Kunci Inggris dan Kunci Pas

Bismillahirrahmanirrahim….

Pas perlu nyari-nyari kunci inggris ukuran seberapa yang dibutuhkan, seperti biasa cari ke internet, namun ternyata tidak menemukan yang bahas ukuran kunci inggris 😀 . Maka di tulisan ini saya ingin berbagi ukuran dari kunci inggris dan kunci pas agar bagi newbie kunci inggris dan kunci pas kalau mau beli bisa tahu mau ukuran berapa.

Saya akhirnya punya 2 kunci inggris yang kecil saya taruh di motor, yang besar saya beli karena perlu untuk memperbaiki saluran air toilet untuk kotak airnya.

Saluran air kotak air toilet

Saluran air kotak air toilet

Ini sudah mending dibanding tadinya kebelit-belit mluntir mluntir hasil karya tukangnya waktu bangun rumah 😀 . Ini hasil perbaikan tukang dadakan yang menambah life skill-nya. Lumayan, basah kuyub karena toren air alirannya tidak ditutup 😀 . Ini hampir tidak pernah diporstek atau sejenisnya… jadi ya begitulah penampakannya. Alhamdulillah tambah ilmu pertukangan hehe. Baut saluran air ini tidak bisa menggunakan kunci inggris ukuran 6″ (inchi) (berarti diameter baut lebih besar dari 20mm atau 2 cm) jadi saya membeli kunci inggris ukuran 10″ (inchi).

Kunci inggris saya ada 2 buah, ukuran 6″ (inchi) dan 10″ (inchi) makna dari ukuran ini adalah sebagai berikut:

  • ukuran 6″ (inchi) memiliki panjang kunci inggris dari ujung atas sampai ujung gagang adalah 150 mm atau 15 cm dengan maksimal mulut membuka sebesar 20mm atau 2 cm sebagai diameter baut yang akan ditarik putar.
  • ukuran 10″ (inchi) memiliki panjang kunci inggris dari ujung atas sampai ujung gagang adalah 250 mm atau 25 cm dengan maksimal mulut membuka sebesar 30mm atau 3 cm sebagai diameter baut yang akan ditarik putar.
  • ada lagi ukuran lainnya yaitu 8″ (inchi), 12″ (inchi), dan 15″ (inchi), panjangnya cukup dikalikan dengan 25mm atau 2.5 cm dan penambahan maksimal mulut yang membuka sebesar 2.5mm setiap naik satu ukuran (satu inchi).

Berikut adalah penampakan kunci inggris yang saya miliki:

Kunci Inggris ukuran 6" dan 10" dibandingkan lantai ukuran 30 cm

Kunci Inggris ukuran 6″ dan 10″ dibandingkan lantai ukuran 30 cm

 

Berikut adalah bukaan kunci inggris 6″ (inchi) dalam ukurannya maksimal 2 cm diameter ukuran baut (perhatikan tanda panah kecil dan garis-garis ukuran).

 

Kepala kunci inggris ukuran 6 inchi

Kepala kunci inggris ukuran 6 inchi

Berikut adalah bukaan kunci inggris 8″ (inchi) dalam ukurannya maksimal 3 cm diameter ukuran baut (perhatikan tanda panah kecil dan garis-garis ukuran).

Kepala kunci inggris ukuran 8 inchi

Kepala kunci inggris ukuran 10 inchi

Berikut bukaan mulut dari kedua kunci inggris (ukuran 6 inchi dan 10 inchi):

Bukaan mulut kunci inggris ukuran 6 inchi dan 8 inchi

Bukaan mulut kunci inggris ukuran 6 inchi dan 10 inchi

Nah, sekarang bahas kunci pas 😀 . Kunci pas adalah kunci untuk baut dengan ukuran yang sudah tetap, tidak bisa diubah-ubah lagi. Makanya dibilang kunci pas. Berikut adalah gambar dari kunci pas.

Kunci pas berbagai ukuran

Kunci pas berbagai ukuran

Makna angka di kunci pas adalah untuk ukuran baut yang akan diulir dengan kunci pas, misalnya angkanya 22 maka diameter baut yang bisa diulir adalah 22mm atau 2.2 cm.  Jika angkanya 17 maka diameter baut yang diulir adalah 17mm atau 1.7 cm. Lalu di gambar di atas ada yang bulat ujungnya, itu sering disebut dengan kunci ulir. Ukuran angka di kunci ulir sama maknanya dengan di kunci pas.

Berikut jika kunci pas dibandingkan dengan kunci inggris dengan bukaan mulut ukuran sama. Di gambar ini bukaan kunci inggris sebesar 20mm atau 2 cm dengan kunci pas dengan ukuran 20.

Kunci Inggris vs Kunci Pas

Kunci Inggris vs Kunci Pas

Semoga ada manfaat di tulisan saya kali ini hehe… jika ada manfaat datangnya dari Tuhan, jika ada kesalahan datangnya dari saya. Semoga bermanfaat 🙂

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s