Memperbaiki Toilet Toto Flush Atas

Bismillahirrahmanirrahim…

Pagi-pagi setelah subuh beberapa hari lalu tiba-tiba melihat flush toilet tidak bisa ditekan, jadi tidak bisa menyiram otomatis. Weleh… ada-ada saja rumah kalau sudah beberapa tahun pasti ada saja yang mesti diperbaiki πŸ˜€ . Di dunia ini semua fana bukan hehe … bahkan toilet pun fana #halah.

Toilet Flush Atas

Toilet Flush Atas

Toilet Flush Atas

Toilet Flush Atas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pas mencoba membuka tutupnya…. lha kok susah πŸ˜€ ….. dan daripada pemaksaan yang berujung kerusakan… maka dicarilah sumber dari internet. Karena kesulitan yang muncul itulah,…. jadi ingin sharing di blog ini bagaimana memperbaiki toilet agar tidak membawa kesumpekan berlanjut πŸ˜€ .

Untuk membuka tutup toilet, bisa menekan salah satu tombol flush, kalau saya lebih mudah menekan yang bulan sabit, dan menarik yang satu lagi. Menariknya pakai kuku atau obeng. Di kedua tombol ada seperti cekungan untuk menarik ke atas. Seperti gambar berikut:

Tanda cekungan untuk menarik ke atas

Tanda cekungan untuk menarik ke atas

Tanda cekungan tarik ke atas untuk tombol yang kecil

Tanda cekungan tarik ke atas untuk tombol yang kecil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kalau kedua tombol sudah diangkat, maka akan ada baut putih dari plastik yang perlu diputar sampai wadah tombol tadi bisa ditarik ke atas. Berikut penampakan baut plastik setelah tombol flush dibuka.

Setelah tombol flush dibuka

Setelah tombol flush dibuka

Berikut adalah isi dari kotak air toilet ketika tutupnya dibuka:

Isi di dalam kotak air toilet

Isi di dalam kotak air toilet setelah dibersihkan sekedarnya

Bersihkan dengan sikat beberapa yang bisa dibersihkan dan buang air kotor dengan menambahkan air. Jika keran aliran air ke kotak air bisa dihentikan akan lebih baik dalam membersihkan, masalahnya toren air saya di atas dan saya malas naik ke atas untuk mematikan aliran air dari toren hehe πŸ˜€ .

Setelah di bersihkan, ternyata ada tombol yang bisa ditekan untuk mengalirkan air ke lubang toilet dan bisa dijalankan lagi setelah tadi macet (kayaknya ini biang tombol flush tidak bisa ditekan). Berikut penampakan tombolnya:

Tombol di dalam kotak air yang bisa ditekan

Tombol di dalam kotak air yang bisa ditekan

Letak tombolnya dapat dilihat di gambar berikut:

Letak tombol

Letak tombol

Setelah tombol beres saya coba lagi. Ternyata timbul masalah baru, air di kotak air ketika penuh malah ada lumayan air yang mengalir ke dalam lubang toilet…. weleh… bocor. Lalu cari lagi sumber di internet mesti diapain kalau kayak gini, ternyata nemu blog https://arso37.wordpress.com/2014/06/19/pelampung-flushing-closet-toto-bocor/

Akhirnya saya bersihkan tombol biru yang bagian atas saja (tidak saya lepas seperti di blog di atas karena saya tidak mematikan aliran air dari toren). Cara membuka tombol biru adalah dengan cara memutarnya ke arah kanan (posisi kita menghadap kotak air toilet dan ke arah kanan dari sisi kita). Atau bisa melihat di youtube https://www.youtube.com/watch?v=eUXoKv6ayeo untuk cara membukanya.

Saya bersihkan dan saya sikat yang bagian tombol dan yang ada karetnya di dalamnya. Lalu saya pasang lagi…. dan bocornya terselesaikan πŸ˜€ …. alhamdulillah. Berikut tombol biru yang saya maksud:

Letak tombol biru

Letak tombol biru

Alhamdulillah jadi tidak perlu memanggil tukang perbaikan toilet (yang gak tahu juga manggil dimana πŸ˜€ ) dan tidak jadi puyeng berkelanjutan. Dibalik kesulitan ada kemudahan… janji Tuhan pasti benar πŸ™‚ .

Saya ingin berbagi, mungkin saja ada yang menemukan kendala yang sama, agar sama-sama tidak puyeng berkelanjutan hehe πŸ˜€ . Jika manfaat datangnya dari Tuhan, jika ada kesalahan, datangnya dari saya. Semoga bermanfaat.

 

 

Iklan

20 comments on “Memperbaiki Toilet Toto Flush Atas

  1. Trimakasih banyaak…akhirnya gak ada masalah kebocoran lagi. Alhamdulillah semoga Allah slalu memberi kemudahan2 kepada anda. Aamiin…

    • Aamiin YRA, terima kasih doanya :D, semoga bermanfaat dan semoga Tuhan selalu memberi kemudahan juga pada tetehnya. Aamiin YRA.

  2. Terima kasih, dari beberapa waktu kemarin pusing dengan cara memperbaiki flush toilet ini. Semoga Allah subhanahuu wa ta’ala membalas kebaikan ini dengan berlipat ganda.

  3. Kalau ada yang bisa service kloset toto di kota medan tolong bantu saya , mohon hubungi saya ary 0895 155777 42 , terimakasih untuk penulis artikel ini semoga semakin sukses dalam kehidupan karena sudah berbagi ilmu yang bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s