2 – About

P1080935

Rosa Ariani Sukamto (Rosa A. S.)

Namaku Rosa Ariani Sukamto… dalam bahasa Jawa kuno artinya Kuat dan Bijaksana dalam Menghadapi Kesulitan.. :). Aamiin.

Rosa A. S. adalah alumni S1 Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung tahun 2005 dan alumni S2 Informatika Institut Teknologi Bandung tahun 2009. Saat ini aktif sebagai praktisi di bidang Teknologi Informasi (Software Engineer/Programmer), Penulis, dan Dosen di sebuah Universitas Negeri di Bandung dan terkadang juga membuat craft untuk menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan :).

 

Gadiza M. S. (Diza)

Gadiza diasumsikan dari nama Khadijah dengan maksud agar dapat meniru sifat Khadijah. Aamiin.

 

 Saya telah menulis buku berjudul 

  • J2EE Dalam Aplikasi Enterprise terbitan Penerbit Informatika Bandung. 
  • Pemrograman J2ME : Belajar Cepat Pemrograman Perangkat Telekomunikasi Mobile terbitan Penerbit Informatika Bandung. 
  • Belajar Pemrograman dengan Bahasa Pemrograman C++ dan Java : dari Nol Menjadi Handal terbitan Penerbit Informatika Bandung.
  • Java di Web terbitan Penerbit Informatika Bandung.
  • Analisa dan Desain Sistem Infomasi
  • Modul Pembelajaran: Algoritma dan Pemrograman terbitan Penerbit Modula Bandung
  • Modul Pembelajaran: Pemrograman Berorientasi Objek dengan Bahasa C++, PHP, dan Java terbitan Penerbit Modula Bandung
  • Modul Pembelajaran: Struktur Data terbitan Penerbit Modula Bandung
  • Modul Pembelajaran: Rekayasa Perangkat Lunak terbitan Penerbit Modula Bandung


Rekomendasi penguasaan buku adalah sebagai berikut:

Untuk Buku Java:

  1. Belajar Pemrograman dengan Bahasa Pemrograman C++ dan Java : dari Nol Menjadi Handal. Buku ini dibuat agar pembaca menguasai konsep pemrograman dasar C++ dan Java.
  2. Pemrograman J2ME : Belajar Cepat Pemrograman Perangkat Telekomunikasi Mobile. Buku ini memuat cara-cara membuat aplikasi dasar menggunakan J2ME (Java untuk perangkat mobile).
  3. J2EE Dalam Aplikasi Enterprise atau Java di Web karena dua buku ini sudah terkait dengan J2EE. Buku ini merupakan topik advanced sehingga diharapkan pembacanya sudah menguasai Java dasar. J2EE merupakan lingkup Java untuk skala enterprise.

untuk Buku Modul Pembelajaran Pemrograman Dasar:

  1. Modul Pembelajaran: Algoritma dan Pemrograman. Untuk menguasai algoritma dan pemrograman sebaiknya tidak menggunakan bahasa pemrograman berorientasi objek karena konsep pemrograman berorientasi objek belum dikuasai. Maka sebaiknya memang menggunakan bahasa pemrograman prosedural seperti bahasa C atau Pascal.
  2. Modul Pembelajaran: Struktur Data. Struktur data merupakan modul lanjutan dari penguasaan pemrograman setelah menguasai algoritma. Stuktur data belum menyentuh pemrograman berorientasi objek maka sebaiknya masih menggunakan bahasa pemrograman prosedural seperti bahasa C atau Pascal.
  3. Modul Pembelajaran: Pemrograman Berorientasi Objek. Untuk menguasai pemrograman berorientasi objek, sebaiknya sudah menguasai algoritma dan stuktur data.

Ilmu akan lebih terserap dengan baik jika kita menghargai tahapan proses pembelajarannya.

untuk Buku Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak:

  1. Modul Pembelajaran: Rekayasa Perangkat Lunak. Perangkat lunak tidak dibuat secara pabrikan tetapi dibuat dengan melakukan rekayasa (engineering). Rekayasa pembuatan perangkat lunak perlu adanya perencanaan, analisis, desain yang matang dan mumpuni agar sebuah perangkat lunak yang baik dapat dibuat. Buku ini membahas bagaimana cara merekayasa perangkat lunak yang menggunakan pemrograman terstruktur maupun pemrograman berorientasi objek. Mari membuat perangkat lunak dengan benar :).
  2. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Merupakan edisi revisi dari buku Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak.
Iklan

64 comments on “2 – About

  1. Salam kenal juga Pak :D. Saya mahasiswanya Bu Masayu. Bisa tanya ke Bu Masayu, mahasiswanya yang agak-agak kurang ajar :D. Terima kasih atas kunjungannya.

  2. ah, ternyata kalian yang punya gangsir.com, direfer dari temenku, setelah kucek ternyata kalian yang punya,…
    btw, kan dah nulis buku tentang J2EE, usul nih, sekalian nulis tentang Groovy+Grails dong,.. disini pada mulai pakai Grails, tapi referensinya yang dalam pdf (english) bikin males bacanya 🙂 Ntar bukunya kubeli deh 😀

  3. Masalahnya mas, penerbit tidak hobi buku yang sifatnya advanced, beberapa kali kami menawarkan topik advanced untuk buku tidak diterima, mungkin dari segi pangsa pasar dan pemasaran kurang bagus kayaknya. Jadinya kami cenderung ke buku-buku dasar. Dalam usaha kan pasar adalah segalanya tidak penting produknya bagus atau tidak yang penting bagus masarinnya. :D.

  4. aslkm ibu rosa..
    saya tahu dari pak yudi katanya Ibu akan jadi dosen ilkom UPI..
    salam kenal bu, saya salah satu mahasiswa pend.ilkom
    selamat datang di ILKOM..

    • Jangan takut diremehkan orang, kenapa Anda tidak memandang kalau orang yang suka meremehkan itu jauh lebih rendah dari Anda :D. Dan buktikan kalau Anda tidak remeh.

      Seperti moto saya yang selalu saya sampaikan ke mahasiswa saya, “kita tidak dapat membuat semua orang di dunia menyukai kita, yang perlu kita lakukan adalah berbuat yang terbaik, selesai” :D. Salam kenal.

  5. Assalam, Bu..
    Saya Fadhil Hidayat, satu dari 5 orang lulusan pertama Ilkom UPI.
    Salam kenal bu.. Selamat mengabdi kepada Ilkom UPI Bu.. ^_^

  6. Thanks. I think, anak-anak UPI menyenangkan, hanya saja perlu dimotivasi agar mereka punya idealis yang baik dan berjuang dengan hidup. Semoga saja pasukan Alpro II ku nanti siap perang, he…he…he….

    [saya suka membayangkan kalau saya seorang panglima perang ketika mengajar, jadi harus menaikkan moral pasukan saya agar jadi keren :D. (kayak game aja :D)]

  7. @ Mbak Rosa: Saya mw komen soal komen anda di Ramai-Ramai Ambil S2 di rinaldimunir.wordpress.com.. Saya pikir pemikiran anda dan penyampaian kata2 anda lumayan bijak.. Dan saya tidak akan brusaha mengantilog sistem yg ada di ITB yg bgitu anda banggakan. Kita smua bangga pada institut kita masing2 kan?? Bukan bermaksud membela Larap, bgini ceritanya, penulisan di blog ini (Ramai-ramai ambil S2), sudah banyak direvisi oleh bapak yg punya blog. Sebelumnya, BENAR_BENAR ADA kata2 PAYAH bahkan ABAL2 yg kemudian menyulut komentar dr saudara Larap, Adi Wijaya, dan Tenia. Sebelumnya saya telah melihat blog ini,dan hati saya jg gatal ingin mengomentari hal ini,secara dosen kok ngomong kyk gni..ternyata bnyk yg komen setelahnya,bahkan mnurut saya ini sudah difilter oleh bapaknya (tidak smua komen ditampilkan). Dan mnurut saya kata2 Larap sangat bagus dan mengena. Tapi atas kebesaran hati beliau, maka beliau sudi merubah kata2nya di blog ini. Dan Mbak Rosa, baru melihat blog setelah kata2nya dirubah. Saya salut pada Bpk yg telah mengubah kata2nya, tp knp komen2nya jg tdk dihapus? Ini akan menciptakan ksalahpahaman seperti Rosa dan Larap, padahal Mbak Rosa tdk tau, hal yg sebelumnya..

    • Mmmmm, saya orang yang sangat-sangat terbuka. Bahkan saya mengijinkan mahasiswa saya memprotes, atau menyatakan hal negatif tentang saya sebagai masukan saya untuk menjadi lebih baik. Apapun sakitnya saya terima tanpa mempengaruhi nilainya karena saya tahu, saya tidak bisa membuat orang di seluruh dunia suka sama saya, that’s humanly.

      Seingat saya, saya hanya ingin menyampaikan, bahwa jika ingin tahu, maka masuk saja, karena tidak ada cara lebih baik mengetahui selain masuk ke dalam. Selesai masalah. Setelah itu baru boleh mengomentari. Itu yang saya tekankan. Jadi tidak berkoar-koar sebelum tahu apa yang dikomentari hanya karena tidak mau kalah, emosi, dan tidak open mind. Enough.

      Well, saya tidak akan melarang orang lain berpendapat apapun tentang saya. Dan hal yang paling membuat saya sering tidak senang adalah ketika orang berkoar-koar sesuatu yang tidak diketahuinya sama sekali, atau terlalu berbangga dengan sesuatu yang sebenarnya tidak begitunya. Saya berpendapat tentang Informatika ITB karena saya tahu. Oleh karena itu saya juga tidak mengomentari mengenai almamater yang lain karena saya tidak tahu.

      Well Friend, finally I told you something. Saya pernah punya IP 1 koma tapi saya pernah punya IP 4 itu berarti belum tentu orang yang pernah gagal akan selalu gagal (itu motivasi yang selalu saya sampaikan ke mahasiswa saya). Dan saya tidak menyebutkan kata “payah” atau “abal-abal”. Karena saya percaya sekali asal usaha keras, akhirnya Insya Allah baik. Soal intrepretasi orang, terserah orangnya, karena saya juga tidak mungkin menjelaskan ke seluruh orang di dunia apa maksud saya. Soal saya sebagai dosen, saya juga manusia friend :D, dosen juga bisa salah (so I’m sorry if i hurt anybody heart, I don’t mean to do that).

  8. Ping-balik: 29 Februari (1 Maret) « Blog NhoeAdjaj

  9. Ping-balik: Dosen pun ikut Ngeblog « Try To Be Better

  10. saya ngajar di ppns its sby, sy ingin jg nerbitkan buku di penerbit modula atau penerbit informatika bandung, bgm ya caranya/

    • Bisa menghubungi web-nya di BIObses. Kalau saya dulu pergi ke Toko BIObses yang di Palasari, lalu ternyata ketemu dengan Bapak yang punya penerbit. Lalu Bapaknya minta CV dan draft buku Kami, lalu deal dan cetak :D. Begitu pengalaman kami. Terima kasih.

  11. assalmmmalaikum wr wb.
    saya mau nanya ni…

    1.tolong kasih tahu dong bagaimana tips belajar agar bisa masuk teknik informatika ITB ?

    2.kasih tahu dong kisi kisi test USM ITB (kalau masih ingat) ?

    • Tips udah dibalas seperti jawaban di komentar Wahyudi di bawah komentar Anda. Kami masuk dari UMPTN waktu itu, jadi sama dengan SNMPTN saat ini. Pas kami masuk belum ada USM. Jadi kami tidak punya pengalaman mengenai USM. Kalau Tips belajar, karena kami bukan termasuk extra ordinary people, jadi memang sering-sering try out dan mengerjakan soal-soal UMPTN. Sudah :D, waktu itu saya ingat punya buku 10.000 soal-soal UMPTN, dan saya kerjakan semua :). Tidak ada rahasia selain kerja keras 🙂 motivasi dan kemauan. Dan berdoa diberikan tempat yang terbaik 🙂

  12. Tipsnya……….., kalo kita sering nge-game atau lihat film sejarah mengenai perang, seringnya seperti ini:
    pasukan yang bagus tanpa persiapan dan meremehkan lawan: hasilnya kalah

    pasukan bagus dengan persiapan dan tidak meremehkan lawan: pasti menang

    pasukan sedang tapi dengan persiapan yang bagus dan tidak meremehkan lawan: bisa menang

    pasukan jelek tanpa persiapan dan bahkan hanya bisa takut dengan lawan tanpa mau berusaha lebih; pasti kalah

    Nah Anda dapat menggolongkan kodisi Anda di bagian yang mana :). Sebenarnya yang penting adalah motivasi dan kemauan untuk bersaing, tentu saja ada kerja keras disitu, dan dengan ijin Tuhan maka pasti masuk :). Kalo gak punya dana, jangan menyerah, banyak beasiswa di ITB :), saya dulu banyak ngurus beasiswa agar bisa lulus 🙂 keep fight for future.

  13. Ya kita harus lebih kuat dari mereka. Jangan memprioritaskan perhatian pada pesaing, tapi pada diri kita :). Just do your best. Kalau belum masuk berarti harus instrospeksi diri dan evaluasi, berarti pesaing masih lebih kuat 🙂 atau mungkin bukan jalan terbaik kita di mata Tuhan.

  14. wah makasih banyak atas sarannya…

    Waktu saya tinggal setahun lagi, untuk tes SNMPTN masuk ITB.

    Saya harus giat giat belajar.

    Semoga Allah mengabulkan doa saya.

    Amiiin…

  15. kemarin saya skripsi menggunakan buku Modul Pembelajaran: Rekayasa Perangkat Lunak, buku yang praktis dan benar2 membantu, kelihatan disusun oleh orang berpengalaman. Tidak seperti kebanyakan buku yang dibuat oleh dosen yang isinya cuma kutipan dari orang lain dan tidak ada contoh praktis. keep up the good work…

  16. Bu Rosa,, dimana saya bisa mendapatkan buku ibu yang berjudul modul pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak,,?
    karena saya cari di BI OBSES dan Gramedia sudah tidak ada yang menjual buku tersebut…mohon bantuannya ya buu… terimakasih,,,:)

  17. Sebenarnya kemarin baru saja selesai direvisi (awal Mei), ada banyak tambahan dan perubahan lebih detail yang kami tambahkan. Mungkin sekarang sedang dalam proses cetak. Ditunggu saja sampai di gramedia atau di biobses.com diterbitkan kembali. Judulnya diganti dengan hanya “Rekayasa Perangkat Lunak” karena kata modul pembelajaran menyebabkan ambigu. Terima kasih atas ketertarikan Anda pada buku kami. Semoga bermanfaat. 🙂

  18. Dear bu Rosa

    Baru kali ini saya sempat berkunjung ke blog ini. Saya suka warnanya namun tentu tidak akan melebihi isi nya. Sejauh ini saya jarang sekali bertukar pikiran dengan ibu, walau sebenarnya saya sangat ingin.

    Beberapa hari lalu saya berkunjung ke gramedia dan benar saja ada buku baru yang ada nama ibu dan suami disana. Ini pasti buku bagus berikutnya dari ibu. Saya tidak mungkin melewatkan kesempatan untuk memiliki buku ini. Adik saya yang satu prodi dengan saya lah akan menjadi pembacanya nanti.

    Tidak lah saya keberatan kalau ada orang yang menyebut Bu Rosa mirip dengan istri saya maya. Kalian orang-orang hebat, orang dengan tulisan. Mungkin nanti saya bisa lebih sering bertukar pikiran dengan ibu.

    Salam hangat
    Bram

    NB: Menurut beberap teman ibu akan mengundurkan diri dari UPI, apakah itu benar ?

    • Silakan saja kalau mau ngobrol-ngobrol :). Terkadang pikiran manusia itu mungkin tidak mainstream :). Sekarang saya hanya ingin Allah memantabkan niat saya untuk hal-hal yang baik di masa mendatang. Itu saja :).

  19. Tips nulis buku adalah punya niat berbagi ilmu kita dengan sesama. Lalu tulis saja :). Dan coba dilihat pangsa pasarnya. Kalau terlalu sempit, biasanya kalau pangsa pasar kurang, penerbit tidak mau menerbitkan.

  20. Ping-balik: Please Check Your WhenApp [EF#8] | Andik Taufiq

    • Mohon maaf atas ketidaklengkapannya. Buku J2EE itu buku yang saya tulis pertama kali sehingga pasti banyak kekurangannya. Isi dari buku itu adalah langkah-langkah membuat sebuah aplikasi dengan J2EE. Memang sebuah buku praktik, bukan buku konsep. Dan saat ini buku itu sudah tidak dicetak lagi. Mungkin bisa Anda sebutkan bagian tidak lengkapnya di bagian apa? mungkin saya bisa bantu menjelaskan. Namun tetap bahwa fokus bukunya adalah buku praktik, bukan buku konsep.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s