Memperbaiki Bak Mandi Fiber Bocor atau Merembes

Bismillahirrahmanirrahim….

Hal biasa jika rumah ditinggali dan kemudian timbul kendala-kendala, salah satunya adalah jika bak mandi dari fiber dan mengalami bocor atau merembes…. eitsss tunggu dulu… dunia belum kiamat… justru ini adalah tantangan untuk menguji life skill kita sebagai manusia yang berpikir hehe πŸ˜€ dan ya… apapun di dunia ini fana, jadi mesti siap menghadapi kendala-kendala. Jadi tidak perlulah puyeng berkelanjutan. Kalau diganti baru atau diganti pakai bak mandi dari semen atau tegel kan butuh duit saudara-saudara hehe… dan sayang juga dibuang, paling bocornya seuprit… untuk bak mandi fiber baru itu harganya sekitar Rp. 500 ribuan sampai Rp. 600 ribuan, belum biaya tukang, semen dan lainnya…. tertantang bukan untuk memperbaiki πŸ˜€ …. kalau tinggal beli baru mah udah biasa, namun orang yang bisa bertahan memperbaiki kan lebih jarang ya…. (lari itu lebih mudah dibanding menghadapi bukan…#halah)

 

Bak mandi fiber

Bak mandi fiber

Pas awal air berkurang secara sendirinya…. maka berpikirlah ini diapain hehe πŸ˜€ …. trus kepikiran cat aquaproof, dan saya cobalah mengecat dalaman bak mandi dengan aquaproof. Harga cat aquaproof ini sekilo sekitar Rp. 50 ribuan sampai Rp. 60 ribuan. Saya mengecat dua kali, ketika cat pertama kering lalu dicat lagi.

Cat aquaproof warna putih

Cat aquaproof warna putih

Lalu setelah kering saya coba isi air. Ternyata karena aquaproof ini fungsinya untuk cat tembok yang tidak terendam air, maka mengelupaslah catnya setelah sekitar seminggu pemakaian bak mandi….. weleh… ya iyalah hehe πŸ˜€ . Gak papalah…. ilmu baru bukan… pembelajaran….

Berikutnya teringat kalau pas kapan dulu Bapak tukang yang bangun rumah cerita tentang cat kolam. Maka pergilah ke toko bangunan beli cat kolam, kebetulan adanya yang di gambar bawah ini, harga lupa, sekitar Rp. 60 ribuan sampai Rp. 70 ribuan.

 

Cat kolam

Cat kolam warna putih

Ketika cat kolam dibuka, warnanya biru di bagian atas, maka cat perlu diaduk hingga warnanya menjadi putih. Bisa diaduk dengan kayu atau apapun untuk mengaduk, mesti benda keras, karena lumayan mengaduknya, terutama pas awal beli. Hikmahnya bisa sedikit melatih otot lengan hehe πŸ˜€ … selalu ada hikmah (ilmu dan kebijaksanaan) bukan dari setiap kejadian (manusia pemburu hikmah πŸ˜€ ).

Cara pengecatannya adalah sebagai berikut:

  1. Bak mandi fiber harus dikeringkan hingga benar-benar kering. Saya keringkan air, kemudian saya biarkan sehari tidak dipakai, airnya diganti ke bak plastik untuk sementara :D, pakai selang air dialirkan dari keran.
  2. Coba amplas halus fiber (kalau saya mengamplas cat aquaproof-nya) dengan amplas yang halus, agar cat nanti menempel dengan baik. Bisa menggunakan amplas ukuran 2000.
    amplas ukuran 2000

    amplas ukuran 2000

    Permukaan amplas ukuran 2000

    Permukaan amplas ukuran 2000

  3. Setelah bak mandi kering, cat dengan cat kolam bagian dalam bak mandi tipis saja sebagai lapis pertama, lalu biarkan kering paling tidak sehari. Karena kamar mandi saya tidak terkena sinar matahari, maka pengeringan mesti lebih lama dibandingkan jika terkena sinar matahari. Pengeringan ini agar cat benar-benar kering, mengingat fungsinya nanti terendam air, maka mesti benar-benar kering.
  4. Setelah lapis pertama kering, cat lagi dengan cat kolam untuk lapis kedua, lebih tebal dari lapis pertama. Biarkan cat mengering sampai seminggu, agar benar-benar kering. Jangan dipakai dulu bak mandinya.
  5. Setelah lapis kedua mengering, cat lagi dengan cat kolam untuk lapis ketiga, dengan tebal. Dan biarkan cat mengering paling tidak 1.5 minggu (karena kamar mandi saya tidak terkena sinar matahari langsung). Jangan dipakai dulu bak mandinya.
  6. Jika sudah kering, siram dengan air permukaan bak mandi yang dicat sambil diusap-usap tangan, karena ada lapisan licin yang mesti dihilangkan. Kemudia keringkan lagi bak mandi paling tidak sehari.
  7. Besoknya sudah bisa coba diisi. Lalu dicoba dipegang dinding bak mandinya, jangan sampai masih ada cat atau cairan licin yang menempel. Jika cat mengelupas atau terkikis, berarti belum kering benar. Bersabar lebih baik dibanding menambah kerusakan bukan πŸ˜€ . Dan inilah penampakan bak mandi setelah dicat.
Bak mandi fiber setelah dicat

Bak mandi fiber setelah dicat dengan cat kolam

Jadi tidak perlu ganti baru, murah meriah, dan life skill bertambah hehe… hidup ini indah bukan πŸ˜€ … kalau bisa simpel kenapa mesti berpikir yang puyeng berkelanjutan. Ini bak mandi sudah sekitar 2 mingguan saya pakai… dan baik-baik saja.

Jika ada manfaatnya itu datangnya dari Tuhan, jika ada salahnya itu datangnya dari saya. Semoga ada manfaatnya.

Iklan

9 comments on “Memperbaiki Bak Mandi Fiber Bocor atau Merembes

  1. ini bocor atau merembes pak ya?
    kalau yang bocor parah bisa pake serat fiber plus lemnya, sepertinya ada di toko bangunan. Kalo yang ini lebih kuat dan cepat kering, misalnya buat tandon air yang bocor. πŸ™‚

    • Itu jika tahu bocornya dimana, ini bak mandinya merembes dan tidak tahu bocornya dimana hehe… jadi di cat kolam saja.

    • Gambar awal sebelum d cat kolam kok gak d perlihatkan pak, . Kebetulan saya beberapa hari kemaren baru ngerjain penembelan bak filter ikan koi pak, saya coba pakek bahan mett, resin,katalis. Dan saya coba tambahin pewarna resin warna merah , biar josss heehee,, karena fabrikasi nya d lantai bawah,saya kesulitan untuk mengeringkan pak, dlm waktu dekat ini saya mau coba cek hasil e pak…. Semoga ae kering dan mau menempel..aminnnn

  2. Gambar awal sebelum d cat kolam kok gak d perlihatkan pak, . Kebetulan saya beberapa hari kemaren baru ngerjain penembelan bak filter ikan koi pak, saya coba pakek bahan mett, resin,katalis. Dan saya coba tambahin pewarna resin warna merah , biar josss heehee,, karena fabrikasi nya d lantai bawah,saya kesulitan untuk mengeringkan pak, dlm waktu dekat ini saya mau coba cek hasil e pak…. Semoga ae kering dan mau menempel..aminnnn

    • aamiin. Tadinya tak bermaksud ditulis di blog. Tapi karena ada kegagalan pas pakai aquaproof, jadinya ingin sharing πŸ˜€ . Terima kasih sharing-nya.

    • saya pakai yang 1 kg tidak habis, karena bak nya kecil. perlu waktu pengeringan panjang karena kamar mandinya tidak ada cahaya matahari langsung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s