday, 5 June 2015 23:41:43
Good
114. Friday, 5 June 2015 23:44:11
Lebih menyenangkan lagi
115. Friday, 5 June 2015 23:56:26
teu aya
116. Saturday, 6 June 2015 00:08:11
nice (y)
117. Saturday, 6 June 2015 00:18:49
Lebih baik lagi kedepannya
118. Saturday, 6 June 2015 00:34:18
ok

 

Alhamdulillah, terima kasih semua. Life must go on… seni dari belajar adalah menang dari tantangan yang ada πŸ™‚

119. Saturday, 6 June 2015 01:02:34
Alhamdulillah meskipun saya harus mengulangi mata kuliah ini, banyak pengalaman berharga. meskipun awal-awal masih belum berhasil dalam mngerjakan setiap evaluasi alhamdulillah saya merasa bangga dengan diri saya sendiri karena akhirnya saya di akhir evaluasi bisa menyelesaikan tgas mata kuliah ini. perjuangan yang harus melewati beberapa pelajaran da rintangan terima kasih bu πŸ™‚

 

Alhamdulillah, I’m proud of you πŸ™‚ …. Semoga tetap semangat, sehingga masa depan menjadi berkah. Aamiin YRA. Terkadang dalam segala hal… yang kita perlukan adalah kesungguhan ikhtiar.

120. Saturday, 6 June 2015 02:06:24
Ibu ngajar dan cara menilai mahasiswanya sudah baik:)
121. Saturday, 6 June 2015 03:49:40
dapat dijadikan teladan yang baik πŸ™‚
122. Saturday, 6 June 2015 08:56:58
Terima kasih atas ilmunya selama satu semester ini
123. Saturday, 6 June 2015 17:11:03
tetap semangat ibu πŸ™‚
124. Saturday, 6 June 2015 17:25:18
lebih baik lagi.

 

Alhamdulillah, terima kasih semua πŸ™‚

125. Saturday, 6 June 2015 22:39:04
ibu sangat sering memberi motivasi terhadap mahasiswa mahasiswa yang mengampu matakuliahnya, apalagi mahasiswa yg mengulang. tetapi jangan juga sering dalam waktunya mengajar malah jadi tidak fokus lagi dalam materi yg sedang diajarkan, ibu terlalu sering memberi motivasi dan cerita tentang pengalaman ibu semenjak kuliah dan sampe sekarang. tetapi itu membuat kita sebagai mahasiwa bosan, dan tidak fokus lagi tentang materi yg diterangkan saat itu. dan masukannya tolong lihat proses belajar mahasiswanya, jangan gara-gara tidak presentasi/tidak mengerjakan tugas besar mahasiswa tersebut langsung mendapatkan nilai E. sedangkan dalam satu semester ini ada nilai TP tiap minggunya, nilai kuis 1 2, UTS dan UAS. nah mungkin bisa ditinjau dan diakumulasikan lagi nilai mahasiswanya, jangan terpantok pada tugas besar.

 

Di satu sisi yang lain, memotivasi dianggap diperlukan (coba baca saran-saran yang lain) di lain sisi dianggap membosankan. Mari kita mencoba membuat keseimbangan untuk semuanya πŸ˜€ … terima kasih sarannya. Kemudian untuk nilai, sudah diberikan secara transparansi bahwa ada persenan dari setiap pos nilai, dan seimbang masing-masing 20%. Persen tugas besar juga hanya 20%, masih ada 80% lagi di pos yang lainnya. Mangga ditelisik kembali rekap nilai yang diberikan, apakah memang benar bahwa nilai terpantok pada tugas besar πŸ™‚

126. Sunday, 7 June 2015 00:09:49
Mantap
127. Sunday, 7 June 2015 09:15:20
Thank You bu…
128. Sunday, 7 June 2015 09:59:51
sudah baik

 

Alhamdulillah, terima kasih semua πŸ™‚

129. Sunday, 7 June 2015 16:52:00
harusnya kita belajar strukdat dulu sih bu, kemarin teh asa banyak yang ibu lewat materinya. biasanya ibu pertamakali ngajar suka ngejelasin keseluruhan silabus yang akan ibu ajarkan, tapi kemarin mah saya ingat ingat lagi mah tidak.. lebih baik lagi ya buu.. πŸ™‚

 

Aamiin YRA. Kemarin terlupa ya tentang silabus, seingat saya sudah untuk silabus PBO dijelaskan pada hari pertama kuliah dan di jam awal kuliah πŸ™‚ … life must go on kan ya πŸ˜€ … justru tantangannya ada disitu, apakah kita sanggup melewati atau memutuskan untuk menyerah πŸ™‚

130. Sunday, 7 June 2015 18:34:50
Good job
131. Sunday, 7 June 2015 20:13:48
Baik. Terima kasih Bu.
132. Sunday, 7 June 2015 20:45:18
Sudah baik
133. Sunday, 7 June 2015 22:26:05
yuhuu oke bu

 

Alhamdulillah, terima kasih πŸ™‚

134. Monday, 8 June 2015 08:02:44
terima kasih banyak ilmunya bu. cuma saya agak sakit hati pas ibu menyindir saya di kelas karena pengiriman email uas. selebihnya topbgt :)) semangat terus bu semoga berkah ilmunya. aamiin.

 

Aamiin YRA. Astagfirullah, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, tidak ada keinginan untuk menyakiti selain keinginan agar semakin lebih baik kedepannya. Semoga masa depannya semakin berkah juga. Aamiin YRA.

135. Monday, 8 June 2015 08:45:47
Metode mengajar nya kurang inovatif, tidak ada perubahan dari semester lalu tapi materi yang diajarkan tetap bisa masuk

 

Terima kasih sarannya. Alhamdulillah jika masih bisa masuk ilmunya. Semoga suatu hari nanti Anda bisa membantu saya untuk membuat media pembelajaran yang inovatif, seperti misalnya membuat game mengenai belajar pemrograman πŸ™‚ Aamiin YRA

136. Monday, 8 June 2015 11:52:42
terima kasih atas ilmunya bu πŸ˜€
137. Monday, 8 June 2015 11:53:42
terima kasih atas ilmunya bu πŸ˜€
138. Monday, 8 June 2015 11:54:12
Sudah cukup baik
139. Monday, 8 June 2015 13:16:30
Baik
140. Monday, 8 June 2015 15:12:22
Lanjutkan
141. Tuesday, 9 June 2015 08:08:03
Baik
142. Tuesday, 9 June 2015 10:46:31
Makasi Buk
143. Tuesday, 9 June 2015 10:47:41
Makasii Buk
144. Tuesday, 9 June 2015 11:05:07
semoga ilmu saya bermanfaat, terima kasih bu
145. Tuesday, 9 June 2015 17:54:08
Jempol

 

Alhamdulillah, terima kasih semua πŸ™‚

146. Tuesday, 9 June 2015 22:21:22
*komentar tidak ditampilkan karena permintaan pembuat komentar, pada intinya beliau menganggap jawaban-jawaban saya pada kuesioner semester sebelumnya adalah kalimat-kalimat pembenaran belaka…. Dan banyak juga teman-temannya yang mengatakan hal serupa.

 

Seperti perkataan dari Ali Bin Abu Tholib, bahwa kita tidak perlu membuat pembenaran pada siapapun, karena orang yang kurang suka tidak mampu melihat kebaikan πŸ™‚ ….. maka lebih baik berbuat yang manfaat, memaafkan, meminta maaf, dan mendoakan sesama muslim agar masa depannya lebih berkah. Aamiin YRA. Karena kebenaran hakiki hanya milik Allah (konsep wallahu ‘alam).. sesungguhnya kebenaran manusia hanyalah secuil saja. Maka tidak ada hak manusia untuk merasa benar. (semoga kalimat-kalimat ini tidak dianggap pembenaran seperti sebelumnya. Aamiin YRA.) Saya menjawab saran-saran ini karena keinginan saya untuk menghargai setiap masukan, itu saja πŸ™‚

147. Tuesday, 9 June 2015 22:24:34
Terima kasih bu untuk semester ini. entah saya yang sudah lelah, atau ibu yang sudah lelah atau kita berdua sama-sama lelah bu, semester ini saya kurang bisa menangkap materi seperti semester-semester sebelumnya.

 

Mari kita istirahat sama sama sejenak πŸ˜€

148. Tuesday, 9 June 2015 23:06:32
banyak mengajari saya tentang makna sabar. .nuhun pisan bu
149. Tuesday, 9 June 2015 23:37:26
Terimakasih ibu atas ilmunya, semoga ibu mendapat balasan yang baik dari Allah SWT, aamiin πŸ™‚

 

Alhamdulillah, terima kasih semua πŸ™‚

150. Wednesday, 10 June 2015 01:05:55
Tidak ada.
151. Wednesday, 10 June 2015 01:13:35
ibu makasih πŸ™‚ lebih kasih referensi untuk belajar pbo ya bu πŸ™‚

 

PBO memang sebenarnya adalah kuliah pemrograman level ke 4, sehingga lebih difokuskan pada kemandirian mahasiswa untuk belajar. Referensi bisa banyak dicari di google πŸ˜€ … “dukun”-nya orang IT. Semoga masa depannya semakin berkah. Aamiin YRA.

152. Wednesday, 10 June 2015 08:40:51
Tegas dalam memberikan evaluasi, dengan cara pembelejaran seperti ini mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan nya sendiri dan belajar kejujuran. Disiplin tepat waktu ketika perkuliahan berlangsung.
153. Wednesday, 10 June 2015 21:20:05
terimakasih
154. Thursday, 11 June 2015 08:15:37
.a
155. Thursday, 11 June 2015 12:57:45
Best

 

Alhamdulillah, terima kasih semua πŸ™‚

156. Thursday, 11 June 2015 13:20:38
Tidak ada komentar
157. Thursday, 11 June 2015 13:25:55
Sistem pembelajaran pada mata kuliah ini sudah baik
158. Thursday, 11 June 2015 15:24:11
tq
159. Thursday, 11 June 2015 15:37:04
baik
160. Thursday, 11 June 2015 20:49:22
Semoga lebih baik untuk kedepannya πŸ™‚
161. Thursday, 11 June 2015 20:59:08
ibu cara mengajarnya sudah baik
162. Friday, 12 June 2015 09:18:23
πŸ™‚
163. Friday, 12 June 2015 16:23:42
Perkuliahan berjalan sangat lancar dan sesuai dengan silabus
164. Friday, 12 June 2015 17:11:20
Tetap semangat bu
165. Saturday, 13 June 2015 16:24:37
Baik
166. Wednesday, 17 June 2015 11:16:08
Metode pengajaran sudah tepat
167. Wednesday, 17 June 2015 11:18:17
Metode pengajaaran sudah baik pertahankan

 

Alhamdulillah, terima kasih semua πŸ™‚

168. Thursday, 18 June 2015 23:42:05
Lebih memahami kondisi mahasiswa upi

 

Insya Allah, dan semoga juga dipahami pertanggung jawaban sebagai seorang pengajar di mata Allah πŸ™‚

169. Thursday, 18 June 2015 23:44:06
Terimakasih..
170. Saturday, 20 June 2015 16:18:25
tidak ada komentar good job
171. Sunday, 21 June 2015 23:48:24
terima kasih buat ibu , udah ada program khusus mahasiswa yang mengulang

 

Alhamdulillah, terima kasih semua πŸ™‚

172. Monday, 22 June 2015 08:55:21
jazakallah ilmu dan kesabarannya bu,smoga berkah..aamiin

 

Aamiin YRA. Alhamdulillah πŸ™‚

173. Monday, 22 June 2015 09:19:42
terimakasih yang tak terhingga atas smua kesabaran,kegigihan dan kebaikan hati ibu..semoga ilmu yg sy dapat mnjadi berkah aamiin nb; #sedikit curcol πŸ™‚ maaf ya bu selama ini sy malu, hmm entah rasa malu/takut untuk berbicara n ngobrol sm ibu sy jg bingung, padahal sy ingin bgt dekat dg ibu..mungkin ibu brpikir sya sombong/indiviadualis, sebenarnya insyaAllah tidak bu… mohon maaf lahir n bathin ya bu πŸ˜‰

 

Insya Allah saya husnuzon.. semoga masa depannya berkah ya. Aamiin YRA πŸ™‚

174. Thursday, 25 June 2015 14:29:25
Cukup
175. Thursday, 25 June 2015 16:45:33
Baik
176. Sunday, 28 June 2015 05:42:12
Mantaaap

 

Alhamdulillah, terima kasih semua πŸ™‚

177. Tuesday, 30 June 2015 09:16:43
soal yang di berikan pada saat evaluasi tingkat kesulitan nya sangat jauh dengan yang diajarkan dikelas, mungkin sebaiknya di jelaskan beberapa soal yang tingkat kesulitannya agak mendekati

 

Salah satu konsep kemampuan S1 adalah kemampuan analisisnya. Jika soal yang diberikan sama dengan yang sudah dicontohkan, itu masuk ke level D3 yang memang fokus pada kemampuan implementasi. Mahasiswa bisa mencoba mengerjakan contoh-contoh soal yang sudah disediakan di CSPC, jika ada yang kurang paham bisa meminta untuk dibahas di kelas. Soal-soal latihan di CSPC adalah soal-soal evaluasi pada tahun-tahun sebelumnya.

178. Tuesday, 30 June 2015 22:29:45
Saya sangat menyenangi bagaimana cara Bu Rosa mengajarkan Alpro 2 selama di semester genap ini.

 

Alhamdulillah, terima kasih πŸ™‚

179. Wednesday, 15 July 2015 22:28:17
Taun ini wisuda
180. Wednesday, 15 July 2015 22:30:20
Taun ini wisuda

Aamiin YRA.

181. Thursday, 23 July 2015 15:13:44
pengajarn yg baik
182. Wednesday, 29 July 2015 00:14:00
tiangkatkan
183. Wednesday, 29 July 2015 20:50:03
terimakasih banyak atas kebijakan ibu untuk _____ bu.. πŸ™‚

 

Alhamdulillah, terima kasih semua πŸ™‚

 

Terima kasih untuk semuanya, semoga masa depan semakin berkah untuk semuanya. Aamiin YRA.

Syarat ilmu merasuk ke dalam qolbu adalah tawadhu, dimana tawadhu adalah merendahkan diri pada ilmu, merasa membutuhkan ilmu, dan menghormati ilmu. Ilmu adalah milik Allah. Maka menjadi tawadhu untuk perkenananNya akan ilmuNya adalah hal wajib bagi setiap hamba. Mari menjadi tawadhu.

Iklan

Manusia Makhluk Pembelajar

Entahlah…. dulu tiba-tiba saja kepikiran pengen mengajar di UPI, karena saya dulu mikirnya di UPI pencetak guru, dan ingin sekali mencoba menanamkan karakter pada para guru. Saya pernah membaca bahwa karakter adalah mampu membedakan yang benar dan salah walau mendapat tekanan dari luar maupun godaan dari dalam. Sehingga asumsi saya karakter harus berdasarkan pada manual hidup yang biasa disebut dengan kitab suci. Lalu juga saya sangat tertarik untuk mengajar pemrograman. Mungkin karena banyak sekali melihat orang di luar mengaku bisa memprogram tapi sebenarnya yang mereka lakukan adalah searching aplikasi di internet siap pakai, seperti joomla atau cms lainnya. Padahal bagi saya programmer adalah pembuat program, bukan searcher (pencari program), modifier (memodifikasi program orang), ataupun user (pengguna program orang). Jadi benar-benar bisa memahami logika untuk membuat program dengan baik.

Pada awalnya tidak mudah, karena banyak tentangan yang menganggap saya terlalu tinggi standarnya dalam mengajar, padahal saya melihat dan menargetkan standar minimal dasar logika pemrograman. Banyak sekali hujatan mahasiswa yang saya terima, dan banyak hal membuat saya marah pada diri dan keluarlah banyak kesombongan karena marah. Pernah dengan seseorang berkata “percuma Bu, mereka (mahasiswa program ilmu komputer UPI) tidak bisa diajarin logika pemrograman” karena saya menemukan ketika pertama kali mengajar algoritma dan pemrograman 2 para mahasiswa bahkan tidak mampu berpikir logika pemrograman dengan baik. Dan mungkin yang membuat saya shock adalah banyaknya mahasiswa yang berpikir instan dengan menyontek dan waktu itu jumlahnya tidak sedikit……….. it’s hurt me so much actually.

Waktu demi waktu berlalu…. sampai pernah juga dimaki mahasiswa lewat FB…. but you know…. all that things make me learn bahwa kesombongan dan kemarahan hanya akan menyakiti banyak orang. Dan membuat saya belajar bahwa hanya keikhlasanlah yang membawa kebaikan. Belajar untuk menjadi orang behind the scene dengan ikhlas.

Saat ini saya mengajar pemrograman di non kependidikan ilmu komputer UPI. Dulu pernah mengajar di program studi pendidikan ilmu komputer UPI, tapi setelah itu diminta untuk mengajar nondik. Kependidikan mencetak guru, sedangkan non kependidikan mencetak engineer. Mungkin tidak sesuai cita-cita saya sebelumnya, tapi memberikan modal skill untuk siapa saja itu menyenangkan, agar mereka bisa memperbaiki hidup mereka.

Sekarang ini saya mulai melihat prestasi mahasiswa saya, UPI menang lomba robot nasional juara ke dua untuk kategori robot soccer, and you know who’s hold the programming for the robot…. that’s my students :). Tiga orang yang menjadi programmer pada tim robot UPI adalah mahasiswa yang pernah saya didik (Ruly Anggriawan, Indar Bismoko (keduanya pendidikan ilmu komputer UPI angkatan 2008), dan Noer Bany Yusuf (pendidikan ilmu komputer angkatan 2009)) beritanya ada disini.

Lalu Ilmu komputer UPI juga memperoleh peringkat 6 pada lomba data mining internasional dan tim itu adalah mahasiswa-mahasiswa yang pernah saya didik programming-nya yang membuat engine untuk data mining (Rizky Riadhy, Tiara Freddy Andika, Widianto Gilang, Imam F. N. (mahasiswa Ilmu Komputer angkatan 2009)) beritanya ada disini…….

Mungkin tidak ada yang tahu kalau mereka adalah mahasiswa-mahasiswa saya karena yang dikenal adalah dosen pembimbing mereka di lomba-lomba itu, tapi saya sangat bangga menjadi dosen behind the scene yang ikut andil dalam membangun fondasi pemrograman mereka, dan skill itu mereka gunakan untuk berbagai lomba :). Dulu mereka tidak terlalu berani mengikuti lomba, tapi sekarang berani……….. itu membanggakan bagi seorang dosen seperti saya :).

Sakit Seminggu untuk Kesekian Kalinya, Sekarang Malah Kompakan Bertiga

Saya sering bingung, apa bedanya bekerja keras dengan tidak tahu diri yang artinya bekerja terlalu keras sampai baru berhenti ketika indikator tubuh sudah tanpa tenaga dan harus bed rest? Saya sering sekali ijin tidak masuk karena sakit kecapekan. Dan saya sering tidak berhenti bekerja kalau belum sakit. Saat ini kami malah kompak, saya, suami, dan anak saya sakit semua, pada demam. Saya dan suami orang yang perfeksionis, saat ini kesibukan kami adalah:

pagi bangun jam 3 masak bebek untuk dijual di warung (kalau bukan amanah memegang karyawan, atau kami udah bisa jadi orang jahat, mungkin kami memilih berhenti)

jam 7 an suami saya berangkat ke kantor saya ke kampus (sebenarnya kalau saya bisa jahat, kasih saja itu mahasiswa tugas tanpa saya mengajar seperti yang dilakukan beberapa dosen, tapi saya tidak bisa jahat :(, atau usir saja mahasiswa yang curhat kalau saya sedang sibuk ngerjain proyek, tapi masak orang susah tidak dibantu :().

Suami juga, bisa aja kan jadi brengsek dengan pulang cepat atau sering tidak masuk (tapi kami bukan orang jahat)

Lalu pulang sore sekitar jam 5an dan meluangkan waktu untuk bercanda atau mendengar cerita anak, lalu jam 8an mempersiapkan bumbu untuk memasak bebek besoknya, suami biasanya ambil bebek ke supplier lalu memotong-motong bebek. Biasanya pekerjaan ini selesai sekitar jam 10.

Setelah itu kadang saya masih ngurusin proyek kalau masih bisa sadar.

Sabtu minggu lebih untuk mengerjakan proyek dan waktu untuk keluarga. Kadang kami menyempatkan diri untuk jalan-jalan barang 1 sampai 2 jam. Memasak bebek tetep, ditambah beli bahan jualan ke pasar.

Hasilnya kali ini kami kompakan untuk sakit.

Sedihnya Jadi Dosen

Pernah saya menulis indahnya jadi dosen, sekarang gilirannya saya menulis sedihnya jadi dosen :D. Hal tersedih yang harus dilakukan seorang dosen adalah tidak meluluskan mahasiswanya karena nilai mahasiswa tidak mencukupi untuk lulus.

Banyak sekali masalah yang dialami mahasiswa sehingga beberapa dari mereka memilih menyerah terhadap mata kuliah dan memilih mengulang. Sebagai dosen saya merasa punya tanggung jawab besar terhadap Tuhan, orang tua mahasiswa, dan mahasiswa itu sendiri. Saya tidak akan meluluskan seorang mahasiswa yang memang tidak mampu atau belum mampu atau layak untuk lulus pada mata kuliah yang saya ajar. Karena jika saya meluluskan yang belum layak, maka bagaimana tanggung jawab saya, saya tidak berani mempertanggungjawabkan itu. Maka kalau memang mahasiswa belum layak lulus, saya tidak akan meluluskannya.

Paradigma beratnya menjadi dosen yang sering tidak dipahami banyak dosen yang merasa mengajar adalah profesi adalah dosa jariyah seorang dosen. Jika seorang dosen salah mengajarkan sesuatu ke mahasiswa atau meluluskan mahasiswa yang belum mampu, lalu misal saja 5 orang mahasiswa kita itu jadi dosen lagi, lalu dia mengajarkan yang salah lagi ke mahasiswanya dan seterusnya, maka alhasil akan jadi dosa jariyah kan?

Saya seorang dosen yang lebih banyak mengajar pemrograman yang notabene dianggap momok bagi mahasiswa-mahasiswa di bidang komputer. Dan bagi saya memang tidak mudah mengajar pemrograman, sering juga putus asa karena susah sekali memberi pengertian kepada mahasiswa bahwa mereka harus rajin latihan untuk bisa menguasai pemrograman. Tapi tetap saja sering mereka malas latihan, bahkan tidak jarang saya mengajak mereka “ayo ke lab saya, belajar privat dengan saya”, tapi tetap saja.

Sssst, mereka lagi serius coding

Saya menempatkan diri sebagai dosen yang berusaha menjadi teman mahasiswa. Tapi ternyata hal ini sering juga membuat saya susah gara-gara mereka mungkin terlalu menganggap saya teman, misalnya sms lebih dari jam 9 malam, atau bahkan memohon-mohon untuk diluluskan padahal dirinya tidak ikut UAS, atau ada yang nyuruh-nyuruh saya untuk mengirimkan soal perbaikan ujian gara-gara ketua kelasnya masih di luar kota (soal perbaikan saya kirim ke ketua kelas). Kadang sebagai dosen saya juga jengkel dengan tingkah laku yang seringnya kurang beretika. Tapi mau bagaimana lagi itulah mahasiswa. Kadang saya juga menegur jika saya sudah sangat terganggu. Belum lagi budaya mencontek tugas (sudah diberi kesempatan tugas perbaikan, mengumpulkan pekerjaan yang sama dengan beda nama), saya sangat tidak menolelir mencontek dengan alasan apapun. Sudah banyak koruptor di negara ini, saya tidak mau menambah lagi orang yang menghalalkan segala cara.

Saya selalu mengatakan pada mahasiswa saya, “Hidup adalah pilihan”, jika memilih untuk tidak menjadi lulus dengan kurang latihan dan belajar maka jangan memohon-mohon pada saya untuk diluluskan dengan alasan apapun, karena saya tidak akan meluluskan.

Jadi mahasiswaku jika kalian merasa saya sakiti, saya meminta maaf, karena saya tidak pernah dengan sengaja melakukannya, semua demi kebaikan dan tanggung jawab saya terhadap Tuhan. Semoga kalian mengerti. Amin.

Tantangan Mengajar Algoritma dan Pemrograman

Saat ini saya sedang mengajar algoritma dan pemrograman di UPI Bandung (I’m not paid for this (ternyata pas tanggal 10 Des 09, dikasih uang lelah, alhamdulillah, lumayanlah πŸ˜€ buat tambah-tambah), ajang aktulisasi diri, karena aku terlalu idealis :D). Pertama, mengapa saya memilih mata kuliah algoritma dan pemrograman, karena menurut saya, saya dulu kesulitan memahami Algoritma dan pemrograman, sehingga saya penasaran, bisakan saya mengajar Alpro?

Saya sering membayangkan kalau saya adalah seorang panglima perang yang harus menaikkan moral pasukan agar dapat diajak perang (kayak game aja :D), jadi saya merasa memiliki kewajiban untuk membuat pasukan saya berhasil.

Minggu-minggu pertama mengajar alpro diwarnai dengan shok di diri saya, karena ternyata pasukan saya tidak mempunyai moral, senjata, dan kemampuan perang yang cukupΒ  alias kacau (padahal saya sudah mengajar Alpro II, the last Alpro). Sebagai panglima perang saya sering bingung memikirkan strategi perang bagaimana caranya pasukan saya bisa memiliki kemampuan logika membuat kode program.

Diberikan tugas – gagal, karena malah menjadi beban buat mereka, hasilnya malah banyak yang tidak kerja sendiri
Diberikan praktikum – gagal, karena komputer lab. tidak mencukupi untuk per mahasiswa sehingga ketika praktikum kelompokan, kadang hanya satu yang kerja
Diberikan materi di kelas – gagal, pasukan sering bengong dengan pikiran di kepala mereka kalau Algoritma dan pemrograman itu susah, kadang yang merasa jelas diterangkan hanya beberapa orang saja (kelas saya cukup besar karena 2 kelas digabungΒ 46 orang) (Ketidak PD-an awal dari ketidaksuksesan)

Akhirnya cara yang menurut saya paling ampuh adalah Quis setiap di kelas, dan pembahasan di saat praktikum dengan mencoba mengajari “menyetir” kode program satu-satu bagi yang ketinggalan. Dan setelah itu baru dijelaskan secara umum ke yang lain. Jadi saya tawarkan “siapa yang mau menyetir di depan” (“menyetir” maksudnya mereka mengerjakan kode program dengan saya pandu secara privat di depan). (Saat praktikum kelas dibagi 2, jadi tidak terlalu banyak pasukan yang harus ditangani)

Progresnya lumayan, yang diajarin “menyetir” dapat sedikit mengasah logikanya dan mencoba sendiri bagaimana caranya membuat kode program. (Tidak ada cara untuk bisa menyetir dengan benar selain belajar menyetir sendiri)

Saya jadi mengerti, bagaimana rasanya jadi dosen Alpro. Ternyata susah :D. Butuh kesabaran ekstra tinggi :D. (Jadi keinget dosen Alpro-ku dulu :D, maaf Bu saya lemot πŸ˜€ dan kurang sabar, karena saya baru tahu kalau kunci belajar algoritma dan pemrograman adalah sabar)

Teriakan Programmer Lagi Debugging

aaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!

aaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!

Dapet gambar dari internet tapi lupa sumbernya gak dicatet. Mungkin kayak gambar ini kali ya programmer yang lagi debugging sampai lebih dari sehari tetep gak tau salahnya dimana, aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Menu Berjalan dan Scrollbar pada Canvas J2ME

menu

Menu Berjalan pada Canvas

Kemarin ada yang ngirim email ke saya tanya masalah membuat komponen di Canvas dengan J2ME. Mungkin ini ada beberapa contoh yang bisa di-download di Gangsir.Com menu IT masuk ke Halaman Rosa Ariani Sukamto, mengenai membuat menu bergerak pada canvas dan scrollbar pada canvas. Penjelasan ada di kode program. Semoga bermanfaat.

Β 

Scrollbar pada Canvas

Scrollbar pada Canvas

Indahnya Menjadi Dosen

Dulu gak kepikir jadi dosen, orang pas kuliah S1 sering dianggap orang aneh atau kadang malah dianggap edan, mana mungkin kepikir jadi dosen he he he he he.

Tapi saat ini aku sangat menikmati menjadi dosen. Bertemu dengan lingkungan yang lain, masalah-masalah yang dialami mahasiswa. Mungkin karena aku dulu sering jatuh bangun pas muda, sekarang aku jadi banyak bisa mengerti masalah-masalah yang dialami mahasiswa. Dan aku senang banyak yang jadi mau terbuka padaku bahkan kadang mereka cerita masalah keluarga atau bahkan soal pacar mereka.

Sudah sekitar 3 semester aku mengajar di perguruan tinggi swasta yang saat masuk sering dosen lain bilang “ya harus maklum kalau kemampuan mereka di bawah standar, jadi harus keras”. Dari dua perguruan tinggi swasta dimana aku pernah mengajar yang kusadari adalah melihat dunia lain diluar duniaku sebelumnya, dimana sebenarnya setiap manusia punya potensi yang bisa dikembangkan dengan cara yang unik karena semua manusia unik.

Bagiku dosen keren adalah dosen yang dimanapun dia mengajar bisa bermanfaat bagi mahasiswanya, tidak hanya sebatas pekerjaan.

Beberapa kali juga diminta jadi pembimbing TA padahal gak bisa karena aku cuman dosen luar biasa, tapi hati lumayan senang karena ternyata bisa dianggap aku bukan termasuk dosen kacau kalau ngajar ha ha ha ha ha (narsis). Dan kadang terharu karena ada beberapa mahasiswa yang berterima kasih karena sekarang udah tidak nervous presentasi lagi.

Bagiku proses belajar tahap demi tahap harus dihargai. Semua hal kecil di dunia ini harus dihargai karena sesuatu yang besar diawali dari sesuatu yang kecil.

Curhatan Menjelang Pagi……

Programmer Panda

Programmer Panda

Mata sudah jadi mata panda (hitam kurang tidur karena begadang), badan sudah jadi badan panda (gendut kebanyakan nyemil bahkan makan nasi tengah malam atawa menjelang pagi padahal bukan niat sahur), cuman kulit yang gak jadi kulit panda (masih coklat kepanasan). Akankah suatu hari berevolusi menjadi panda? (mencoba membuktikan teori darwin). Buat semua yang sering kerja malem.

Kekonyolan Programmer

Programmer sering marah-marah pas ndebug (debugging) padahal kan itu kode program dibikin-bikin sendiri, marah-marah atau paling kesel lah begitu programnya gak tahu error-nya dimana (pengalaman pribadi) dah gitu sering nyalahin compilernya, dasar Java gila, dasar .NET gila, kacau kacau kacau ha ha ha ha ha.Β  Kadang mikirin sampe seharian, diotak isinya cuman “Kenapa ya?????” trus balik lagi diliatin layar yang bisa ngasih dia duit (yang dipikirin bukan layarnya, tapi duitnya sebenarnya he he he he he).Β  Kesalahan yang paling konyol yang sering muncul tuh biasanya “null pointer exception” nah loh yang nulis aja sering bingung dimana yang “null pointer”. Kayak kemarin seharian bingung ngurusin Oracle (ora celar-celar), bingung kok import pesannya yang keluar selalu ORA-01435 User Doesn’t exist padahal dah beberapa kali create user, grant, drop, create lagi, kok pesennya masih tetep. Di otak cuman jengkel…jengkel….jengkel sambil merengut. Ternyata kesalahannya kecil he he he he, secara logika awal aku mikirnya service oracle kan jalan terus jadi akan terus update begitu user dibuat, diupdate, atau dihapus, jadi command prompt-nya kueksekusi sebelum user dibuat, trus baru buat, update, drop user (pake PL/SQL di sqlplus), cuman begitu balik perintah imp ke command prompt “yang tadi” kesalahannya selalu ORA-01435 User Doesn’t Exist trus sampek ngeliat di show user, dah ada kok user-nya. Nah loh, ternyata pas kucoba nutup command prompt yangΒ lama dan eksekusi baru, imp-nya bisa jalan baik ha ha ha ha ha, gitu aja seharian.

Programmer biasanya juga suka jahil, nyoba-nyoba program-program open source atau freeware di internet (aku suka begitu he he he he he) hasilnya yang trojan lah, registry hancur lah, dkk. Atau nyoba bahasa assembly yang akhirnya registry hancur gak tau gimana benerinnya he he he he he. Akhirnya solusi terakhir, ya install ulangΒ OS-nya. Terpaksa, tahun baru,Β OS baru gara-gara registry-nya kacau kena program freeware he he he he he. Keinget dulu pasΒ masih kerja di Digital Wave ngehabisin jatah instalasi Windows satu CDΒ gara-gara sering kena virus atau trojan.

By hariiniadalahhadiah Posted in Work