Jawaban Saran-saran Mahasiswa Semester 2 2012-2013

IK310 ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN I  IP:  3.17   
1     Semoga lebih baik lagi
2     lanjutkan..
3     sudah cukup baik.
4     terimakasih ibu selalu memberi motifasii 🙂

Aamiin. Terima kasih, semoga kalian selalu mendapatkan yang terbaik dariNya. Aamiin.
5     dosen yang sangat mengajarkan kejujuran dan proses perkuliahan sehingga hasil yang di dapatkan lebih memuaskan , cuman sangan ” Kurang Toleransi ” sedikitpun .. saran nya sih lebih sedikit memberi toleransi

Menjadi dosen itu bisa memiliki amal jariyah (berkelanjutan), bisa memiliki dosa jariyah (berkelanjutan). Saya hanya mencoba untuk meminimalisir segala kerusakan dan dosa jariyah yang dapat saya timbulkan :). Semoga dimaklumi.
6     Ibu sudah menyampaikan materi dengan baik harap di pertahankan atau bisa lebih baik lagi.

Terima kasih, akan selalu diusahakan yang terbaik.

7     Metode nya sebaiknya lebih seru lg sehingga mahasiswa tdk menganggap perkuliahan yg sulit ini beban

Ini udah dari jaman kapan ya, saya pengen ada yang bantuin bikin game buat ngajar…….. sayangnya setiap saya tawarkan topik skripsi tentang game, seringnya tidak ada yang mau mengambil…. Anda mau tidak? 😀

8     Pengenalan materi yang lebih detil lagi

DIusahakan, karena dari jaman kapan juga saya minta Alpro 1 3 sks dan Alpro 2 saja yang 2 sks tapi sks tidak pernah berubah, sehingga alpro 1 waktunya sangat terbatas untuk materi di kelas. Mungkin bisa di tambah dengan responsi :).

9     jadilah lebih baik lagi..

Aamiin, semoga Anda juga. Aamiin.

10     saat belajar dalam kelas saya mengerti apa yg dijelaskan,tapi saat praktek saya kesulitan mengikuti latihan soal yg terlalu cepat jd saya tidak bisa mengejar materinya

Gejala seperti itu karena biasanya kurang latihan, jadi memang ritme alpro 1 itu cepat. Sebaiknya setiap materi selesai, coba soal-soal latihan di latihan alpro. Jika tidak seperti itu semakin tertinggal maka akan semakin lagi tertinggal di belakang.

11     ketika teori, mungkin lebih baik langsung diaplikasikan contoh soalnya, terimakasih

Beberapa materi sering diberikan contoh soal, lalu di latihan alpro juga ada contoh soal. Karena waktu di kelas hanya 1 jam 40 menit, maka soal yang dibahas di kelas pasti terbatas sekali. Untuk itu dibutuhkan praktikum, materi dibahas di kelas, dan aplikasinya di praktikum.
12     saya masih kurang dapat memahami alpro 1 karena proses belajarnya yang terlalu cepat jadi saya agak tertinggal.

Iya, memang alpro 1 berjalan cepat, maka dari itu dari awal sudah diberitahukan untuk rajin dan banyak latihan, karena begitu tertinggal akan susah mengejarnya, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan.

13     perbanyak lagi latihan soal bu biar makin mengerti 🙂

Ok, diusahakan :). Mungkin akan ditambah soal latihan di cspc, praktikum, dan kalau di kelas memungkinkan masih ada waktu.

14     diharapkan adanya pemberian materi lebih yang membahas contoh – contoh soal pemrograman dan juga cara penyelesaiannya. pemberian materi lebih ini, akan digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemrograman dalam matakuliah ini.

Hanya membahas soal tanpa konsep akan menyebabkan kemampuan seperti hasil kursusan :). Konsep adalah fondasi yang kuat agar dapat membuat kemampuan menjadi kuat, tidak cepat ambruk. Kemampuan pemrograman dengan aplikatif ke soal dilakukan di praktikum.

15     lebih banyak latihan soal

Ok, diusahakan :). Mungkin akan ditambah soal latihan di cspc, praktikum, dan kalau di kelas memungkinkan masih ada waktu.

16     kurang sependapat dengan sumpah yang di kemukakan. lebih banyak latihan soal bu dan jangan memaksakan mahasiswa untuk bisa berdiri dari atas kemampuan mahasiswa tersebut karena asal usul sangat mempengaruhi.

Saya sebenarnya juga tidak suka ada sumpah, tapi itu adalah cara terakhir saya, sehingga itu tidak akan menjadi dosa jariyah saya.  Jadi sudah jadi urusan Anda dengan Tuhan Anda jika Anda melanggarnya. Saya tidak percaya ada orang bodoh, kata rekan saya juga tidak ada orang bodoh, yang ada adalah orang niat dan tidak niat. Maka dari itu Tuhan membedakan amalan dari niatnya. Orang kalau niat, dia akan berjuang walau harus beranjak dari daerah nyaman.  Itulah mengapa Tuhan akan mengubah nasib seorang manusia dari usahanya :). Coba ditelurusi ke belakang lagi mungkin memang ada yang harus diperbaiki :).

17     Kayaknya cuma dosen yang tahu untuk diperbaiki.

Nggg, gak ngerti maksudnya 😀
18     –
19     Sudah bagus, tidak ada saran.

Terima kasih 🙂
20     Pilihlah asdos yang jago menyampaikan materi dengan baik, bukan hanya memilih asdos yang pintar/memiliki nilai baik, tetapi dalam mengajar tidak dapat dimengerti oleh mahasiswanya. Semangat Bu:)

Asdos adalah tempat untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa, saya ingin asdos saya juga berkembang dengan mencoba berinteraksi dengan orang. Karena sayang sekali kalau kemampuan bagus tapi tanpa diimbangi dengan kemampuan sosial, maka hanya akan seperti berlian tapi selamanya ada di dalam bumi. Berilah kesempatan pada asdos untuk berkembang :). Asdos juga manusia :).
21     saya kurang setuju dengan penggunaan sumpah demi tuhan dan sebagainya…. saya rasa ga perlu bawa2 tuhan…. mohon bisa dipertimbangkan..

Saya sebenarnya juga tidak suka ada sumpah, tapi itu adalah cara terakhir saya, sehingga itu tidak akan menjadi dosa jariyah saya.  Jadi sudah jadi urusan Anda dengan Tuhan Anda jika Anda melanggarnya. Saya tidak percaya ada orang bodoh, kata rekan saya juga tidak ada orang bodoh, yang ada adalah orang niat dan tidak niat. Maka dari itu Tuhan membedakan amalan dari niatnya. Orang kalau niat, dia akan berjuang walau harus beranjak dari daerah nyaman.  Itulah mengapa Tuhan akan mengubah nasib seorang manusia dari usahanya :). Coba ditelurusi ke belakang lagi mungkin memang ada yang harus diperbaiki :). Ketika manusia sudah tidak mampu membendung, maka semua saya kembalikan kepada Tuhan, karena kita semua hamba Tuhan.
22     Sudah sangat baik.

Terima kasih :).

23     ibu .. program kalu bisa yang lebih dekat dengan pengaplikasian di bdg pekerjaan

Mata kuliah pemrograman itu ada tahapannya, semakin tinggi tahapan akan semakin dekat dengan kebutuhan di masyarakat. Semoga Anda menjadi manusia yang sabar mengikuti tahapan belajar :).

24     Sebaiknya persentase untuk nilai tugas praktek dinaikkan 🙂

Mata kuliah yang saya pegang menggunakan berbagai sisi evaluasi, agar mahasiswa memang benar-benar dinilai dari proses yang dilalui. Nah kalau salah satu terlalu besar, maka akan ada kesenjangan dalam mengerjakan berbagai sisi itu :). Misal hanya mengerjakan praktek saja, tugas besar tidak.

25     Soal tugas praktikum yang diberikan oleh asisten dosen terkadang justru lebih sulit dibandingkan dengan soal dari dosen. Tolong ditetapkan standar kesulitan soalnya, sehingga sama dan tidak memberatkan kami

Praktikum memang bertujuan untuk aplikasi konsep di kelas, jadi saya pikir wajar jika “terlihat” lebih sulit. Ada sebuah kutipan, Yang membuat manusia hebat itu bukan hal yang menyenangkan, tapi hal hal yang membuat manusia belajar memperbaiki.

26     Toleransi 😀

Nggg ini apa ya maksudnya 😀
27     Pertahankan dan kembangkan.

Ok sip :D.

28     membuat responsi langsung antara dosen dengan mahasiswa.

Dulu saya pernah melakukan ini saat belum punya asisten :). Dan sebenarnya tidak terlalu berpengaruh juga (ada tentang artikel saya perilaku mahasiswa mengubah perilaku dosen 🙂  ).  Nah karena sekarang sudah ada asisten, 5 orang, maka biar saling mengembangkan kemampuan, responsi bisa dilakukan dengan asisten.

29     matakuliah yang menantang
30     Lanjutkan bu 😀

Lanjuuuutttttttt Mang 😀
31     Sering-sering mengingatkan kepada mahasiswa masalah koneksi ketika ada kuis/UTS/UAS yang online judge agar mahasiswa mempersiapkan kemungkinan buruk yang terjadi seperti tidak adanya koneksi di lab. Untuk asdos, tingkatkan pelayanan terhadap mahasiswa, jika menjawab pertanyaan dari mahasiswa jangan seadanya, jawablah dengan runut dan jelas.

Ngggg, kenapa diberikan kata maha, pada siswa perguruan tinggi? itu karena memang sudah bukan sekedar siswa. Dimana mulai bertanggung jawab secara penuh pada kehidupannya sebagai manusia dewasa. Jika kita tidak pandai mengingat, bisa dicatat di hp atau buku. Manusia dewasa adalah manusia yang mampu bertanggungjawab dan menerima risiko dari apa yang dipilih dan dilakukannya. Itulah kenapa sebutannya mahasiswa, bukan siswa perguruan tinggi :). Setiap menjawab pertanyaan saya selalu bertanya kembali, apakah ada pertanyaan…. jika tidak ada pertanyaan… maka asumsi sudah jelas bukan… jika belum jelas silakan ditanyakan kembali :).
32     Asisten tidak hanya harus menguasai, tapi harus juga bisa mengajarkan layaknya dosen

Asisten itu bukan dosen, mereka adalah mahasiswa yang baru belajar mengajar dan berbagi, ijinkanlah mereka berkembang, seperti halnya asdos membantu Anda berkembang dengan kemampuan mereka. Mari berbagi :).
33     materi lebih diperinci lagi

Ok diusahakan :). *bingung juga tapi diperinci sampai sedetail apa :D, karena sudah ada silabus yang di-share juga*

34     good
35     proses perkuliahan sangat baik dan disiplin
36     Semoga bisa lebih baik lagi

Aamiin. Terima kasih, semoga kalian juga lebih baik lagi. Aamiin.
37     Kalau bisa, membuat contoh latihan di kelas nya lebih sulit lagi. Supaya kami sedikit terbiasa dengan hal-hal yang sulit.

Yakin??? Sebenarnya saya coba membuat soal yang masih mungkin bisa dikerjakan mahasiswa, kalau mau bikin yang sulit juga saya bisa 😀 hehe.
38     terimakasih atas ilmunya bu

Sama sama :). Semoga bermanfaat dan membuat Anda lebih baik kedepannya. Aamiin.
39     Sebaiknya absensi juga dijadikan bahan peretimbangan buk 🙂

Nggg, punten :D. Ini juga pernah dibicarakan sesama dosen di Indonesia, sampai ada yang berpendapat, punten jika kata-katanya kurang berkenan, tapi kurang lebih seperti ini: jika presensi dinilai, maka kambing saja asal masuk kelas maka akan mendapat nilai :). Semoga ditelaah dengan bijak. Aamiin.


IK432 METODOLOGI BERORIENTASI OBJEK  IP 3.10

1     mantap !
2     bagus
3     lanjutkan

Terima kasih :).
4     tidak ada.
5     Sebaiknya lebih memaparkan materi , agar kami sebagai mahasiswa lebih mengerti.

Nggg, kalau dari sisi saya, materi sudah saya jelaskan bahkan dengan contoh. Dan setiap kuliah selalu saya bertanya, ada pertanyaan…. sebaiknya Anda bertanya jika memang kurang mengerti…. atau sesat di jalan :).

6     mungkin alangkah lebih baiknya apabila tugas besarnya dikerjakan secara berkelompok. tetapi sudah cukup baik semuanya.

Nggg, ada sebuah gambar tentang kerja kelompok:

kerjakelompok

(Sumber bukan dari saya)

Dari pengalaman saya, setiap kerja kelompok di kuliah selalu ada yang “ditumbalkan”, fokus saya di kuliah adalah kemampuan individu, agar memang nilai yang didapat dari kemampuan individu dan individu yang mengerjakan benar-benar bertambah kemampuannya. *mode trauma dari pengalaman ngasih mahasiswa tugas kelompok*

7     cara mengajar sudah baik.
8     saya senag belajar sama ibu bisa termotifasi sekali dan belajar saya dengan maNdiri dan terlatih untuk percaya diri , harus berjuang dan berdoaa :))
9     enak cara pengajaran nya
10     Cara mengajar sudah cukup baik. Namun pada saat kuis, materi yg diujikan terlalu banyak.
11     terimakasih bu 🙂

Terima kasih semua :). Semoga kita semua lebih baik lagi. Aamiin. Ngg soal materi terlalu banyak memang biar menguji paham tidak membuat diagramnya :D. Maka dari itu kasusnya dibuat sesederhana mungkin kok :D.

12     Kalau ada yang bilang MBO sulit jangan didenger bu, MBO ga sulit, hanya butuh pemahaman yang utuh, dan berprogress. Materi di pdf yang kata ibu masih salah itu ada baiknya dibenerin bu, biar tidak menyesatkan.

Ok ok, nanti dibenerin hehe :D.

13     Tidak ada
14     Tingkatkan lagi
15     baik bu,
16     Lebih baik lagi dalam proses mengajarnya
17     a
18     terimakasih buk

Sama sama, terima kasih :). Semoga kita semua lebih baik lagi. Aamiin.

19     materi agak susah dipahami,mungkin lebih jelas lagi dalam penjelasan

Nggg, sebaiknya jika tidak mengerti bertanya :). Bukannya setiap diterangkan selalu ada pertanyaan “apakah ada pertanyaan?”

20     tingkatkan buuuuu sejauh ini sudah bagus
21     tidak ada masalah
22     Bu Rosa selalu transparan dalam memberi nilai, semua mahasiswa senang jika dosen seperti Bu Rosa
23     ibuuu,,cara mengajarnya sudah bagussss,, aku suka…ibuu Rosa “The Best” deh..

terima kasih :). Semoga kita semua lebih baik lagi. Aamiin.


IK410 STRUKTUR DATA IP: 3.14

1     standarisasi terlalu tinggi
2     ok !
3     Mohon bantuannya bu.
4     Standar terlalu tinggi
5     semoga ga ngulang lagi.. 😀

Standar dari sisi mana? Karena tetap masih banyak yang lulus dibanding yang tidak lulus :). Saya tidak percaya ada orang bodoh. Ada kutipan dari rekan saya yang juga tidak percaya ada orang bodoh, yang ada itu orang niat dan orang tidak niat, maka dari itu segala amalan itu dilihat dari niatnya. Jika sudah berusaha keras dan masih belum berhasil, berarti ada yang salah dengan cara usahanya, cari cara lain lagi tapi tetap fokus untuk mencapai tujuan. Ada kutipan dari dosen saya :). Mohon disikapi secara bijak :). Intinya orang yang jatuh pada lubang yang sama dan dengan cara yang sama itu adalah orang yang tidak belajar dari pengalaman (dosen saya malah bilang itu (maaf) keledai). Intinya sudah tahu cara itu tidak berhasil, tapi dilakukan lagi lagi dan lagi….. maka hasil yang didapat pun akan sama lagi lagi dan lagi…. bagaimana mungkin cara yang sama menghasilkan hasil yang berbeda :). Mari merenung sejenak, dan mari mulai dari diri sendiri 🙂 untuk memaknai apa arti perjuangan dalam hidup.
6     berikan banyak contoh

Nggg, sudah pernah saya bahas di kelas, karena waktunya tidak mencukupi, kecuali peserta kuliah mampu memahami mesin secara mandiri di luar kelas, maka di kelas akan dibahas aplikatifnya.
7     🙂
8     Tidak ada.
9     Sebaiknya lebih memaparkan materi , agar kami sebagai mahasiswa lebih mengerti.

Materi sudah dipaparkan, dan sudah diberitahukan dari awal untuk masuk di hari pertama kuliah, karena hari pertama kuliah itu adalah fondasi dari semua materi di struktur data, tidak mengerti fondasi itu, maka semakin kebelakang akan semakin berat.

10     cara mengajar sudah baik.
11     Cara mengajar sudah cukup baik karena dapat mengembangkan mahasiswa di bidang pemrograman
12     terimakasih bu 🙂
13     Jangan terlalu moody bu, udah baik kok KBM nya
14     Tidak ada
15     good job ;D
16     (y)
17     
18     sudah baik. spesifikasi soal ketika ujian kurang jelas jadi kadang-kadang bikin bingung ._.
19     a
20     terimakasih bu

Terima kasih, semoga kita semua lebih baik :). Aamiin. Jadi artis itu susah :D, lagi pengen nangis pun harus tetap tampil ceria di depan kelas :). Itu tidak mudah. Soal diusahakan diperjelas lagi, dan mungkin Anda berusaha juga untuk membaca soal lebih detail dan memahami konsep, karena kalau tidak memahami konsep, soal seperti apa juga susah dimengerti 😀 hehe.

21     tidak terlalu banyak perumpamaan dalam menjelaskan materi

Nah ini, dulu awal mengajar saya mengajar teknis, banyak yang tidak mengerti, akhirnya saya bikin banyak gambaran agar mudah dimengerti, karena pada dasarnya otak manusia lebih memahami gambar dibanding tulisan. Coba Anda ingat, kalau Anda jatuh cinta pada seseorang, pasti yang diingat wajahnya kan ya :D…. bukan tulisan namanya hehe.
22     lanjutkan!

Tarik mang :D.
23     karena cara mengajar bu rosa berubah tida sama seperti pada alpro 1 / alpro 2 jadi saya kesulitan untuk memahami matakuliah ini.

Sebenarnya bukan mengajarnya yang berubah, tapi paradigma mata kuliahnya memang berbeda jalur :D.  Sehingga mau tidak mau harus disesuaikan cara pengajarannya :).  Dan di tahapan ini memang karena sudah mata kuliah tahap ketiga pemrograman memang sudah mulai harus belajar mandiri, nanti di PBO malah akan lebih harus mandiri lagi :).
24     Bu Rosa selalu transparan dalam memberi nilai, semua mahasiswa senang jika dosen seperti Bu Rosa

terima kasih :). Semoga kita semua menjadi orang orang yang selalu belajar untuk jujur dalam kondisi apapun. Aamiin.
25     ibuuu,,jangan terlalu perfectsionis..kurangi peraturan yg ada, kita merasa sedikit terkekang, dan menggunakan standarisasi UPI saja jgn disamakan dg. univ. lain

Dalam hidup manusia itu akan menjadi manusia yang tidak merugi jika dalam setiap fase hidupnya akan selalu berusaha naik kelas. Lebih banyak yang lulus di mata kuliah saya dibanding yang tidak lulus, berarti itu indikasi bahwa standar sebenarnya tidak tinggi, tapi disesuaikan, dan semua bisa dilakukan asal ada kemauan. Mungkin coba Anda membuka mata, coba ikut lomba, atau mencoba melihat univ lain dan apa yang mereka dapatkan, seperti apa hasil dari hidup mereka. Jika memang itu yang Anda inginkan, berlakulah seperti mereka :). Kutipan dari Mario Teguh: Bekerja keraslah di masa muda agar bisa menikmati di masa tua, karena jika tidak maka di masa tua Anda akan bekerja keras. Semoga bisa disingkapi dengan bijaksana. Aamiin.

Untuk semua yang memberi masukan. Mari kita berusaha bersama untuk membuat semuanya lebih baik. Terima kasih semuanya dan mari mulai dari diri sendiri 🙂.

Iklan

Aksesoris Handmade

Bulan kemarin mulai iseng-iseng membuat aksesoris handmade, dan iseng-iseng dijual siapa tahu ada yang suka :). Sebenarnya membuat aksesoris ini adalah salah satu cara membahagiakan diri dengan cara menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri. Selama ini yang dominan dari diri saya adalah pekerjaan otak kiri. Lalu mencoba-coba membaca apa itu bahagia. Bahagia adalah menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri dengan mencoba meminimalisir rasa takut dan sedih, kedua rasa inilah yang membuat manusia menjadi tidak bahagia. Dan jadilah aksesoris Handmade Happy Family :D. Saya sangat menikmati proses mendesainnya :D. Awalnya membuat aksesoris ini terinspirasi dari mahasiswa saya yang bernama Rini Martiani yang juga suka membuat aksesoris handmade :D.

Giveaway Aksesoris Happy Family

Produk Happy Family – Anggrek

Produk Happy Family – Ikan Koi

Pesanan

Harga aksesoris handmade Happy Family mulai dari Rp. 5000-an. Bisa dilihat-lihat di alamat dibawah ini 🙂 jika berminat.  Aksesoris bisa diaplikasikan untuk atribut jepit, bros, gantungan kunci, atau magnet :). Menyusul ingin bikin kalung dan gelang. Mohon doanya ya, semoga bisa membawa kebaikan :D. Aamiin.

Happy Family:

Facebook: https://www.facebook.com/happy.family.gift

 

Berikut beberapa artikel singkat tentang aksesoris handmade:

Aksesoris Handmade VS Aksesoris Curah/Grosir

Aksesoris handmade dan aksesoris curah/grosir memiliki fokus yang berbeda dalam tujuan pembuatannya. Aksesoris handmade lebih fokus pada kualitas sedangkan aksesoris curah/grosir lebih fokus pada menekan biaya produksi agar harga produk dapat lebih murah. Tentu saja pasar dari keduanya memiliki karakter yang berbeda. Berikut adalah perbedaan aksesoris handmade dan aksesoris curah/grosir:

1. Aksesoris handmade dibuat satu per satu dengan pengontrolan kualitas satu per satu sehingga kualitas per satuannya lebih terjamin. Sedangkan aksesoris curah/grosir dibuat dengan proses yang bersifat masal untuk menekan biaya produksi, misalnya semua bahan digunting dan saat menjahit semua bahan langsung dijahit… pembuatan dilakukan masal sehingga pengontrolan kualitas pun secara masal.

2. Aksesoris handmade dibuat dengan memperhatikan karakteristik bahan dan dengan desain yang dipikirkan benar-benar (biasanya dibuat konsepnya). Sedangkan aksesoris curah/grosir dibuat dengan bahan-bahan yang bisa menekan biaya produksi (full kain perca misalnya) dan menggunakan desain yang didapat dari internet atau sumber lainnya, desain bukan desain yang rumit dan tanpa pemikiran sendiri.

3. Aksesoris handmade dibuat fokus pada kualitas sehingga atribut yang digunakan biasanya dipikirkan kualitas mutunya, sedangkan atribut curah/grosir biasanya menggunakan atribut kualitas biasa untuk menekan biaya produksi.

4. Aksesoris handmade biasanya menggunakan kemasan per satuan aksesoris yang bisa digunakan untuk menyimpan aksesoris, sedangkan aksesoris curah/grosir biasanya menggunakan kemasan plastik yang sekali buang.

Pilihan jenis aksesoris tergantung pada fokus pemakainya. Beberapa hal di atas menyebabkan harga aksesoris handmade biasanya lebih mahal dibanding aksesoris curah/grosir.

Atribut Aksesoris Kualitas Bagus dan Biasa

Beberapa kali mencari atribut aksesoris dan melakukan survei, ternyata atribut aksesoris juga memiliki jenis kualitas. Dari segi harga memang berbeda. Misalnya untuk jenis atribut peniti bros saja, yang berkualitas bagus harganya sekitar Rp. 700-800 satu buahnya (ukuran 2 cm) sedangkan peniti bros biasa bisa didapat dengan harga Rp. 200-300 per buahnya (ukuran 2 cm). Tentu saja dari segi kualitas keduanya berbeda. Maka dari itu saya ingin melakukan review kedua jenis atribut itu, dan kenapa Happy Family memilih atribut kualitas bagus untuk atribut aksesoris yang dibuat.

1. Bahan besi yang digunakan pada atribut kualitas bagus lebih tebal dan lebih berat sehingga lebih kuat (dalamnya mengandung besi), sedangkan pada atribut kualitas biasa biasanya lebih banyak bahan aluminiumnya lebih ringan dan lebih gampang berubah bentuk.

2. Atribut kualitas bagus lebih rapi pada engsel dan bentuk atribut juga dibuat lebih rapi. Atribut kualitas bagus engselnya rapat sehingga tidak mudah lepas.

4. Atribut kualitas bagus memiliki peniti yang lebih tajam sehingga tidak membuat baju bolong walaupun kain tebal sekalipun, sedangkan atribut kualitas biasa dapat menyebabkan baju bolong dan jarum peniti mudah melengkung.

Inilah beberapa alasan Happy Family memilih atribut kualitas bagus. Sehingga aksesoris yang dibuat tetap berkualitas dengan harga terjangkau dan tidak cepat rusak.