Kucing yang Pernah Singgah

Bismillahirrahmanirrahim….

Sejak tahun lalu (2017) kami jadi senang berinteraksi dengan kucing-kucing. Saya sesungguhnya awalnya tidak suka kucing, mereka sering merusak plastik sampah yang saya taruh di depan rumah, masalahnya tukang bersih (yang mengambil sampah) tidak mau mengambil sampah jika berceceran… jadi dulu saya tidak suka kucing πŸ˜€ …. sampai pada suatu hari saya berpikir, mengapa kucing-kucing itu mengorek sampah, tidak bisakah itu dihindari. Dari baca-baca di internet… ternyata alasannya… mereka lapar 😦 …. dan mulailah kami senang memberi makan kucing, mereka bisa singgah untuk makan, atau tidur di halaman atau di saung kami sehingga bisa mengurangi kucing yang mengorek sampah. Rejeki sudah diatur dengan pandai oleh Tuhan yang Maha Kaya. Tulisannya ini untuk mengenang para kucing yang pernah singgah, diantaranya:

1. Abu – Sudah Meninggal

Abu ini kucing jantan yang baik dan ribut. Kalau minta makan suaranya nyaring πŸ˜€ ….. tapi tidak nakal. Dia suka tidur di saung kami. Sampai suatu hari Abu tidak pulang lagi. Selamat jalan Abu, kami yakin Tuhan menyayangimu.

Abu

2. Ibu Hamil

Kami menyebutnya Ibu Hamil, karena dia sudah berkali-kali beranak. Kucing ini agak galak. Ibu Hamil jarang ke rumah kami, mungkin karena suka berpetualang.

Ibu Hamil

3. Orange – Sudah Meninggal

Orange ini sebenarnya anak Ibu Hamil, dulu sering datang ke rumah kami, agak galak. Namun sudah meninggal ketika anaknya masih kecil. Menurut kabar, ketabrak. Selamat jalan Orange.

Orange Betina

4. Baron

Baron kucing jantan yang sabar, suaranya tidak terlalu keras, tapi sabar sekali. Kalau ada kucing lain masih makan, Baron mau mengantri. Kadang masih suka ke rumah kami. Namun sepertinya usianya sudah tua.

Baron

5. Prem-an – Sudah Meninggal

Prem-an tidak ada fotonya. Kenapa namanya Prem, karena suka bandel sekali, berkelahi, naik-naik rumah. Namun ada suatu hari dia kena flu, sehingga ingusnya yang mengering menutup hidungnya, dan dia agak sesak nafas. Namun datang ke rumah kami. Saya tidak tega, akhirnya saya bersihkan mukanya dengan air hangat (walau baunya sangat bau sekali). Saya kandangkan dan besoknya saya panggil dokter yang bisa dipanggil ke rumah, ketemu Dokter Teddy dari jalan Pesantren Cimahi. Si Prem disuntik, dan diberikan obat untuk diberikan berkala. Kata dokter kemungkinan hidupnya kecil. Kalau malam kandangnya diminta diberi lampu agar hangat. Saya letakkan kandang di dekat saung. Ternyata setelah 2 hari Si Prem sehat dan saya lepaskan. Si Prem sudah lama tidak datang lagi ke rumah, sepertinya sudah meninggal. Sehat selalu ya Prem disana.

6. Chubby

Chubby ini sebenarnya kucing betina milik tetangga, namun suka berkunjung ke rumah kami cari makan. (RIP Chubby karena keguguran, itulah mengapa saya pro steril, tetangga bilang kalau punya anak dan kebanyakan, anaknya dibuang, mereka itu kan bernyawa, bisa merasakan)

Chubby

7. Noodle

Noodle ini kucing betina milik tetangga, namun kadang main ke rumah kami untuk cari camilan.

Noodle

8. Maccaron 1
9. Maccaron 2

Maccaron 1 dan 2 ini kucing jantan yangΒ  bersaudara, karena mirip sekali kami tidak bisa membedakan πŸ˜€ … jadi ya sudahlah, semua dipanggil Maccaron

Si Ganteng Maccaron

10. Bolly 1

Bolly 1 ini kami tidak punya fotonya, kucing jantan warna putih milik tetangga, kadang main ke rumah kami. Tapi sekarang sudah tidak ada, entah meninggal atau diasuh orang lain.

11. Bolly

Bolly ini kucing betina kecil pertama yang kami rescue dapat dari kampus UPI. Bolly ini kucing yang lincah dan pintar sekali, karena sekali diajari pup dan pee di pasir langsung bisa. Sekarang sudah besar dan jarang pulang, sepertinya ada tetangga yang mengasuh Bolly dan Bolly lebih suka disana. Bolly kucing yang sudah steril (ikut bakti sosial peduli kucing di Gloria Vet Setra Sari), jadi tidak khawatir melahirkan anak yang tidak bisa diasuh, lalu biasanya dibuang atau ketabrak.

Bolly waktu baru di-rescue

Bolly kedinginan, pakai selimut

Bolly habis steril

Bolly udah gede

12. Molly 1 – Sudah Meninggal

Molly 1 ini kucing betina yang ketemu di kampus, kurus sekali. Molly kami rescue dalam kondisi flu dan cacingan berat. Saya juga panggilkan dokter Teddy untuk Molly,Β  namun tidak tertolong. Bahkan setelah disuntik cacing besar-besar keluar melalui kotorannya. Molly hanya hidup 4 hari bersama kami. Kami tidak punya fotonya. Bahagia disana ya Mol, tidak ada rasa sakit lagi.

13. Molly – Sudah Meninggal

Molly yang ini adalah kucing betina yang kami rescue untuk menemani Bolly yang kami minta tolong abang Gojek dengan layanan Gosend ke daerah Dipati Ukur, abangnya bersedia. Berbeda dengan Bolly, Molly ini sulit sekali diajari pup dan pee di tempat yang benar. Akhirnya terpaksa banyak kami kandangkan sampai waktunya habis steril. Molly steril bareng Bolly. Setelah steril kalau makan Molly suka pulang, namun sering tidur di rumah tetangga, dan syukurnya tetangga tidak keberatan. Sampai suatu hari Molly tidak pulang 3 hari untuk minta makan, maka saya tanyakan ke tetangga, ternyata Molly sakit.. dan beberapa hari kemudian Molly meninggal. Selamat jalan Momol.

Molly dan Bolly kecil sedang main

Bolly Molly

Molly remaja yang cantik

Molly dan Bolly… Yin dan Yang

14. Bapaknya Anak-anak Kucing Kak Iqbal

Ini kucing jantan tetangga yang suka berkunjung sekeluarga bersama istri dan anak-anaknya πŸ˜€ …

15. Istri kucing Kak Iqbal

Istri kucing kak Iqbal

16. Anak kucing Kak Iqbal 1

Anak kucing kak Iqbal

17. Anak kucing Kak Iqbal 2

Bapak Anak

18. Bocol (Bocah Cocol Mayonaise, dipanggil Bocol) – Sudah Meninggal

Ini kucing betina kesayangan, hobinya grooming (mandi dengan menjilat menggunakan air liurnya yang anti septik alami). Bocol ini anaknya Orange betina, karena ibunya meninggal, anak-anak kompleks membawa Bocol ke rumah kami, dan kami asuh hingga sekarang. Bocol juga sudah steril di bakti sosial di Gloria Vet Setra Sari.

Bocol baru datang, hanya sebesar tangan manusia

Bocol pakai sweater dari kaos kaki, biar tidak kedinginan

Bocol agak gedean

Bocol sudah gede

Update:

RIP Bocol pada hari Senin 11 Juni 2018. Kami sedang mudik dan Bocol tidak mau makan kemudian muntah kemudian meninggal. Mbak di rumah yang dititipi tidak paham bagaimana pertolongan pertama pada kucing. Maafkan kami Bocol, terima kasih untuk semua momen indah yang diberikan Bocol, sekarang sudah tidak sakit lagi. Padahal didera ujian penyakit bertubi-tubi dia bertahan (perjuangan seekor kucing), akhirnya sudah selesai. Semua yang hidup pasti mati. (Malam minggu sebelumnya saya bermimpi Bocol meninggal, ternyata memang meninggal sungguhan.)

 

19. Bayi Kuning – 2 ekor – Sudah Meninggal

Kami menemukan dua bayi kecil laki dan perempuan di dekat sebuah warung, lalu kami rescue namun satu dari mereka hanya bertahan 1 minggu dan yang jantan bertahan 1 bulan. Merawat yang terlalu bayi dan masih hanya menyusu memang tidak mudah. Kami belum pernah berhasil. Maka di tulisan ini saya sertakan sharing dari teman jauh setelah bayi kuning meninggal. Kalian tidak usah nangis lagi sekarang, selamat jalan.

Bayi Kuning

Bayi Kuning lagi bobok

20. Popok

Popok ini kucing betina nemu di got waktu perjalanan pulang saya dari kampus. Popok kucing yang baik, tidak pemarah. Popok juga sudah steril bareng Bocol.

Popok lagi ngapain?

 

Popok

Popok dan Bocol

Popok Kecil

21. Titil – Sudah Meninggal

Titil ini anak kucing betina yang masih bayi, dibawa anak-anak kompleks untuk kami asuh, namun hanya bertahan seminggu.Selamat jalan Titil, sudah tidak perlu menangis lagi.

Titil

22. Yellow

Yellow adalah kucing jantan yang pernah singgah di rumah kami, namun sudah lama tidak tahu lagi kabarnya. Dimana kamu Yellow?

 

Yellow – Baron – Maccaron mengantri makanan

23. Garfield

Garfield ini kucing jantan warna putih kuning, kadang datang ke rumah kami untuk makan. Kami tidak punya fotonya.

24. Item Putih

Item Putih ini kucing jantan yang suka keluyuran, suka berantem πŸ˜€ …

Item Putih

25. Item

Item ini kucing ras jantan yang ditinggal pemiliknya pindah ke Cirebon kabarnya. Jadilah dia suka tinggal dan tidur di saung kami.

Item

26. Ketan

Ketan ini kucing jantan yang diduga anak dari Item dan Noodle… karena suaranya kecil mirip Item, dan kadang bengek juga. Ketan ini buandel.. berapa tanaman yang sudah dirusaknya… ketan…ketan…

Ketan kecil

Ketan kecil

27. Penyanyi

Penyanyi ini kucing jantan yang dulu pas pertama datang hobinya mengoceh, makanya kami kasih nama Penyanyi.

Penyanyi

Penyanyi

28. Pipi Piyau

Pipi Piyau ini kucing kecil jantan yang dibawa anak-anak kompleks ke rumah kami. Saudaranya mati ketabrak. Pipi kucing yang ribut dan suaranya suka seperti piyau piyau, makanya kami kasih nama Pipi Piyau. Pas awal dia kalau ketemu kucing lain langsung teriak sambil ketakutan, namun setelah kami asuh sudah tidak lagi. Kami asuh beberapa minggu, namun pas suatu hari Pipi main keluar, tiba-tiba sudah tidak pulang lagi. Kemana kamu Pi?

Pipi Piyau

Pipi Piyau bobok

Wajah Pipi Piyau

29. Kucing Kecil Mata Sakit – Sudah Meninggal

Pernah ada kucing kecil kuning datang ke rumah, matanya bengkak, saya obati, saya beri makan, namun dia kemudian pergi dan tidak pernah kembali.

30. Kucing teriak-teriak mirip Abu – Sudah Meninggal

Pernah ada kucing kecil mirip Abu, kalau ketemu kucing lain suka teriak-teriak, dia datang beberapa hari ke rumah kami, namun setelah itu tidak lagi.

31. Orange laki-laki

Orange ini kucing jantan yang suka sekali kadang singgah untuk minum air kolam, makan, dan tidur.

Orange Jantan

Orange Berpose

 

32. Ucrit

Ucrit ini kucing kecil betina yang kadang main ke rumah kami untuk makan.

33. Asep

Kucing jantan kecil ini datang ke depan rumah dalam keadaan sakit, akhirnya di-rescue dan akhirnya setelah sebulan dirawat sudah main di depan rumah. (RIP Asep, 26 Agustus 2018, ditabrak orang tidak bertanggungjawab dan membiarkannya di jalanan tanpa menguburnya).

Asep Kecil

Asep sudah ganteng

Asep sudah ganteng

34. Cici

Cici kucing betina kecil dibawa anak-anak kerumah, namun badannya cukup kuat, sehingga sudah bisa dilepas di depan rumah untuk tidur dan bermain.

Cici

Cici

35. Unis

Kucing ini dibuang di got sama tetangga, lalu diambil anak saya. Sekarang suka main di depan rumah, tadinya temannya Asep. Sekarang sudah tidak ada teman main lagi ya nis.

Kenangan Unis dan Asep

 

Kenangan Unis dan Asep

 

Kenangan Unis dan Asep

 

Unis (kadang dipanggil Uun)

Selain di rumah, saya di kampus juga memberi makan beberapa kucing. Berikut yang pernah rutin saya beri makan kalau sedang ke kampus dan ketemu mereka:
1. Kucing kuning yang agak pincang

Ini suka menunggu di depan gedung JICA UPI. Kucing jantan berwarna putih kuning dan agak pincang, badannya kurus, namun sudah lama saya tidak melihatnya lagi.

2. Bella 1 dan anaknya

Di gedung GIK UPI pernah ada kucing betina dan anaknya, saya beri nama dia Bella. Saya sering beri makan saat itu, sampai suatu hari saya tidak lagi melihat Bella, ternyata sudah dipindahkan ke pasar dekat kampus karena Bella dan anaknya pup di kelas beberapa kali.

3. Bella Bebel

Ada kucing betina yang sering menunggu di depan Gedung JICA, saya kasih nama dia Bella Bebel πŸ˜€

Bella Bebel

Tengoklah sikit Bel… serius pisan makannya

Wajah Bebel

Wajah Bebel lagi… meong minta makan

 

4. Kucing Abu Putih

Ada dua kucing putih abu jantan yang pernah saya beri makan di sekitar Gedung JICA UPI.

 

5. Kucing Betina yang suka ke Laboratorium RPL

Kucing ini suka minta makan datang ke laboratorium di UPI, kadang juga tidur di lab. Dan tentu saja kalau saya balik saya keluarkan dari lab, “Ucing bangung, ayo keluar… nanti kamu kekunci” πŸ˜€

Kucing yang suka ke lab RPL

 

Dan ada beberapa lagi yang saya tidak ingat pasti.

 

Rescue/Merawat Bayi Kucing

Berikut adalah sharing dari salah satu rekan yang cat lover jika menyelamatkan bayi kucing yang masih menyusu pada induknya, namun induknya tidak bisa menyusui:

Share ulang buaat saya sendiri jg…yg sering bangeet nemu bayi2 Bila menemukan bayi kucing tanpa indukan :

1. Jangan dikasih susu GROWSSY atau susu kucing apa pun yg harga 5000 ya, karena bakalan mencret. Bayi kucing kalo sudah mencret susah benerinnya..

2. Alternatif susu:
a. Susu kucing Royal Canin
b. Susu kucing PetAg
c. Susu kucing Top Growth
d. Susu manusia SGM LLM
e. Susu manusia Bear Brand

3. Kalo sudah cocok susunya (pup tidak mencret), jangan diganti ya susunya

4. Kasih alas kain yg tebal supaya hangat.

5. Kalo ada boneka atau karpet berbulu untuk pengganti bulu induk.

6. Menyusui posisi kaki bayi di bawah ya (tengkurap), jangan posisi kaki di atas (telentang), utk mencegah tersedak.

7. Kalo memberikan susu pake spet (suntikan 1 ml), spetkan dari arah samping mulut ya, bukan dari arah depan.

8. Upayakan suhu tubuh bayi tetap hangat.

9. Sediakan Pedialyte (oralit utk bayi) di rumah. Kalo bayi MULAI mencret, bisa spetkan pedialyte 2-3 ml.

10. Kalau mencret semakin parah, segera bawa ke dokter hewan.

11. Masukkan botol aqua yg sudah di isi air hangat dan di bungkus kain tipis, utk di letakkan dekat si bayi kucing, supaya mereka tidak kedinginan atau bisa juga di kasih lampu (supaya tidak kedinginan)

12. Setelah kenyang minum susu, usap2 bokong bayi kucingnya dgn kapas yg telah di rendam air hangat, utk merangsang mereka pipis dan BAB (sebagai pengganti jilatan induk nya)

 

Dari FB Komunitas Pencinta Kucing:

JENIS OBAT & VITAMIN UNTUK KUCING

OBAT MENCRET & DIARE
1. New Diatab : Membantu memperbaiki/mengeraskan Feses
2. Neo Asta (Pectin & Kaolin) : Melapisi dinding usus
3. Buscopam 10 mg : Memperlambat gerak peristaltik usus
4. Fenbendazole (Panacur / Safe-Guard)
Obat yang ampuh untuk menyembuhkan kasus diare pada kucing yang disebabkan oleh parasit (Giardia). Panacur aman digunakan untuk kitten minimal umur 6 minggu.
Dosis : 50mg/kg setiap hari terus menerus sampai dengan 3 hari.

Nb : Untuk mengatasi Dehidrasi pada Kucing karena Diare Gunakan Oralit, Pocari Sweat, Pedialyte

OBAT FLU
1. Sakamycetin Sirup
Dosis Kitten : 2 x 0.5 cc (Selang 6-8 Jam)
Dosis Dewasa : 2 x 1 cc (Selang 6-8 Jam)
2. Intramycetin Sirup
Dosis Kitten : 2 x 0.5 cc (Selang 6-8 Jam)
Dosis Dewasa : 2 x 1 cc (Selang 6-8 Jam)

OBAT MUNTAH
1. Vornipam
2. Pepcid Ac (Farmotidine)
Nb : Kedua Obat itu untuk mengurangi Asam Lambung
Dosis : 1/4 Untuk Kitten, 1/2 Untuk Dewasa

OBAT LUKA
1. Chloramfecort-H (Chloramfenicol 20mg)
2. Kalimicetin (Chloramfenicol 20mg)

OBAT CACING
1. Combantrin
a. Tablet
Dosis1/4 Kitten, 1/2 Dewasa
b. Sirup Vanila
Dosis Kitten 0.25 cc (1-3x Sebulan)
Dosis Kitten 0.5 cc (1-3x Sebulan)
c. Sirup Lemon
Dosis Kitten 0.5 cc (1-3x Sebulan)
Dosis Kitten 1 cc (1-3x Sebulan)

NB : Combantrin Sirup 1 cc untuk 2.5 Kg

2. Drontal Cat/Drontal Plus Tablet
Dosis : Diberikan 2-3x dengan selang waktu 3-4 Minggu

NB : 1 Tablet untuk 4 Kg

3. Erliworm Tablet/Liquid
Dosis : Disesuaikan dengan Anjuran Dokter

4. Vermox Tablet
Dosis : 10-60 mg per Kg (Normalnya 30 mg)

OBAT ANTIBIOTIK
1. Amoxicilin
Untuk mengatasi Pneumonia, Infeksi Saluran Kandung Kemih, Infeksi mulut, Infeksi parasit seperti Tungau dan Ringworms pada Kucing, Infeksi Tulang karena Patah, Infeksi karena Luka Lama atau Baru
Dosis : 10-20 mg per kg berat badan kucing (2x Sehari dengan selang waktu 12 Jam)

2. Ottoprim
Untuk mengatasi diare krn parasit, infeksi saluran kencing, pneumonia, dll
Dosis : 25 mg per kg berat badan kucing (1x Sehari)

3. Dosis Flagyl (Metronidazole)
Untuk mencegah infeksi sekunder yang terjadi akibat perlukaan pada pencernaan seperti Diare yang disebabkan bakteri Anaerob, Infeksi biasanya disebabkan Cacing
Dosis : 10-60 mg per kg berat badan kucing, Normalnya 30 mg/kg (2 x Sehari)

4. Albon (Sulfadimethoxine)
Untuk pengobatan infeksi bakterial coccidia yg mengakibatkan masalah Pencernaan Kucing (coccidiosis).
Dosis : 55mg/kg berat badan kucing di hari pertama, & setelah selang 24 jam kemudian dosisnya diturunkan jadi 27.5mg/kg.

5. Cephalexin/Cefadroxil (Keflex, Cefa-Drops, Cefa-Tabs)
Salah satu jenis antibiotik yang aman untuk binatang (bahkan untuk kucing hamil & menyusui), dan merupakan antibiotik dengan spectrum yang luas untuk pengobatan Infeksi Saluran Pencernaan, Infeksi Reproduksi, Infeksi karena Luka.
Dosis : 22mg/kg setiap per hari

6. Gentocin Eye Drops
Digunakan untuk pengobatan infeksi bakteri pada mata maupun telinga.
Dosis : 1-2 tetes pada mata/telinga (3-4 kali sehari)

Nb : Kelebihan Dosis antibiotik dapat membuat Kucing Demam, Susah Tidur, Nyeri Perut, dan yang terparah Anemia, Kerusakan Ginjal dan Hati. (Untuk mencegahnya lebih baik Konsultasi ke Dokter Hewan/Vet terlebih dulu)

VITAMIN
1. Nutriplus Gel
2. Vitagel
3. Curcuma Plus
Untuk menambah nafsu makan
Dosis :
Kucing Dewasa : 1 cc perhari
Kitten : 0 5 cc perhari
4. Stimuno
Untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh
Dosis : 0.5 CC perhari utk kucing dewasa. Tingkatkan dosis apabila sudah terbiasa dan tidak mencret.
5. Curcuma Plus Imuns
Gabungan dari Curcuma plus dan Stimuno
Dosis :
Dewasa : 1cc perhari
Kitten : 0.5 cc perhari
6. Cyproheptadine (Periactin)
Adalah antihistamine yang digunakan pada kasus alergi atau asma pada manusia, akan tetapi untuk kucing ternyata mempunyai pengaruh yang bagus sebagai penambah nafsu makan (appetite simultant)
Dosis :
Dewasa : 1-4 mg/kg (1-2x sehari)
Kitten : 0.35 – 1 mg/kg 1-2x sehari)
7. Vitamin B12
Untuk menstimulasi nafsu makan, memperbaiki pergantian energi, & memperbaiki pencernaan makanan. Kelebihan dosis vitamin ini tidaklah berbahaya dan akan dibuang melalui urine
8. Vitamin E
Untuk penambah stamina dan nafsu Makan pada Kucing Jantan
Untuk mempercepat masa birahi dan tahan lama untuk Kucing Betina

OBAT SAKIT MATA
1. Erlamycetin
2. Cendo Penicol
3. Salep Mata Kemycetin
4. Salep Mata Terramycin
5. Gentamicin
6. Garamicin
7. Tera Cotril (khusus penyakit mata Clamedia)

OBAT KUTU, GATAL, JAMUR
1. Sabun Dermasep (15% Sulfur)
2. Shampo Machicko Flea & Thick
3. Suntikan Ivermectin
4. Suntikan Doramectin
5. Salep Dermaral
6. Salep Bonti
7. Amitras
8. Bedak Doris
9. Chyper Killer
10. Ketoconazole / Nizoral (Janssen)
11. Sporonox (Itraconazole)
12. Obat Herbal (Daun Sirih)

OBAT UNTUK KUCING HAMIL & MENYUSUI
Oxytocin
Untuk membantu mempermudah kontraksi pd kucing yg akan melahirkan / menstimulasi produksi susu.
Dosis :
Untuk menstimulasi kontraksi uterine: 2.5 – 5 Units IM atau IV
Untuk menstimulasi produksi susu: 1-3 units IM
Untuk membersihkan plasenta yang tertinggal: 0.5 – 3 units

Iklan
By hariiniadalahhadiah Posted in Love

2 comments on “Kucing yang Pernah Singgah

  1. Luar biasa bu kisahnya, ketika membaca artikel ini saya jadi ingat kucing kucing saya yang singgah ke rumah kami, anehnya setiap ada kucing yang meninggal atau pergi pasti selalu datang kucing baru lainnya yang lucu lucu πŸ™‚ mungkin Tuhan tau kita orang baik ya bu hehehe

    • Iya memang sering begitu, pergi satu datang satu. Beberapa cat lover juga cerita hal yang sama. Semoga saja mereka nanti jadi saksi kita ya di akhirat atas segala khilaf dan ketidaktahuan kita di dunia, sehingga bisa mendapat ridho dan ampunanNya. Aamiin YRA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s