3 – Publication

Artikel yang telah saya tulis:

  • Java dalam 3G – Majalah Selular edisi Juni 2007

Buku-buku yang telah saya tulis:

Rekomendasi penguasaan buku adalah sebagai berikut:

Untuk Buku Java:

  1. Belajar Pemrograman dengan Bahasa Pemrograman C++ dan Java : dari Nol Menjadi Handal. Buku ini dibuat agar pembaca menguasai konsep pemrograman dasar C++ dan Java.
  2. Pemrograman J2ME : Belajar Cepat Pemrograman Perangkat Telekomunikasi Mobile. Buku ini memuat cara-cara membuat aplikasi dasar menggunakan J2ME (Java untuk perangkat mobile).
  3. J2EE Dalam Aplikasi Enterprise atau Java di Web karena dua buku ini sudah terkait dengan J2EE. Buku ini merupakan topik advanced sehingga diharapkan pembacanya sudah menguasai Java dasar. J2EE merupakan lingkup Java untuk skala enterprise.

untuk Buku Modul Pembelajaran:

  1. Modul Pembelajaran: Algoritma dan Pemrograman. Untuk menguasai algoritma dan pemrograman sebaiknya tidak menggunakan bahasa pemrograman berorientasi objek karena konsep pemrograman berorientasi objek belum dikuasai. Maka sebaiknya memang menggunakan bahasa pemrograman prosedural seperti bahasa C atau Pascal.
  2. Modul Pembelajaran: Struktur Data. Struktur data merupakan modul lanjutan dari penguasaan pemrograman setelah menguasai algoritma. Stuktur data belum menyentuh pemrograman berorientasi objek maka sebaiknya masih menggunakan bahasa pemrograman prosedural seperti bahasa C atau Pascal.
  3. Modul Pembelajaran: Pemrograman Berorientasi Objek. Untuk menguasai pemrograman berorientasi objek, sebaiknya sudah menguasai algoritma dan stuktur data.
  4. Logika Algoritma dan Pemrograman Dasar. Untuk menguasai algoritma dan pemrograman dasar, disertai berbagai contoh dan ditulis dengan beberapa bahasa pemrograman seperti Pascal, C, C++, dan Java.
  5. Struktur Data Terapan Dalam Berbagai Bahasa Pemrograman: Pascal, C, C++, dan Java. Mempelajari konsep-konsep struktur data yang ditulis dalam beberapa bahasa pemrograman.

Ilmu akan lebih terserap dengan baik jika kita menghargai tahapan proses pembelajarannya.

untuk Buku Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak:

  1. Modul Pembelajaran: Rekayasa Perangkat Lunak. Perangkat lunak tidak dibuat secara pabrikan tetapi dibuat dengan melakukan rekayasa (engineering). Rekayasa pembuatan perangkat lunak perlu adanya perencanaan, analisis, desain yang matang dan mumpuni agar sebuah perangkat lunak yang baik dapat dibuat. Buku ini membahas bagaimana cara merekayasa perangkat lunak yang menggunakan pemrograman terstruktur maupun pemrograman berorientasi objek. Mari membuat perangkat lunak dengan benar :).
  2. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Merupakan edisi revisi dari buku Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak.

J2EE dalam Aplikasi Enterprise

J2EE dalam Aplikasi Enterprise

Pengarang: M. Shalahuddin & Rosa A.S.

Tahun: 2006

Penerbit: Informatika

Harga: Rp. 38.000

Revisi Bab 1

Revisi Bab 3

Cara Membuat Servlet

Cara Instalasi Program

 

J2EE atau Java2 Enterprise Edition adalah sebuah teknologi yang telah banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi enterprise dewasa ini, sedangkan aplikasi enterprise merupakan aplikasi yang kompleks dan membutuhkan banyak sumber daya (resource).

Dalam buku ini akan dibahas bagaimana J2EE itu sendiri serta aplikasinya pada sebuah aplikasi enterprise. Berbagai tools yang digunakan dalam aplikasi dari buku ini bersifat open source sehingga akan lebih memudahkan pembacanya untuk membuatnya sendiri.

Buku ini dibuat dengan tujuan para pembacanya yang tertarik dalam pemrograman Java dapat memahami teknologi Java yang mendukung aplikasi enterprise. Literatur J2EE selama ini banyak ditulis menggunakan bahasa inggris, yang kemungkinan sulit untuk dipahami kalangan umum di Indonesia, oleh karena itu penulis mengemasnya dalam bahasa Indonesia sehingga akan mudah dipahami oleh kalangan dalam negeri yang tertarik untuk mendalami maupun mengerti teknologi Java untuk aplikasi enterprise.

Sasaran pembaca yang dibidik dari buku ini adalah kalangan yang tertarik pada pemrograman Java beserta teknologinya. Sebaiknya sebelum membaca buku ini, pembaca sudah memahami konsep dasar pemrograman berorientasi objek dan bahasa pemrograman Java

Setelah pembaca membaca buku ini diharapkan pembaca menguasai sebuah teknologi Java yang mendukung aplikasi enterprise yaitu J2EE. Buku ini sangat mudah dimengerti walaupun oleh programmer yang hanya memiliki sedikit pengetahuan mengenai Java karena buku ini disertai dengan contoh-contoh program beserta gambar-gambar ilustrasi maupun tools yang digunakan sehingga dapat menambah pemahaman pembacanya tentang teknologi J2EE yang dibahas di dalam buku ini.
 

 


Pemrograman J2ME (Belajar Cepat Pemrograman Perangkat Telekomunikasi Mobile)

 

Pemrograman J2ME

Pengarang: M. Shalahuddin & Rosa A.S.

Tahun:

Edisi Pertama: 2006

Edisi Revisi: 2008

Penerbit: Informatika

Harga: Rp. 65.000

Cara Instalasi Program

 

J2ME atau Java2 Micro Edition adalah sebuah teknologi yang telah banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi pada ponsel dewasa ini, mulai dari aplikasi yang berupa permainan sampai dengan aplikasi ponsel sebagai pendukung aplikasi yang lebih besar seperti aplikasi enterprise.

Dalam buku ini akan dibahas bagaimana J2ME itu sendiri serta aplikasinya dengan menggunakan contoh-contoh program yang dapat digunakan sebagai latihan. Buku ini masih menggunakan CLDC 1.0 dan MIDP 2.0 sebagai standar, karena saat ini masih lebih banyak ponsel yang mendukung CLDC 1.0 dan MIDP 2.0. Berbagai tools yang digunakan dalam aplikasi dari buku ini bersifat open source sehingga akan lebih memudahkan pembacanya untuk membuatnya sendiri.

Buku ini dibuat dengan tujuan para pembacanya yang tertarik dalam pemrograman Java dapat memahami teknologi Java pada. Literatur J2ME selama ini banyak ditulis menggunakan bahasa inggris, yang kemungkinan sulit untuk dipahami kalangan umum di Indonesia, oleh karena itu penulis mengemasnya dalam bahasa Indonesia sehingga akan mudah dipahami oleh kalangan dalam negeri yang tertarik untuk mendalami maupun mengerti teknologi Java pada ponsel.

Sasaran pembaca yang dibidik dari buku ini adalah kalangan yang tertarik pada pemrograman Java beserta teknologinya. Sebaiknya sebelum membaca buku ini, pembaca sudah memahami konsep dasar pemrograman berorientasi objek dan bahasa pemrograman Java.

Setelah pembaca membaca buku ini diharapkan pembaca menguasai sebuah teknologi Java pada ponsel yaitu J2ME. Buku ini sangat mudah dimengerti walaupun oleh programmer yang hanya memiliki sedikit pengetahuan mengenai Java karena buku ini disertai dengan contoh-contoh program beserta gambar-gambar ilustrasi maupun tools yang digunakan sehingga dapat menambah pemahaman pembacanya tentang teknologi J2ME yang dibahas di dalam buku ini. 

Belajar Pemrograman dengan Bahasa Pemrograman C++ dan Java : dari Nol Menjadi Handal

Belajar Pemrograman dengan Bahasa Pemrograman C++ dan Java

Pengarang: M. Shalahuddin & Rosa A.S.

Penerbit: Informatika

Rp. 80.000

Revisi

Cara Instalasi Program

Buku ini dibuat agar pembaca menguasai konsep pemrograman dasar C++ dan Java. Bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk belajar pemrograman dan banyak digunakan di dunia nyata pada saat ini adalah bahasa pemrograman C++ dan Java dengan kelengkapan fungsinya yang dapat digunakan sebagai struktur data dan pemrograman berorientasi objek yang telah banyak digunakan pada saat ini. Selain itu dengan belajar menggunakan bahasa pemrograman C++ dan Java diharapkan akan mempermudah belajar bahasa pemrograman lainnya karena banyak bahasa pemrograman lain yang dikembangkan berdasarkan kedua bahasa pemrograman tersebut. Dalam buku ini akan dibahas bagaimana membuat program mulai dari tingkat dasar sehingga orang yang belum tahu pemrograman sekalipun akan dapat memiliki kemampuan dasar pemrograman dengan membaca dan mengaplikasikan contoh-contoh yang diberikan.


Java di Web

Java di Web

Java di Web

Pengarang : M. Shalahuddin dan Rosa A.S.
Penerbit: Informatika
Rp. 60.000

Cara Instalasi Program

Buku ini dibuat dengan tujuan agar para pembacanya yang tertarik dengan Java dapat membuat program di web dengan Java. Buku ini mencakup pengantar dalam pemrograman web dan bagaimana membuat program Java di web sehingga pembaca tidak perlu banyak membuka buku untuk membuat aplikasi web.
Sasaran pembaca yang dibidik dari buku ini adalah kalangan yang tertarik pada dunia pemrograman Java dan implementasinya di web.
Setelah pembaca membaca buku ini diharapkan pembaca menguasai dasar memprogram Java di web mulai dari nol sampai dapat ikut meramaikan dunia pemrograman pada dunia nyata.


Modul Pembelajaran: Algoritma dan Pemrograman

Modul Pembelajaran: Algoritma dan Pemrograman

Modul Pembelajaran: Algoritma dan Pemrograman

Modul Pembelajaran: Algoritma dan Pemrograman
Pengarang : Rosa A.S. dan M. Shalahuddin
Penerbit: Modula Bandung
Rp. 60.000

Draft Algoritma dan Pemrograman I

Draft Algoritma dan Pemrograman II

Untuk menguasai algoritma dan pemrograman sebaiknya tidak menggunakan bahasa pemrograman berorientasi objek karena konsep pemrograman berorientasi objek belum dikuasai. Maka sebaiknya memang menggunakan bahasa pemrograman prosedural seperti bahasa C atau Pascal.

Diharapkan pembaca dapat memahami konsep dasar algoritma dan pemrograman sebagai dasar logika dan dasar pembuatan program komputer. Buku ini dilengkapi dengan gambar-gambar ilustrasi serta pemetaan algoritma ke bahasa pemrograman Pascal dan C agar logika algoritma lebih mudah dipahami. Buku ini menekankan pada pemahaman logika berpikir membuat program (bukan hanya sekedar sintaks bahasa pemrograman) tanpa bergantung pada bahasa pemrograman. Dengan logika berpikir maka pembaca akan menguasai pemrograman dalam membuat (programmer) tidak hanya memodifikasi (modifier) atau memakai program yang dibuat oleh orang lain (user). Isi buku ini merupakan hasil pengalaman penulis dalam mengajar mata kuliah Algoritma dan Pemrograman.

Buku ini dibuat dengan tulus bertujuan agar pembaca (mahasiswa) dapat lebih mudah memahami bagaimana membuat algoritma dan memetakannya dalam bahasa pemrograman (Aamiin).


Modul Pembelajaran: Pemrograman Berorientasi Objek

Modul Pembelajaran: Pemrograman Berorientasi Objek

Modul Pembelajaran: Pemrograman Berorientasi Objek

Modul Pembelajaran: Pemrograman Berorientasi Objek
Pengarang : Rosa A.S. dan M. Shalahuddin
Penerbit: Modula Bandung
Rp. 50.000

Untuk menguasai pemrograman berorientasi objek, sebaiknya sudah menguasai algoritma dan stuktur data.

Diharapkan pembaca dapat memahami konsep dasar pemrograman berorientasi objek sebagai dasar konsep dan dasar pembuatan program komputer berorientasi objek. Buku ini dilengkapi dengan gambar-gambar ilustrasi serta pemetaan algoritma ke bahasa pemrograman C, PHP, dan Java agar lebih mudah dipahami. Isi buku ini merupakan hasil pengalaman penulis dalam mengajar mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek. Melalui buku ini diharapkan kesalahan konsep berpikir mengenai pemrograman berorientasi objek yang identik dengan bahasa pemrograman Java dapat dihindari karena pemrograman berorientasi objek bukan hanya Java sebagai bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman berorientasi objek.

Buku ini dibuat dengan tulus bertujuan agar pembaca (mahasiswa) dapat lebih mudah memahami bagaimana membuat program dengan menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek dalam bahasa pemrograman (Aamiin).


Modul Pembelajaran: Struktur Data

Modul Pembelajaran: Struktur Data

Modul Pembelajaran: Struktur Data

Modul Pembelajaran: Struktur Data
Pengarang : Rosa A.S. dan M. Shalahuddin
Penerbit: Modula Bandung
Rp. 50.000

Struktur data merupakan modul lanjutan dari penguasaan pemrograman setelah menguasai algoritma. Stuktur data belum menyentuh pemrograman berorientasi objek maka sebaiknya masih menggunakan bahasa pemrograman prosedural seperti bahasa C atau Pascal.

Diharapkan pembaca dapat memahami konsep dasar struktur data dalam pemrograman sebagai dasar konsep dan dasar pembuatan program komputer. Buku ini dilengkapi dengan gambar-gambar ilustrasi serta pemetaan algoritma ke bahasa pemrograman Pascal dan C agar lebih mudah dipahami dan benar-benar sesuai dengan tahapan pembelajaran (tanpa langsung melangkah ke pemrograman berorientasi objek). Tahapan belajar pemrograman yang harus dipelajari adalah Algoritma dan Pemrograman – Struktur Data – Pemrograman Berorientasi Objek.

Buku ini dibuat dengan tulus bertujuan agar pembaca (mahasiswa) dapat lebih mudah memahami konsep struktur data dalam pemrograman dan memetakannya dalam bahasa pemrograman (Aamiin).


Modul Pembelajaran: Rekayasa Perangkat Lunak

Modul Pembelajaran: Rekayasa Perangkat Lunak

Modul Pembelajaran: Rekayasa Perangkat Lunak

Modul Pembelajaran: Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek)
Pengarang : Rosa A.S. dan M. Shalahuddin
Penerbit: Modula Bandung
Rp. 40.000

Perangkat lunak tidak dibuat secara pabrikan tetapi dibuat dengan melakukan rekayasa (engineering). Rekayasa pembuatan perangkat lunak perlu adanya perencanaan, analisis, desain yang matang dan mumpuni agar sebuah perangkat lunak yang baik dapat dibuat. Buku ini membahas bagaimana cara merekayasa perangkat lunak yang menggunakan pemrograman terstruktur maupun pemrograman berorientasi objek. Mari membuat perangkat lunak dengan benar :).

Diharapkan pembaca dapat memahami konsep rekayasa perangkat lunak dengan baik dan benar. Perangkat lunak tidak dibuat secara pabrikan tetapi dibuat dengan melakukan rekayasa (engineering). Rekayasa pembuatan perangkat lunak perlu adanya perencanaan, analisis, desain yang matang dan mumpuni agar sebuah perangkat lunak yang baik dapat dibuat. Buku ini membahas bagaimana cara merekayasa perangkat lunak yang menggunakan pemrograman terstruktur maupun pemrograman berorientasi objek. Mari membuat perangkat lunak dengan benar.

Buku ini dibuat dengan tulus bertujuan agar pembaca (mahasiswa) dapat lebih mudah memahami konsep rekayasa perangkat lunak dengan baik dan benar (Aamiin).


Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek

Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek

Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek

Penerbit: Informatika

Revisi Gambar Use Case Halaman 204 (panah generalisasi use case validasi terbalik, yang benar adalah sebagai berikut)

 

Use Case Studi Kasus SI Perpustakaan

Use Case Studi Kasus SI Perpustakaan

 

Merupakan buku edisi revisi dari buku Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak.


Logika Algoritma dan Pemrograman Dasar

 

Logika Algoritma dan Pemrograman Dasar

Logika Algoritma dan Pemrograman Dasar
Pengarang : Rosa A.S.
Penerbit: Modula Bandung
Rp. 150.000 (866 halaman)

Revisi untuk bab gambar flowchart di bab terakhir garis yang dibuat tidak saling bertumpukan. Tumpukan terjadi pada proses editing oleh editor.


Struktur Data Terapan Dalam Berbagai Bahasa Pemrograman: Pascal, C, C++, dan Java

Struktur Data Terapan Dalam Berbagai Bahasa Pemrograman: Pascal, C, C++, dan Java

Struktur Data Terapan Dalam Berbagai Bahasa Pemrograman: Pascal, C, C++, dan Java
Pengarang : Rosa A.S.
Penerbit: Modula Bandung
Rp. 120.000 (542 halaman)


Iklan

84 comments on “3 – Publication

  1. saya dapat buku mas shalahuddin, keren sih. saya pengen tanya cara parsing srf ke java gimana ya?kalo ada contohnya bopleh dong dikirimin ke syarifshadow@gmail.com. Saya baca dan coba parsing swf ke java pakai Jarpa tapi ga sukses!!!!Untuk bukunya keren

  2. saya dapat buku mas shalahuddin, keren sih. saya pengen tanya cara parsing swf ke java gimana ya?kalo ada contohnya bopleh dong dikirimin ke syarifshadow@gmail.com. Saya baca dan coba parsing swf ke java pakai Jarpa tapi ga sukses!!!!Untuk bukunya keren

  3. Saya adalh salah satu penggemar karya tulisannya (Belajar Pemrograman Dengan Bahasa C++ dan Java)…? Mas, boleh tidak aku requis,.. untuk bisa menulis buku yg menerangkan pembuatan website dengan php yg secara penggarapannya detail hingga pembaca seperti saya yg awam bisa mudah untuk mengerti… Sy belajarnya hanya modal buku mas,.. namun banyak buku yg menawarkan banyak ide tentang pembuatan web, tapi nda tuntas, kadang skripnya nda lengkap, dan kebanyakan tidak menerangkan setiap penggunaan kode program, apalagi penggunaan titik koma.. Wah Bacanya jadi stress juga…, Mas Aku mau belajar tapi nda tau dimana sy bisa belajar. Sy penggemarnya Om Google… sy banyak ngopi skrip, tutor,.. tapi yah sama aja… Mohon arahan nya Mas…??? Pleasse….???

    • Kebetulan kami sekarang sedang menulis buku tentang PHP, tetapi masih belum selesai.. Mohon doanya yah, biar cepet selesai 🙂

      Kalo mau belajar, mending pelajari dulu konsepnya. Materi tentang algoritma pemrograman, struktur data, & pemrograman berorientasi objek harus sudah dipelajari dulu. Jadi ketika baca script orang lain bisa memahami isi script itu. Kalo konsepnya belum paham, nanti anda hanya akan tambal sulam kode program orang lain tanpa bisa membuat kode program sendiri dg baik & benar 😀

  4. Bismillah untuk niatnya Mas, Moga dengan kelarnya buku yg dipersiapkan, pembaca bisa lebih paham dengan karya tulisan dari kita…, Thanks Mas, arahannya cukup membangun…

  5. Sori nimbrung.

    Selain OOP (yang gampang) juga musti ngerti OO Design (ini yang susah bow)?
    Rata2 sekarang web apps mengarah ke enterprise, di sini masuk konsep scalability, encapsulating, interfacing, reuse, dll, etc. Dan kayanya web apps lagi rame2nya pake MVC.

    PHP Framework yang gw pernah maen pake CakePHP.
    .NET punya template yang klik sana sini.

    Belum lagi pake design pattern: factory, facade, singleton, dll, etc.

    En ngomong2 soal PHP, don’t forget about the other two in the three strong scripting language “PPP”: Perl and Phyton. Walaupun ga OO-OO amat tapi untuk mengolah text (such as web page), powerful boo…

    Pertanyaan yang lebih mendasar…perlukah saya pakai PHP, kapan saya perlu pakai PHP, kapan saya perlu pakai Perl atau Phyton?
    Sepanjang jalan kenangan yang pernah gw temuin, corporate lebih prefer PERL!

  6. Eh sori2 tapi itu corporate2 yang ga gaul nan serius yah (pabrik, reporting, …)

    Kalau yang web yang trendi2 dan gaul masih suka pake PHP denk..

  7. Yup konsep masih menjadi sesuatu fondasi buat jadi program keren :D. Kalau masalah kesukaan bahasa seringnya itu masalah belum kenal saja. Yang suka PHP mungkin karena tahunya juga cuman PHP, yang suka perl mungkin tahunya juga cuman Perl, manusia kan lembam, dan kecenderungan masyarakat kita males belajar konsep, maunya instan.
    Setahu saya PHP dan Perl punya kelebihan sendiri-sendiri tinggal mau digunakan untuk apa.

  8. Mas Rosa) Bah… Seru nih kommennya, Mas Rosa Bukunya yg BELAJAR PEMROGRAMAN DENGAN BAHASA C++ dan Java Menarik sekali sy baca krna mulai dasar ampe mahir… Nih bacanya dah mulai habis setengah buku… Dan Requis lagi nih Mas Klw buku rilisan selanjutnya konsep dan tatatulisannya mohon sm dengan bukunya yg judul seperti diatas yah Mas smpai pembaca paham betul isi buku…

    Sedikit Nambah: hehehehe (kebanyakan minta nih Mas) klw bukunya dah kelar dengan berbagai macam diskusi, serta tuntas dengan finalishing (penerbitannya) sebelumnya nya mohon sy dikabari ya Mas, di no.ini : 081241659214. Yahhh Klw bisa sy pemegang pertam bukunya… Makasih yah Mas sebelumnya. Hormatku Thyo

  9. AssaLamuaLaikum
    saya mau tanya. pada Algoritma Lebah bisa tidak digunakan untuk memecahkan masaLah Minimum Spanning Tree (MST), kemudian apakah juga bisa diterapkan dan diaplikasikan dengan menggunakan Java (J2SE)?

  10. Kami belum melakukan eksplorasi mengenai MST dengan algoritma lebah. Java bisa digunakan untuk itu, asalkan Anda tahu algoritma dan logikannya. Java kan hanya bahasa pemrograman, dapat diatasi jika pemrogram tahu logika algoritmanya.

  11. saya mau belajar tentang algoritma dan pemrogrman, khususnya java, apakah anda membuka tempat kursus atau apalah gt karna saya pengen banget belajar yang kaya gt…..?

    • Maaf, sampai saat ini kami belum membuka tempat kursus. Kami lebih fokus pada menulis buku & bekerja di tempat kerja kami sekarang. Doakan aja kedepannya kami bisa membuka tempat kursus :).

      Kalau ingin belajar tentang algoritma & pemrograman dengan java, anda bisa membaca beberapa buku kami yang sesuai, dan jika ada yang kurang jelas, anda bisa tanyakan ke email kami seperti yang tertulis di buku.

      Terima kasih.

  12. waktu saya mempelajari algoritma, saya mengalami kendala, saya bingung, setelah membaca dan baca buku tentang algoritma, setelah itu apakah saya harus menghapal dan memahami dari buku itu atau langsung ke latihan pembuatan program aplikasi dasar.

    Terimakasih.

    • Belajar algoritma bukan belajar menghapal. Sama seperti belajar nyetir motor / mobil atau belajar berenang. Sebagus apapun anda menghafal, anda tetap tidak akan bisa sebelum benar-benar mencobanya. Jadi, saran kami, setelah anda membaca satu bagian dalam buku tersebut, anda sebaiknya langsung mencoba contoh2 yang diberikan dalam buku itu. Jika anda sudah cukup menguasai contoh2 yang ada di buku tersebut, anda bisa mencoba kasus-kasus lain. Seperti pada kata pengantar buku kami, “practice make perfect”, semakin banyak anda berlatih, maka skill anda juga akan semakin baik. Selamat mencoba & semoga berhasil 🙂

  13. Selamat pagi, saya mau tanya apakah buku Analisa dan Desain Sistem Informasi dengan Pengarang : M. Shalahuddin dan Rosa A.S. bisa diproduksi lagi? soalnya kemarin saya membeli Modul Pembelajaran: Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek) Pengarang : Rosa A.S. dan M. Shalahuddin, dan saya rasa ada kekurangan dalam buku ini yaitu tidak adanya Perencanaan Sistem seperti yang terdapat di dalam buku Analisa dan Desain Sistem Informasi . atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  14. Terima kasih telah membeli buku kami.

    Buku Analisis & Desain Sistem Informasi yang kami tulis tidak diproduksi untuk umum. Buku tersebut digunakan sebagai diktat internal suatu politeknik di Bandung. Perencanaan sistem seperti apa yang dimaksud? Kalau dalam buku Modul Pembelajaran: RPL juga sudah berisi analisis & desain sistem informasi.

  15. kurangnya modul Perencanaan sistem yang saya maksud, seperti yang ada di buku Analisa dan Desain Sistem Informasi yaitu Definisi Perencanaan Sistem,Pendefinisian Proyek,Pemodelan Proyek, Perkiraan dan penjadwalan Proyek, Penyeimbangkan Rencana, Persetujuan Rencana.
    Saya juga mengusulkan supaya dilain waktu dibuat buku baru yang membahas manajemen resiko dan pengelolaan Proyek Pengembangan perangkat lunak sebagai pendamping buku modul pembelajaran RPL yang sudah ada ini….. Terima Kasih

    • Kalau masalah proyek pengembangan perangkat lunak memang tidak dibahas di buku Analisis & Desain Sistem Informasi atau buku Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak, karena memang materi tersebut di luar ruang lingkup analisis & desain sistem informasi / rekayasa perangkat lunak.

      Sesuai yang anda sampaikan, materi tersebut harusnya muncul dalam buku tentang manajemen proyek perangkat lunak. Sampai saat ini kami masih belum menyusun buku tersebut. Terima kasih atas masukannya, doakan saja semoga kita bisa secepatnya membuat buku tersebut. Amin.. Terima kasih.

  16. Bisa ngajar Dev J2ee application tidak pa…saya buituh tenaga pengajar modul itu dan materinya u minggu depan … n bila ada hub saya di 08567891989

  17. Proses belajar otodidak memang seringkali lebih paham dan masuk ke otak. Namun, pelaku otodidak juga perlu bahan bacaan teoretis yang terstruktur seperti dalam tulisan ini.
    Terimakasih atas ilmunya 🙂

  18. selamat pagi, bapak dan ibu..

    saya sudah membaca buku Anda yang modul pembelajaran pemrograman berorientasi obejek. ada yang ingin tanyakan, walaupun saya sudah membacanya, tetap tidak begitu mengerti (tapi mungkin juga tidak ada pada buku).
    1. apa bedanya membuat web menggunakan php model biasa dengan php berbasis oop?
    yang saya tahu, php itu termasuk jenis semi-oop. tapi saya kurang mengerti penggunaannya dan selama ini mengerjakan tugas pemograman atau iseng2 membuat, saya jarang sekali menggunakan konsep oop pada php (tidak menerapkan class dan sifat2 lainnya).
    2. bagaimana penerapan konsep oop pada php dalam pemograman web? khususnya penerapan saat membuat cms.
    saya sedikit mengerti konsep dan penerapan oop, namun hanya pada pemrograman java. namun sama sekali kurang mengerti, bagaimana penerapannya pada php. sedangkan pada tugas kali ini, saya dituntut untuk membuat sebuah model cms e-commerce dengan menerapkan konsep oop pada php.

    Terima kasih.

    • 1. kalau dari segi tampilan, tidak ada bedanya. Tapi dari struktur program akan lebih rapi. Jadi misalkan kita memiliki kelas pelanggan untuk toko obat, maka ketika kita akan membuat aplikasi lain yang terkait dengan pelanggan, kita sudah punya kelasnya, tinggal menyalin, ubah-ubah dikit maka bisa digunakan kembali (reusable). Framework kebanyakan juga sudah memakai oop. Karena struktur program akan lebih rapi, sehingga mudah dalam pemeliharaan program.
      2. sama saja dengan java, kita membuat kelas-kelas, nah untuk halama web-nya yang nanti kita load halamannya, kita mememanggil kelas-kelas yang kita perlukan. Mungkin bisa dicoba beberapa program php di buku kami, mungkin hal itu dapat membantu Anda untuk lebih mengerti :). Semoga bermanfaat.

    • Sebenarnya kemarin baru saja selesai direvisi (awal Mei), ada banyak tambahan dan perubahan lebih detail yang kami tambahkan. Mungkin sekarang sedang dalam proses cetak. Ditunggu saja sampai di gramedia atau di biobses.com diterbitkan kembali. Judulnya diganti dengan hanya “Rekayasa Perangkat Lunak” karena kata modul pembelajaran menyebabkan ambigu. Terima kasih atas ketertarikan Anda pada buku kami. Semoga bermanfaat. 🙂

  19. salam ibu Rosa… 🙂 sy beli buku ibu yang RPL, ada yang mau sy tanyakan: dalam UML ada 3 kategori yg jumlahnya memuat 13 macam diagram. saat kita membuat desain, apakah semua diagram itu digunakan? atau dipilih saja dari setiap kategorinya? karena ada teman yg bilang, setidaknya harus ada 5 atau 8 diagram yang digunakan untuk membuat desain. apakah benar begitu..? terima kasih sebelumnya

  20. Diagram yang digunakan sesuai dengan kebutuhan :). Namun untuk diagram yang berurutan maka wajib harus dibuat dari awal, misalnya diagram sekuen tidak bisa dibuat tanpa ada use case dan diagram objek, sedangkan diagram objek tidak mungkin ada tanpa diagram kelas. Silakan dipahami keterkaitan antar diagram. Perancangan itu butuh sekali pertanggungjawaban atas perancangan yang dibuat agar dapat diimplementasikan dengan baik dan benar pada kode program nantinya, sehingga antara perancangan dan implementasi kode program sesuai :). Jadi bukan berdasarkan jumlah diagramnya, tapi pada apa yang sebenarnya kita rancang…. dan bagaimana keterkaitan antar diagram pada perancangan kita. Dan perancangan yang kita buat dapat dipertanggungjawabkan sehingga ketika diimplementasikan bisa sesuai. Semoga bermanfaat :).

    • wah terima kasih bu atas balasannya (sy ga nyangka langsung dijawab loh) 🙂 nah bagaimana untuk mengetahui keterkaitan antar diagram? atau urut2 an dari diagram mana dulu yang harus dibuat..? misalnya: harus use case dulu, lalu class diagram, selanjutnya diagram objek dan sekuen, adakah pola/aturan khususnya ..? maaf bu sy msh newbie 🙂

  21. Silakan dibaca bukunya :). Coba buka yang bagian studi kasus…. disitu dibahas bagaimana keterkaitan antar diagram dan keterkaitan dengan implementasi ke kode program. Semoga bermanfaat :). Jika ada yang ditanyakan silakan ditanyakan :).

    • 🙂 terima kasih byk bu atas balasannya.. hmm apakah sy bisa terus bertanya melalui media ini..? krn ada lagi yg sy tanyakan ttg UML di buku ibu. tentang contoh sim perpustakaan (hal.204), pada use case validasi ada generalisasi: login, logout dan memeriksa status login (semua use case yg berkaitan dengan mengakses data harus ke ‘memeriksa status login’ dulu, benarkah pemahaman sy bu..?). tapi kalo melihat use case lainnya yg memiliki generalisasi, anak panah nya menuju induk use case nya, kenapa untuk yg validasi berbeda (anak panah nya ke luar), apakah memang ada perbedaannya bu..? mohon pencerahan..

  22. bu maaf satu lagi 🙂 tertinggal tadi, apakah bisa kalau sy simpulkan, untuk semua kasus, pada semua usecase Login, Logout, dan memeriksa status Login harus menjadi generalisasi dari usecase Validasi..

  23. Silakan saja bertanya disini :). Iya jadi yang terkait dengan hak akses, maksudnya tidak semua user bisa akses maka harus memeriksa status loginnya. Iya, coba dilihat di diagram kelas, mestinya memang panahnya terbalik, karena di diagram kelas, yang menjadi kelas adalah validasi, dan didalamnya ada metode login, logout, dan cek status login. Maka login, logout, dan memeriksa status login mestinya adalah generalisasi dari validasi, validasi adalah induknya. Terima kasih koreksinya, akan saya revisi :).

  24. makasih bu atas balasannya.. 🙂 oia bu, kalau sy membuat program dengan php, tapi tidak oop (tidak pake framework), bisa ndak sy mendesain nya dengan UML, atau UML hanya saklek untuk yg oop saja..?

  25. Di UML ada diagram kelas dan objek yang jelas jelas digunakan untuk OOP. Tidak mengapa menggunakan PHP tanpa framework tetapi tetap harus OOP. Jika tidak OOP maka sebaiknya menggunakan DFD. Itu yang saya ketahui berdasarkan ilmu yang saya pelajari. Semoga bermanfaat :).

  26. “UML hanya berfungsi untuk melakukan pemodelan, jadi penggunaan UML tidak terbatas pada metodologi tertentu, meskipun pada kenyataannya UML paling banyak digunakan pada metodologi berorientasi objek..” (hal 138), maaf bu sy masih newbie, jadi mastiin lagi, hehe, jadi mungkin maksudnya, UML itu sebetulnya tidak terbatas metode oop atau terstruktur, tapi biasanya dipakai di oop, begitu ya bu..?

  27. Itu maksudnya UML itu sering jika tidak untuk memodelkan OOP yang diarahkan ke implementasi kode program digunakan untuk memodelkan proses bisnis secara global, misalkan hanya diambil diagram aktifitasnya saja. Atau hanya diambil diagram deployment-nya saja, begitu….. namun untuk metodologi terstruktur sudah diberikan DFD yang lebih sesuai. Begitu yang saya tahu :). Semoga bermanfaat :).

  28. pengen beli buku Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek) dimana ya…??? nyari2 di gramedia Bekasi tidak ada….
    klo ada bisa online ga??
    terima kasih…

  29. terima kasih…segera meluncur.

    oia…minta referensinya dong..!!
    saya kan sedang membuat tugas akhir untuk pembuatan sistem berbasis objek (UML dkk) kira-kira referensi bukunya apa aja ya yang bisa membantu saya untuk perancangan sistem tersebut?trus belinya juga dmna?
    terima kasih lagi….^_^

  30. Sebenarnya bagi saya buku yang baik adalah buku yang bisa kita pahami, percuma juga buku ditulis oleh orang ternama tapi kita tidak paham :). Saya tidak ada saran, biasanya saya pakai Pressman kalau untuk software engineering, bisa dibeli di amazon jika mau yang asli bukan bajakan, ada versi free-nya cuman bukan edisi terbaru. Tulisan di buku saya pun sebenarnya berawal dari kumpulan catatan dan pengalaman saya selama menjadi praktisi di dunia IT. Maka itu saya ingin share dengan orang banyak melalui buku. Semoga bermanfaat :).

  31. Mba rossa saya mau bertanya.. Buku yg menjelaskan tentang white box, black box, storyboard, state transition diagram itu Ada di buku yg mana ya?? Judulnya mba rosa

  32. Ada di Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek di bab terakhir, namun saya tidak membahas terlalu detail… hanya secara global 🙂

  33. Sudah ada di beberapa toko seperti gramedia… namun saya kurang tahu jika di kota Anda… kalau di Bandung ada di beberapa gramedia juga. Namun tidak di semua gramedia.

  34. Bu, d buku rosa yang 2008/2009 ada tidah simbol squence diagram khusus untuk simbol form, proses, dan simpan contoh simbolnya yang form bulet ada garis bawahnya , simpan bulet ada tanda panahnya, simbol simpan bulet ada garis tegak lurus d samping ny ?

    • Saya menggunakan simbol sekuen diagram yang kotak untuk entitas. Jadi tidak menggunakan simbol yang Anda sebutkan.

    • Buku Rekayasa Perangkat Lunak adalah edisi revisi dari Buku Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s