Memperbaiki Toilet Toto Flush Atas

Bismillahirrahmanirrahim…

Pagi-pagi setelah subuh beberapa hari lalu tiba-tiba melihat flush toilet tidak bisa ditekan, jadi tidak bisa menyiram otomatis. Weleh… ada-ada saja rumah kalau sudah beberapa tahun pasti ada saja yang mesti diperbaiki 😀 . Di dunia ini semua fana bukan hehe … bahkan toilet pun fana #halah.

Toilet Flush Atas
Toilet Flush Atas
Toilet Flush Atas
Toilet Flush Atas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pas mencoba membuka tutupnya…. lha kok susah 😀 ….. dan daripada pemaksaan yang berujung kerusakan… maka dicarilah sumber dari internet. Karena kesulitan yang muncul itulah,…. jadi ingin sharing di blog ini bagaimana memperbaiki toilet agar tidak membawa kesumpekan berlanjut 😀 .

Untuk membuka tutup toilet, bisa menekan salah satu tombol flush, kalau saya lebih mudah menekan yang bulan sabit, dan menarik yang satu lagi. Menariknya pakai kuku atau obeng. Di kedua tombol ada seperti cekungan untuk menarik ke atas. Seperti gambar berikut:

Tanda cekungan untuk menarik ke atas
Tanda cekungan untuk menarik ke atas
Tanda cekungan tarik ke atas untuk tombol yang kecil
Tanda cekungan tarik ke atas untuk tombol yang kecil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kalau kedua tombol sudah diangkat, maka akan ada baut putih dari plastik yang perlu diputar sampai wadah tombol tadi bisa ditarik ke atas. Berikut penampakan baut plastik setelah tombol flush dibuka.

Setelah tombol flush dibuka
Setelah tombol flush dibuka

Berikut adalah isi dari kotak air toilet ketika tutupnya dibuka:

Isi di dalam kotak air toilet
Isi di dalam kotak air toilet setelah dibersihkan sekedarnya

Bersihkan dengan sikat beberapa yang bisa dibersihkan dan buang air kotor dengan menambahkan air. Jika keran aliran air ke kotak air bisa dihentikan akan lebih baik dalam membersihkan, masalahnya toren air saya di atas dan saya malas naik ke atas untuk mematikan aliran air dari toren hehe 😀 .

Setelah di bersihkan, ternyata ada tombol yang bisa ditekan untuk mengalirkan air ke lubang toilet dan bisa dijalankan lagi setelah tadi macet (kayaknya ini biang tombol flush tidak bisa ditekan). Berikut penampakan tombolnya:

Tombol di dalam kotak air yang bisa ditekan
Tombol di dalam kotak air yang bisa ditekan

Letak tombolnya dapat dilihat di gambar berikut:

Letak tombol
Letak tombol

Setelah tombol beres saya coba lagi. Ternyata timbul masalah baru, air di kotak air ketika penuh malah ada lumayan air yang mengalir ke dalam lubang toilet…. weleh… bocor. Lalu cari lagi sumber di internet mesti diapain kalau kayak gini, ternyata nemu blog https://arso37.wordpress.com/2014/06/19/pelampung-flushing-closet-toto-bocor/

Akhirnya saya bersihkan tombol biru yang bagian atas saja (tidak saya lepas seperti di blog di atas karena saya tidak mematikan aliran air dari toren). Cara membuka tombol biru adalah dengan cara memutarnya ke arah kanan (posisi kita menghadap kotak air toilet dan ke arah kanan dari sisi kita). Atau bisa melihat di youtube https://www.youtube.com/watch?v=eUXoKv6ayeo untuk cara membukanya.

Saya bersihkan dan saya sikat yang bagian tombol dan yang ada karetnya di dalamnya. Lalu saya pasang lagi…. dan bocornya terselesaikan 😀 …. alhamdulillah. Berikut tombol biru yang saya maksud:

Letak tombol biru
Letak tombol biru

Alhamdulillah jadi tidak perlu memanggil tukang perbaikan toilet (yang gak tahu juga manggil dimana 😀 ) dan tidak jadi puyeng berkelanjutan. Dibalik kesulitan ada kemudahan… janji Tuhan pasti benar 🙂 .

Saya ingin berbagi, mungkin saja ada yang menemukan kendala yang sama, agar sama-sama tidak puyeng berkelanjutan hehe 😀 . Jika manfaat datangnya dari Tuhan, jika ada kesalahan, datangnya dari saya. Semoga bermanfaat.

 

 

Diterbitkan oleh

Rosa Ariani Sukamto

Rosa A. S. Seseorang yang senang berbagi keilmuan di bidang Computing Education, Pemrograman Dasar, Pengembangan Perangkat Lunak, Little Bit English, Anggrek, dan berbagi Musik :) .

40 tanggapan untuk “Memperbaiki Toilet Toto Flush Atas”

  1. Trimakasih banyaak…akhirnya gak ada masalah kebocoran lagi. Alhamdulillah semoga Allah slalu memberi kemudahan2 kepada anda. Aamiin…

    1. Aamiin YRA, terima kasih doanya :D, semoga bermanfaat dan semoga Tuhan selalu memberi kemudahan juga pada tetehnya. Aamiin YRA.

  2. Terima kasih, dari beberapa waktu kemarin pusing dengan cara memperbaiki flush toilet ini. Semoga Allah subhanahuu wa ta’ala membalas kebaikan ini dengan berlipat ganda.

  3. Kalau ada yang bisa service kloset toto di kota medan tolong bantu saya , mohon hubungi saya ary 0895 155777 42 , terimakasih untuk penulis artikel ini semoga semakin sukses dalam kehidupan karena sudah berbagi ilmu yang bermanfaat

    1. saya hanya sharing pengalaman saya memperbaiki toilet saya sendiri… saya bukan tukang servis toilet 😀 …. kalau misalnya kerusakannya sama, mungkin bisa dicoba diperbaiki sendiri 🙂 seperti pengalaman saya.

  4. punya toilet duduk TOTO persis punya Ts .. masalah nya penyumbat air siraman ke kloset ga turun lagi setelah tombol dipencet jadinya air mengalir terus ke kloset … masalahnya dimana yahh ??

    1. biasanya ada beberapa bagian yang kotor, coba dibersihkan semua kotoran dan kerak-keraknya, terutama di bagian yang bergerak dinamis.

  5. Terimakasih..
    Sungguh suatu pengetahuan yang sangat membantu bagi saya yg sudah sempat bingung cari tukang..
    Sekali lagi…, terimakasih.

  6. Alhamdulillah semoga mudah rezekinya dan sehat walafiat hampir setahun saya putar kiri kanan bingkai flush lulu searching toto dapatkan info yang berguna ini terimakasih sahabat.

  7. kenapa ngga ganti tombol saja…saya punya toilet toto serupa dan sudah berfungsi seperti baru dengan mengganti tombol dual flushing nya..cuma 50 rb perak kok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s