Jawaban dari Masukan, Saran, dan Kritik Mahasiswa Semester Genap 2013/2014

Dari masukan, saran, dan kritik mahasiswa di PBM UPI. Saya akan mencoba menjawabnya semua sebagai tanda penghargaan saya atas kepedulian mahasiswa. Untuk semester genap tahun ajaran 2013/2014 ini saya mengampu mata kuliah: Algoritma dan Pemrograman I, Struktur Data, dan Basis Data. Saya mendapat skor 7.63 dari maksimal skor 9. Semoga jawaban saya berkenan di hati. Aamiin ya Allah. (Ada 195 masukan, saran, dan kritik) Terima kasih.

 

Apa kata mahasiswa ?
Friday, 20 June 2014 16:03:35
Terkadang kelas terasa monoton. Mungkin bisa lebih variatif lagi
Friday, 20 June 2014 16:05:53
Sudah cukup baik. Bisa lebih variatif lagi dalalm menyampaikan materi agar lebih mudah dipahami 

Terima kasih sarannya, btw in the way busway, mohon diberi masukan juga solusinya seperti apa, variatif seperti apa? Kalau mau, bantu saya membuat game untuk mempelajari pemrograman šŸ˜€ (cita cita sejak tahun kapan, tapi gak ada mahasiswa yang mau bantuin)

Friday, 20 June 2014 16:09:58
Terimakasih šŸ™‚
Friday, 20 June 2014 16:32:34
senang denang materinya
Friday, 20 June 2014 16:47:59
bu, aku akan mencoba terus S.A.B.A.R ;0
Friday, 20 June 2014 16:49:44
šŸ™‚ 

Alhamdulillah. Semoga ilmu di mata kuliah ini bermanfaat dan berkah untuk masa depan Anda semua. Aamiin ya Allah.

Friday, 20 June 2014 17:36:17
Mohon jangan posisikan diri anda sama dgn mahasiswa. Krna pemahman anda dgn mhasiswa berbeda dan pemahaman mhsiswa tdk semuanya sama. Anda tak harus memperhatikn hanya cukup sadari posisi mhasiswa yg pmahaman ny rendah. 

Tidak mungkin saya memposisikan diri sebagai mahasiswa, jika saya memposisikan diri sebagai mahasiswa yang saya samakan dengan kemampuan saya tidak mungkin saya mengajar tahap demi tahap. Langsung saja disuruh membuat aplikasi :D. Karena kemampuan saya sudah segitu. Tidak bukan :).

Ā 

Sebaiknya tidak merendahkan diri sendiri. Jika kita merasa tidak memiliki kepandaian seperti orang lain, maka kita membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk belajar. Coba direnungkan, mana mungkin pemahaman bisa dicapai dengan hanya 100 menit di kelas. Pasti diperlukan waktu belajar diluar kelas. Sebagian besar teman-teman Anda survive. Dan Allah tidak menciptakan sesuatu itu dengan buruk. Musuh terbesar dari kehidupan adalah diri sendiri. Saat ini status Anda adalah mahasiswa, dimana ada kata “maha” didepan kata “siswa” yang artinya lebih di banding siswa SMA, dimana mahasiswa itu adalah siswa yang mulai belajar dewasa dan bertanggung jawab. Mari tanyakan pada diri, sudah berapakah soal di cspc yang Anda kerjakan untuk latihan? Sudah berapa kalikah Anda meminta responsi kepada asisten? Berapa jamkah waktu Anda sediakan untuk belajar latihan soal soal pemrograman setiap harinya? Dan berapa kalikah Anda bertanya tentang bagaimana menyelesaikan soal di pemrograman saat belajar (bukan saat evaluasi) dan mengalami mentok? Jika Anda sudah melakukan semua itu dan masih belum baik nilai yang Anda dapat. Maka mohon maaf, memang salah saya karena belum mampu membimbing Anda dengan baik. Saya akan terus memperbaiki diri :).

Friday, 20 June 2014 17:59:46
tingkatkan cara mengajar ,karena jika anda mengajar kadang kurang dipahami 

Setiap saya mengajar, saya selalu bertanya “apakah ada pertanyaan?” jika tidak paham, maka yang dibutuhkan adalah jawaban bukan, bagaimana jawaban bisa didapat jika Anda tidak bertanya :). Seperti yang saya sering bilang di kelas, mohon maaf saya bukan cenayang :D, saya tidak bisa tahu hati dan pikiran Anda :). Maka jika tidak paham, bertanyalah.

Friday, 20 June 2014 18:08:22
tingkatkan cara mengajar nya 

Siap :). Nah pertanyaannya, mohon saya diberi pencerahan, apa yang saja yang perlu ditingkatkan? :), saya tidak bisa membaca pikiran Anda, jadi mohon setelah ini diberikan penjelasan bagian mana saja yang perlu ditingkatkan, dan bagaimana caranya.

Friday, 20 June 2014 18:33:28
materinya sih rame, dosennya juga baik, tapi pas CSPC itu loh…. kayak dengerin lagunya geisha “lumpuhkan lah ingatanku”. tapi kalau dari semua aspek yang ada mata kuliah ini paling bagus dan menyenangkan walaupun menyeramkan.. šŸ˜€ 

CSPC itu melatih kita untuk berkompetisi. Lulusan Ilmu Komputer ditargetkan untuk kebutuhan industri yang persaingannya cukup ketat. Apalagi di akhir 2015 akan banyak pekerja asing masuk Indonesia dengan bebas. Maka persaingan akan sangat tinggi. Itu lebih menyeramkan bukan :D…. karena dunia nyata sering tida menerima “wrong answer” apalagi “compiler error” :D. Semoga terus bisa bersabar untuk belajar, agar masa depanmu berkah. Aamiin ya Allah.

Friday, 20 June 2014 18:36:03
dosennya baik, kelasnya gak membosankan, tapi praktikum nya bikin malas, karena materi yang disampaikan kurang sinkron dengan materi yang ada di kelas 

Sebenarnya kami tim pemrograman sering sekali melakukan koordinasi. Asisten juga sebenarnya masih tahap belajar. Sebaiknya jika ada yang tidak berkenan disampaikan saja ke asisten atau saya. Mohon pengertiannya karena kami bukan cenayang yang bisa membaca isi hati atau pikiran Anda jika tidak dikatakan :D.

Friday, 20 June 2014 20:52:41
Perkuliahan ini baik, namun cukup sulit. 

Benar, mata kuliah ini memang menurut saya cukup sulit, namun orang bisa dikatakan hebat karena bisa melewati hal yang sulit sulit bukan :D. Jika orang yang bisa melewati yang gampang gampang itu tidak hebat karena sebagian besar orang bisa. Semoga dengan usaha kerasmu melewati yang sulit, masa depanmu akan semakin cerah dan berkah. Aamiin ya Allah.

Friday, 20 June 2014 20:57:16
tidak ada
Friday, 20 June 2014 21:49:02
pada mata kuliah ini saya akui bagus dan terstruktur baik, tetapi saya ingin mengomentari untuk asisten dosennya, asisten dosennya kurang komunikatif dan kurang efisien dalam memberikan pengajaran terhadap mahasiswa, materi yang disampaikan ibu cukup baik namun untuk asdosnya sangat kurang dikarenakan kurang dalam penyampaiannya, untuk evaluasinya tolong untuk kedepannya ibu harap dalam memilih asdos jangan hanya bisa skill dalam mata kuliah ini tapi sangat kurang dalam penyampaian, tolong pilih orang yg sekiranya pas2an tapi bisa menyampaikan di depan mahasiswa, memang asdos juga manusia tetapi tolong bisa selektif untuk memilih asdos kedepannya, mungkin perbaikan juga untuk asdos yang saya sdg diajar oleh mereka tolong dalam penyampaian materi jangan terlalu cepat lebih baik pelan2 sehingga semuanya bisa ngerti, mungkin segini dari saya dan terimakasih šŸ™‚ 

Saya punya pengalaman, saya memilih asdos yang kemampuannya menengah. Namun ternyata ketika kemampuannya menengah pengendalian dirinya kurang stabil. Pada sebuah mata kuliah pemrograman nilainya sampai menjadi E dan akhirnya diganti di pertengahan masa kerja sebagai asdos. Dari pengalaman itu. Akhirnya saya memilih yang memiliki skill dan asdos adalah mekanisme pengembangan diri mereka. Setiap angkatan asdos pemrograman memang karakternya berbeda-beda. Mohon jika ada yang tidak pas disampaikan saja. Dan mohon diberikan pencerahan sekaligus harus seperti apa. Agar ada solusi juga untuk memperbaiki. Sehingga asdos dan praktikan sama sama berkembang. Hatur nuhun.

Friday, 20 June 2014 22:09:44
Terimakasih Bu! 

Sama sama, semoga masa depanmu berkah ya. Aamiin ya Allah.

Friday, 20 June 2014 23:01:02
mengerjakan tugas bareng bareng sampe menyelesaikan bareng, secara tidak langsung coding sama. 

Sebenarnya evaluasi itu dimaksudkan untuk menguji apakah logika yang sudah diasah di dalam waktu belajar sudah benar-benar terasah sesuai materi. Coba dibaca mengenai teori “code clone detection” disitu disebutkan ciri ciri kode program yang terindikasi copas. Maka sebaiknya ketika evaluasi, dicoba untuk dikerjakan sendiri. Maka sebelum evaluasi, belajar untuk sebanyak mungkin mengerjakan soal soal pemrograman. Agar logika terasah. Untuk apa… bukan untuk saya, tapi untuk masa depan Anda :).

Friday, 20 June 2014 23:40:26
makasih bu 

Sama sama, semoga masa depanmu berkah ya. Aamiin ya Allah.

Saturday, 21 June 2014 00:07:07
T^T
Saturday, 21 June 2014 03:55:51
sudah baik.
Saturday, 21 June 2014 06:01:52
sudah cukup baik 

Alhamdulillah. Semoga ilmu di mata kuliah ini bermanfaat dan berkah untuk masa depan Anda semua. Aamiin ya Allah.

Saturday, 21 June 2014 06:31:35
Semoga bbaik ngsh nilainta tdk pelit 

Mohon maaf jika Anda merasa saya pelit :D. Di dalam kita suci agama saya disebutkan, bersikap adillah dengan usaha yang dilakukan orang lain tanpa melihat darimana berasal dan keturunan siapa. Karena segala perbuatan itu sesungguhnya ada pertanggungjawabannya. Nah itu… itu… itu…. beurat :D….

Ā 

Sebenarnya kalau bersikap adil yang disebutkan di agama itu adalah dengan memberi semua mahasiswa nilai A. Maka akan saya lakukan sejak dari jaman Nabi Nuh :D. Enak bukan tidak perlu evaluasi, membuat soal, ataupun mengoreksi…. namun bukan itu esensi dari belajar dan pendidikan :). Semoga dipahami.

Saturday, 21 June 2014 08:30:39
semoga saya lulus semua mata kuliah pemrograman šŸ™‚ AMIN 

Aamiin. Semoga ilmunya bermanfaat, semoga masa depanmu berkah, dan semoga lulus ujian kesabaran di setiap mata kuliah pemrograman. Aamiin.

Saturday, 21 June 2014 08:35:22
Makasi ibu, no coment and i think so perfect 

Sama sama, Alhamdulillah, semoga masa depanmu berkah ya. Aamiin ya Allah.

Saturday, 21 June 2014 08:55:38
Tingkatkan lagi cara mengajar dan menyampaikan materi di kelas 

Siap :). Nah pertanyaannya, mohon saya diberi pencerahan, apa yang saja yang perlu ditingkatkan? :), saya tidak bisa membaca pikiran Anda, jadi mohon setelah ini diberikan penjelasan bagian mana saja yang perlu ditingkatkan, dan bagaimana caranya.

Saturday, 21 June 2014 09:15:47
bagus bu… 

Alhamdulillah, semoga masa depanmu berkah ya. Aamiin ya Allah.

Saturday, 21 June 2014 09:48:50
Tidak ada
Saturday, 21 June 2014 12:41:19
proses pembelajaran dikemas dengan cukup baik, tetapi kalau bisa pendekatan dengan analogi(logika) dan matematisnya(hitungan) diseimbangkan. karena mungkin beberapa orang bisa menerima hanya dengan perhitungan yang jelas. 

Sebenarnya dalam belajar pemrograman itu ada tahapannya. Maka proses itu mesti diikuti. Jika kita malas saja untuk belajar tahapannya, maka pada tahapan lanjut, kita akan semakin ketinggalan. Maka di kelas tidak mungkin di hari pertama saya langsung menjelaskan mengenai prosedur fungsi :D. Pembahasan soal soal yang sudah cukup kompleks biasanya mulai setelah UTS, dengan maksud agar peserta didik mengasah logikanya secara mandiri. Mahasiswa adalah siswa yang mulai belajar dewasa dan mandiri serta bertanggung jawab dengan pilihan jalan hidupnya. Terima kasih sarannya :).

Saturday, 21 June 2014 12:56:50
sistem pengajarannya bagus, dapat meningkatkan kedisiplinan mahasiswa, pertahankan!
Saturday, 21 June 2014 13:03:09
pertahankan sistem pengajarannya! 

Siap :D, Alhamdulillah, semoga bermanfaat dan masa depanmu berkah. Aamiin ya Allah.

Saturday, 21 June 2014 13:19:39
tidak ada komentar
Saturday, 21 June 2014 13:56:07
alangkah baiknya mahasiswa lebih dibimbing 

Mahasiswa adalah siswa yang mulai belajar dewasa dan mandiri serta bertanggung jawab dengan pilihan jalan hidupnya. Karena setelah lulus sebagai mahasiswa, akan menghadapi dunia nyata yang mandiri. Dan dengan waktu yang cukup terbatas di perkuliahan, maka mahasiswa diharapkan mulai mampu untuk belajar mandiri. Semoga dari banyak pengalaman Anda, maka Anda dapat mengambil pelajaran untuk terus belajar mandiri. Aamiin.

Saturday, 21 June 2014 16:33:48
Baik
Saturday, 21 June 2014 16:45:40
terima kasih atas ilmunya
Saturday, 21 June 2014 18:24:26
terimakasih
Saturday, 21 June 2014 18:39:01
Oke bu
Saturday, 21 June 2014 23:34:25
bagus
Saturday, 21 June 2014 23:50:44
no problem šŸ™‚ 

Alhamdulillah. Terima kasih semua, semoga ilmunya bermanfaat dan masa depanmu semua berkah. Aamiin ya Allah.

Sunday, 22 June 2014 00:00:40
tingkatkan 

Siap :). Nah pertanyaannya, mohon saya diberi pencerahan, apa yang saja yang perlu ditingkatkan? :), saya tidak bisa membaca pikiran Anda, jadi mohon setelah ini diberikan penjelasan bagian mana saja yang perlu ditingkatkan, dan bagaimana caranya.

Sunday, 22 June 2014 02:18:32
Sebaiknya membuat slot latihan tiap pertemuan di cspc dan juga asdosnya bukan hanya yang jago saja tapi yang bisa menyampaikan materinya dengan pandangan mahasiswa baru yang baru mengenal alpro karena kalau dengan pandangan asdosnya kita yang baru mengenal alpro bakal kebingungan dengan materi yang dijelaskan. 

Kasihan juga jadi asdos hehe, niat baik ingin membantu tanpa imbalan, hanya keikhlasan berbagi, tapi ternyata kerjaannya mesti ini itu :D…. yang sabar ya para asdos, Insya Allah semua niat baik dan amal kebaikan dibalas dengan kebaikan yang lebih lebih lagi oleh Allah. Aamiin. :D… masukan akan membuat kita lebih baik. Terima kasih :).

Sunday, 22 June 2014 06:47:41
penilaian sangat objektif sekali 

Alhamdulillah. Saya memang berusaha seobjektif mungkin untuk memenuhi amanah adil sebagai manusia. :). Terima kasih, semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan Anda berkah. Aamiin ya Allah.

Sunday, 22 June 2014 08:05:01
maap bu, gagal lagi untuk yang kesekian kali 

 

:). Setelah ini cobalah untuk berusaha, minimal memahami konsepnya dan bisa membuat program walau sedikit saja. Semua usaha dan kemajuan Insya Allah akan saya hargai, jika Anda memang berkenan untuk berusaha. Semoga semakin baik kedepannya. Aamiin ya Allah.

Sunday, 22 June 2014 08:46:10
šŸ™‚ 

:)… senyum adalah sedekah, semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan Anda berkah. Aamiin ya Allah.

Sunday, 22 June 2014 09:02:02
mantap buk (y) 

Alhamdulillah, semoga ilmunya bermanfaat dan masa depanmu berkah. Aamiin ya Allah.

Sunday, 22 June 2014 09:55:31
Lebih tingkatkan metode penyampaian yang mudah dipahami oleh mahasiswa. 

Siap :). Nah pertanyaannya, mohon saya diberi pencerahan, apa yang saja yang perlu ditingkatkan? :), saya tidak bisa membaca pikiran Anda, jadi mohon setelah ini diberikan penjelasan bagian mana saja yang perlu ditingkatkan, dan bagaimana caranya.

Sunday, 22 June 2014 10:36:24
Struktur Data? mata kuliah paling keren di semester IV šŸ™‚ 

Alhamdulillah. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depanmu semua berkah. Aamiin ya Allah.

Sunday, 22 June 2014 11:07:00
Terima kasih 

Alhamdulillah. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depanmu semua berkah. Aamiin ya Allah.

Sunday, 22 June 2014 11:15:00
lebih sabar šŸ™‚ 

Jika saya tidak berusaha sabar, saya pasti sudah langsung keluar begitu mahasiswanya tidak mengerti šŸ˜€ (hanya untuk yang mau bertanya, karena saya bukan cenayang). Saya akan terus berusaha belajar untuk lebih sabar dan sabar lagi. Karena kata Allah, senjata manusia untuk hidup itu hanya ada dua, yaitu sabar dan syukur :). Semoga kita semua bisa terus berusaha belajar bersabar dan bersyukur. Aamiin.

Sunday, 22 June 2014 11:16:44
tetap disiplin šŸ™‚ 

Siap :). Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depanmu berkah ya. Aamiin ya Allah.

Sunday, 22 June 2014 11:50:12
selalu memberikan pelajaran yang berharga, contohnya memberikan arti kesabaran dalam mengerjakan sesuatu dan selalu berusaha dalam setiap tantangan yang sedang dihadapi walaupun itu gagal dan terus mencobanya lagi. salah satu media pembelajarannya adalah CSPC yang mengajarkan arti tantangan dan kesabaran yang sebenarnya. 

Alhamdulillah. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depanmu semakin berkah.Aamiin ya Allah.

Sunday, 22 June 2014 11:52:36
selalu mengajarkan kesabaran adalah hal yang paling penting dalam perkuliahan 

  1. Karena kata Allah, senjata manusia untuk hidup itu hanya ada dua, yaitu sabar dan syukur :). Semoga kita semua bisa terus berusaha belajar bersabar dan bersyukur. Aamiin.
Sunday, 22 June 2014 12:00:05
keren bu 

Alhamdulillah, semoga ilmunya bermanfaat dan masa depanmu berkah. Aamiin ya Allah.

Sunday, 22 June 2014 13:16:46
Penilaian sangat ketat sehingga sulit membuktikan kebeneran 

Punten, saya kurang ngeh maksudnya :D… kebeneran bagaimana? Ketika penilaian ketat, maka yang keluar adalah nilai yang objektif. Semoga dipahami. Aamiin.

Sunday, 22 June 2014 15:56:48
tinggal dikembangkan lagi bu….
Sunday, 22 June 2014 15:58:46
Lanjutkan Bu šŸ˜€
Sunday, 22 June 2014 16:41:19
proses pembelajaran sangat menarik dan kreatif ,dan menjadi panutan untuk disiplin
Sunday, 22 June 2014 16:57:10
Terima kasih atas ilmu yang ibu berikan , maaf bu kalau saya belum memuaskan ibu šŸ˜¦
Sunday, 22 June 2014 20:06:45
keren banget bu ngajar nya hehe kalau dosen pemrograman nya bukan ibu gatau deh nih gimana bisa ngerti cara nya ngoding hehe. banyakin lagi latihan bu biar makin ngerti, saya lebih suka strukdat ketimbang alpro hahaha
Sunday, 22 June 2014 20:39:02
semoga tetap dijalan Allah. dan lebih mengeri mahasiswa .terimakasih ibuk šŸ™‚
Sunday, 22 June 2014 20:40:11
lanjutkan 

Alhamdulillah. Terima kasih semua. Saya akan terus berusaha lebih baik lagi dan memahami. Sering ternyata memang mahasiswa itu tidak mengerti karena kurang memahami esensi dan manfaat dari mata kuliah pemrograman. Akhirnya memang dibutuhkan sosialisasi. Jika belum memuaskan, berusaha lagi. Sebaiknya tidak berputus asa pada rahmat Allah, Allah pasti memberi yang terbaik untuk kita sesuai dengan usaha yang kita lakukan. Coba belajar lebih giat lagi dan bersilahturahmi jika butuh bertanya saat belajar. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan Anda semua semakin berkah. Aamiin.

Ā 

Terkadang kita butuh bebuat kesalahan, untuk paham benar bahwa itu salah dan kemudian paham benar untuk memperbaikinya :). Itu adalah salah satu fase kehidupan. šŸ™‚

Sunday, 22 June 2014 20:54:45
dosen diharapkan mengajar lebih baik lagi 

Siap :). Jika ada yang kurang baik, mohon saya diberikan pencerahan di bagian mana dan harus seperti apa. Namun mohon diingat, bahwa sudut pandangnya adalah dari banyak mahasiswa, karena yang belajar di kelas itu banyak mahasiswa, maka seorang dosen tidak dapat fokus pada satu orang saja. Satu orang dosen dibanding dengan sekitar 40 mahasiswa dalam satu kelas dalam waktu yang sangat terbatas. Jika ada solusi bagus yang bisa Anda share, maka saya akan sangat senang untuk mendengarkan dan mengikutinya :).

Sunday, 22 June 2014 20:58:57
thankyou
Sunday, 22 June 2014 21:22:51
Dosen terbaik semester ini menurut saya merupakan Ibu Rosa karena dapat mengajar materi dengan sangat baik dan menyenangkan walau terkadang terbawa suasana dan malah lebih banyak bercerita
Sunday, 22 June 2014 21:24:14
Sama seperti Mata Kuliah Algoritma Pemrograman I, Bu Rosa dapat mengajarkan materi Basis Data ini dengan sangat baik dan menyenangkan
Sunday, 22 June 2014 21:56:01
perkuliahan berjalan dengan baik.
Sunday, 22 June 2014 22:05:13
Semoga bisa menjadi lebih baik lagi.
Sunday, 22 June 2014 22:41:45
tidak ada yang perlu lagi saya komentari,, lanjutkan šŸ™‚
Sunday, 22 June 2014 22:43:00
tidak ada yang perlu lagi saya komentari,, lanjutkan šŸ™‚ 

Alhamdulillah. Terima kasih semua. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan Anda semua berkah. Aamiin ya Allah.

Monday, 23 June 2014 00:18:23
Jangan mempersulit kami bu 

Mohon maaf, jika itu yang Anda rasakan. Karena Demi Allah tidak ada satu niatpun dari saya untuk mempersulit Anda. Semua demi masa depan Anda yang nantinya akan bersaing di dunia industri. Jika skill dan usaha Anda masih sangat kurang, maka masa depan Anda akan sulit bersaing dengan yang lain. Semoga Allah mencerahkan jalan Anda sehingga tidak terasa sempit lagi untuk Anda. Aamiin ya Allah.

Monday, 23 June 2014 02:15:56
semoga bisa lebih baik lagi untk mengajar kedepannya
Monday, 23 June 2014 02:18:24
semoga bisa lebih lagi untuk mengajar kedepannya 

Aamiin. Terima kasih. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan Anda berkah. Aamiin ya Allah.

Monday, 23 June 2014 04:21:25
šŸ™‚ 

:)… senyum adalah sedekah, semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan Anda berkah. Aamiin ya Allah.

Monday, 23 June 2014 06:08:03
i could tell to to everyone who ever do the cheatting proceess
Monday, 23 June 2014 06:09:28
i could tell to to everyone who ever do the cheatting proceess 

Yes I know :). Namun manusia yang terbaik adalah manusia yang menyadari kesalahannya dan tidak mengulanginya :). Jika itu teman-teman Anda maka biarkan itu menjadi urusannya dengan Tuhannya, manusia hanya sebatas mengusahakan, namun tidak mungkin sekuat Tuhan dalam mengadili. Karena hanya Tuhan lah yang maha Adil seadil-adilnya. :). Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depanmu berkah. Aamiin ya Allah.

Monday, 23 June 2014 07:48:25
Semangat bu, lebih sering lagi memberikan cerita-cerita yang memotivasi. šŸ™‚
Monday, 23 June 2014 07:49:43
Sudah bagus bu, nyaman belajar dengan ibu. Pertahankan bu
Monday, 23 June 2014 07:56:41
terima kasih bu
Monday, 23 June 2014 07:58:04
terima kasih bu
Monday, 23 June 2014 07:58:37
šŸ™‚
Monday, 23 June 2014 08:01:04
šŸ™‚
Monday, 23 June 2014 09:16:35
Good
Monday, 23 June 2014 11:37:18
semoga semakin lebih baik lagi dalam pengajarannya
Monday, 23 June 2014 11:51:36
terimakasih ilmu dan kesabaran nya bu,semoga saya mencintai plajran alpro kedepanny aamiin
Monday, 23 June 2014 12:07:50
pelajarannya sulit..berusaha menyukai dengan segala kekurangan dan keterbatasan..
Monday, 23 June 2014 13:27:57
terima kasih bu, no comment…
Monday, 23 June 2014 14:51:46
Sudah bagus, mohon dipertahankan atau ditingkatkan.
Monday, 23 June 2014 15:04:00
mata kuliah ini sangat terbuka jadi mahasiswa tau dimana kemampuannya
Monday, 23 June 2014 15:13:29
Semangat bu ngajarnya. šŸ™‚
Monday, 23 June 2014 15:16:34
THE BEST
Monday, 23 June 2014 17:00:49
baik
Monday, 23 June 2014 17:10:54
super
Monday, 23 June 2014 18:08:33
Baik šŸ™‚ 

 

 

Alhamdulillah. Terima kasih semua. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan kalian berkah. Aamiin ya Allah. Dan Allah senantiasa memberikan pencerahan dan hasil terbaik dari perjuangan kalian. Aamiin.

Monday, 23 June 2014 18:54:31
assalamualaikum ini evaluasi untuk ibu dan saya harap ini akan menjadi bahan pertimbangan untuk pengajaran untuk tahun tahun kedepan nya,dalam pengajaran nya kurang jelas karena terlalu cepat untuk materi nya bukan terlalu cepat pembicaraan nya ataupun kurang jelas penyampaian materi tetapi untuk materi terlalu cepat dan banyak sekali mahasiswa yang di kelas tidak memahammi nya dan banyak juga yang kurang mengerti bahkan ada yang sampai tidak kuat untuk mata kuliah ini dan beberapa teman saya pun banyak yang ingin pindah jurusan dan bahkan banyak yang sudah pindah universitas,dan salah satu nya karena mereka sudah tidak kuat untuk menerima materi yang cepat dan kita di paksa untuk paham dan bisa ,walaupun saya belum mengerti untuk materi nya ,dan dalam praktikum juga seperti yang di target untuk mencapai materi untuk selanjut nya,padahal saya belum mengerti dan saya harus bisa mengerti dan memahami nya ,yang saya inginkan itu dosen mengajarkan materi nya pelan dan tidak terburu buru dan saya pun dapat sampai mengerti ,untuk latihan pun di setiap pertemuan pun cukup untuk membahas 1 soal yang agak sulit tapi saya dapat memahami dan mengerti untuk mengerjakan soal itu , dan saya harap untuk peraturan dan cara mengajar mata kuliah ini dapat mencontoh bpk,jajang soal nya saya bertanya ke teman saya yang jurusan pilkom hampir kebanyakan dari mereka tidak ada masalah untuk mata kuliah ini,mata kuliah ini cukup sulit untuk saya dan saya berharap untuk di bawa santai dan tidak tegang,dan tidak seperti untuk mengejar target materi,tetapi saya berharap untuk dosen ini untuk mengejar target untuk mahasiswa nya agar mengerti untuk itu kuisioner ini bisa dapat untuk bahan pertimbangan mengajar kedepan nya terimakasih ,maaf apabila kata kata saya ada yang kurang sopan wassalam 

 

Waalaikumsalam. Terima kasih :). Anda sebutkan banyak yang ingin pindah jurusan dan sudah pindah universitas. Bisa tolong Anda sebutkan berapa orang. Karena setahu saya masih lebih banyak yang lulus mata kuliah ini dibandingkan yang tidak lulus. Kata banyak digunakan secara relatif, menurut teori probabilitas, jika sudah melebihi dari 0.5 kemungkinan dari 1 kejadian. Saya kembali tanyakan kepada Anda, apakah sudah memenuhi konsep tersebut? šŸ™‚

Ā 

Saya ingin menceritakan seorang mahasiswi yang saya banggakan. Namanya Gita Marshelina angkatan 2012. Saya tahu dia mengalami hal tidak menyenangkan di awal dia mengambil Alpro. Yang saya lihat saat itu, dia itu orangnya gak tegaan. Lalu dia berteman baik dengan seseorang yang dia anggap teman. Namun ternyata teman itu memakai beberapa hasil pekerjaan TP nya untuk dikumpulkan dengan hanya diganti nama. Tentu saja terindikasi oleh asisten dan saya. Ketika ditanya satu per satu, temannya ini tidak mengaku. Namun ketika dipanggil bareng-bareng, temannya ini mengaku memang mengambil pekerjaan milik Gita. Sebagai konsekuensi, maka nilai mereka di-nolkan. Gita ini mengatakan bahwa dia tidak bisa programming, logikanya lemah. Saya yakin sepulang menerima keputusan nilainya di-nolkan dia menangis di kosan. Teman yang membawa kita ke hal yang tidak baik, bukanlah temah yang baik bukan. Dan Alpro saat itu dia mendapat E. Kemudian dia mengulang sebagai kesempatan kedua. Di kesempatan kedua ini dia mendapat A. Saya bangga sekali padanya. Mengapa, karena saya adalah saksi dari beberapa mahasiswa dan pengalaman saya sendiri bahwa Allah menciptakan manusia itu dengan hebat, dan bahkan sering kita tidak menyangka kehebatan kita sendiri sampai Allah memberikan peristiwa yang membuat kita tersadar bahwa kita hebat. Semua kejadian di dunia ini atas ijin Allah bukan :). Dan sepahit apapun itu, yakinlah bahwa Allah tidak pernah bermain dadu untuk membuat keputusan, dan Allah tahu pasti apa yang terbaik untuk kita, walau kita rasakan itu sangat pahit.

Ā 

Penjelasan berikutnya adalah mengenai kemampuan mahasiswa IT di industri. Anda membandingkan saya dengan Pak Jajang untuk ranah yang berbeda. Pendidikan ilmu komputer target lulusannya adalah sebagai guru SMK yang mengajar siswa SMK. Tentu saja siswa SMK targetnya tidak setinggi mahasiswa S1. Siswa SMK itu yang diajarkan tidak akan setinggi mahasiswa S1 yang targetnya untuk industri. Itulah mengapa pegawai lulusan SMK dari segi pendapatan tidak akan setinggi pendapatan mahasiswa S1 nanti jika lulus. Maka yang diajarkan di SMK adalah benar-benar dasar konsep pemrograman tidak dalam ranah problem solving. Maka Pak Jajang sebagai dosen Alpro di pendidikan akan banyak fokus pada bagaimana wisdom mengajar seorang guru untuk mengajar siswa SMK nantinya. Sedangkan untuk prodi ilmu komputer, lulusannya ditargetkan untuk bersaing langsung di dunia industri. Anda bisa mencoba banyak membaca bagaimana persaingan di dunia industri. Saya dibesarkan di dunia industri sebelum saya memutuskan mengajar di UPI (Saya pernah di bekerja di anak perusahaan korea, dan membuat banyak aplikasi komputer untuk dunia industri, maka saya tahu sekali betapa “kejamnya” dunia industri). Saya di dunia industri sampai saat ini sudah belasan tahun. Di dunia industri, tidak dipermasalahkan Anda bisa mengajar, anda memahami pelan-pelan, atau seperti apa, dunia industri hanya melihat Anda bisa menyelesaikan yang mereka butuhkan atau tidak. Itulah sebagai dasar pertimbangan saya untuk menggunakan metode problem solving untuk mengajar pemrograman. Yang intinya adalah, latihan latihan latihan latihan latihan latihan latihan latihan…….. dan jika mentok bertanyalah pada orang orang baik yang mau membantu Anda.

Ā 

Berikut beberapa artikel untuk menambah wawasan Anda :):

Ā 

http://romisatriawahono.net/2009/04/13/wajibnya-skill-coding-bagi-mahasiswa-computing/

Ā 

http://inet.detik.com/read/2010/01/16/180830/1279897/398/lulusan-ti-banyak-yang-mengecewakan

Ā 

Dan tahun depan persaingan pekerja di dunia industri akan semakin ketat:

Ā 

http://www.republika.co.id/berita/koran/news-update/13/11/13/mw6ash-tenaga-kerja-filipina-bakal-serbu-indonesia

Ā 

Coba direnungkan, untuk apa saya mendidik Anda seperti saat ini dilihat dari sisi saya. Saya mendidik Anda seperti sekarang untuk masa depan Anda. Agar Anda mampu bersaing di dunia industri. Jika Anda membandingkan saya dengan Pak Jajang untuk ranah target lulusan yang berbeda, maka saya akan mencoba membandingkan Anda dengan teman-teman Anda untuk ranah yang sama dan sebagian besar survive di mata kuliah algoritma dan pemrograman 1.

Ā 

Mari bertanya pada diri, sudahkah Anda melakukan yang dilakukan sebagian besar teman-teman Anda. Sudah berapakah soal di cspc yang Anda kerjakan untuk latihan? Sudah berapa kalikah Anda meminta responsi kepada asisten? Berapa jamkah waktu Anda sediakan untuk belajar latihan soal soal Alpro setiap harinya? Dan berapa kalikah Anda bertanya tentang bagaimana menyelesaikan soal di Alpro saat belajar (bukan saat evaluasi) dan mengalami mentok? Jika Anda sudah melakukan semua itu dan masih belum baik nilai yang Anda dapat. Maka mohon maaf, memang salah saya karena belum mampu membimbing Anda dengan baik. Saya akan terus memperbaiki diri :).

Ā 

Anda bisa melihat kurikulum siswa SMK bagaimana programming-nya. Masih dasar dan kasus-kasus dasar. Mohon maaf sekali, jika saya terapkan Alpro dengan fondasi seperti di pilkom dan untuk ilkom yang targetnya adalah industri, maka alumni ilkom akan jauh kalah bersaing.

Ā 

Semua yang terjadi di dunia ini atas ijin Allah. Jika Allah menempatkan Anda di prodi ilmu komputer, itu karena Allah sangat tahu itu terbaik untuk Anda dengan ilmu Allah. Allah tidak pernah bermain dadu dalam membuat semua keputusanNya bukan :). Dan yakinlah, semua usaha kita akan dibayar oleh Allah. Jika saya terus bekerja di dunia industri, dari segi ekonomi saya yakin saya akan mendapat lebih besar (seperti teman-teman saya). Namun ada hal yang ingin saya miliki saat saya mengajar dan berniat mencerahkan masa depan orang lain, yaitu doa-doa orang orang yang masa depannya saya bantu. Karena doa-doa itulah yang akan menolong saya di saat saat tersulit, atas ridho Allah :). Jadi sebenarnya tidak ada untuk sedikitpun keuntungan dari sisi saya, jika saya mengajar Anda dengan standar santai ataupun struggle…. selain demi masa depan Anda.

Ā 

Percayalah, saya tidak marah pada Anda :). Bagi saya Anda mungkin masih kurang memahami saja, bahwa apa yang saya lakukan berniat baik untuk masa depan Anda. Semoga Allah memberikan pencerahan, ilmu dalam kuliah ini bermanfaat, dan masa depan Anda berkah. Aamiin ya Allah.

Monday, 23 June 2014 19:25:47
bagus
Monday, 23 June 2014 19:41:15
sudah bagus pengajarannya bu, cuman dimahasiswanya saja yang kurang latihan
Monday, 23 June 2014 20:20:23
harus tetep semangat belajar sama ibu
Monday, 23 June 2014 21:02:31
saya rasa saya puas
Monday, 23 June 2014 21:05:50
sudah bagus sekali perkuliahannya, lebih di perjelas lagi aturannya agar tidak terjadi salah paham 

Alhamdulillah. Terima kasih semua. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan Anda semua berkah. Aamiin ya Allah. Untuk aturan, sudah saya sampaikan di awal perkuliahan, terutama lebih jelas ketika semua peserta masuk ke dalam grup Alpro di FB. Mungkin masih perlu sosialisasi betapa perlunya membaca peraturan agar tidak salah jalan, seperti logika dalam hidup, betapa perlunya membaca kitab suci agar tidak salah jalan dalam hidup.

Monday, 23 June 2014 21:21:55
soal uts atau uas terkadang lebih sulit dari materi yang telah dipelajari atau diajarkan 

Sebenarnya soal-soal evaluasi itu seringnya adalah gabungan dari soal-soal latihan sebelumnya. Maka sangat penting berlatih mengerjakan soal-soal sebelum menghadapi evaluasi. Semoga setelah ini Anda semua semakin struggle dalam meraih masa depan yang lebih baik. Aamiin.

Monday, 23 June 2014 21:27:06
lanjutkan bu šŸ™‚
Monday, 23 June 2014 21:39:51
lanjutkan bu šŸ™‚
Monday, 23 June 2014 22:21:46
lanjutkan bu šŸ™‚
Monday, 23 June 2014 22:44:06
ok
Monday, 23 June 2014 23:25:28
bijak dalam memberi keputusan dalam pemberian tugas atau lainnya jika ada yang bermasalah
Monday, 23 June 2014 23:29:07
sangat bagus
Monday, 23 June 2014 23:29:41
lanjutkan, bu keren
Monday, 23 June 2014 23:42:39
kuliahanya asik
Tuesday, 24 June 2014 01:01:45
perkuliahannya menarik dan cukup menyenangkan 

Alhamdulillah. Terima kasih semua. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan kalian semua berkah. Aamiin ya Allah. Saya masih terus berusaha belajar tentang ilmu wisdom, dimana ilmu wisdom adalah tuntunan berlaku adil di dalam Al Qur’an dengan melihat usaha dibandingkan asal usul maupun keturunan. Saya akan terus belajar mengenai itu. Mohon maaf jika masih belum baik.

Tuesday, 24 June 2014 01:04:38
dosennya kurang begitu antusias dalam mengajar. sebaiknya mata kuliah apapun yang diampu dosen tetap antusias agar mahasiswa nya lebih semangat mengikuti perkuliahan 

Itulah yang sebenarnya juga diharapkan seorang dosen kepada mahasiswanya :D. Mahasiswa antusias untuk setiap matakuliah apapun matakuliahnya dan siapapun dosennya :D. Jika mahasiswa lebih antusias, Insya Allah dosennya juga lebih semangat :D. Karena kuliah di kelas itu adalah saling memberi dan menerima, dan menjadi tanggung jawab bersama antara dosen dan mahasiswa agar kehidupan kelas dapat mengalir dengan indah. Semoga kita kedepannya lebih baik ya. Aamiin ya Allah.

Tuesday, 24 June 2014 01:13:15
:—)
Tuesday, 24 June 2014 01:51:49
cukup baik šŸ™‚ saran saya untuk penyampaian peraturan yang akan di sepakati sebaiknya di awal perkuliahan saja šŸ™‚ 

Untuk aturan, sudah saya sampaikan di awal perkuliahan, terutama lebih jelas ketika semua peserta masuk ke dalam grup Alpro di FB. Mungkin masih perlu sosialisasi betapa perlunya membaca peraturan agar tidak salah jalan, seperti logika dalam hidup, betapa perlunya membaca kitab suci agar tidak salah jalan dalam hidup.

Tuesday, 24 June 2014 02:52:03
Terima Kasih Kepada Bu Rosa yang telah mengampu mata kuliah Strukdat, yang masih memberikan kesempatan bagi angkatan atas (tua) untuk tetap bisa dan diakomodir kebutuhannya. Mohon maaf di tengah perkuliahan saya tidak melanjutkan kuliah di kelas+praktikum karena adalah masalah pribadi dan masalah lain. di mata kuliah Strukdat selanjutnya Insya Allah saya siap sampai beres bu, Ini pertama kali saya mengikuti mata kuliah strukdat, walau angkatan tua, karena tahun2 yg lalu saya sempat cuti dan skip mengontrak strukdat ;D dan saya tidak ada masalah sedikitpun dengan bu Rosa ataupun asdos praktikumnya, mungkin sedikit saya keteteran dengan sistem tugas yang padat juga tiap minggu ada mesin,praktikum dan TP, dan tidak memiliki kesempatan untuk bisa full mengikuti praktikum. Saran saya ke depannya matkul strukdat ini, tugas praktikumnya dikelompokkan, contohnya TP kelompok List, dan seterusnya, sehingga tiap minggunya tidak mesti ada TP/mesin. Dan sifat praktikum yang kehadirannya dibuat fleksibel, contohnya min 50% kehadiran šŸ™‚ Mohon maaf jika saya banyak kekurangan dan kesalahan aya pribadi, terlebih lagi angkatan saya. Semangat mengajarnya bu Rosa, semoga Ibu tidak bosan mengajar dan bertemu dengan angkatan tua, Tks 

Alhamdulillah. Terima kasih juga. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas sebelumnya bahwa prodi ilmu komputer target lulusannya adalah untuk bersaing di dunia industri. Dan struktur data adalah mata kuliah pemrograman level 3. Maka memang tanggung jawabnya pun akan bertambah sesuai dengan tahapan ilmu yang dikuasai sebelumnya. Kami akan terus berusaha lebih baik lagi setiap tahunnya, dan terus belajar. Semoga kita semua selalu belajar untuk menjadi lebih baik. Aamiin ya Allah.

Tuesday, 24 June 2014 05:25:23
cara mengajarnya bagus, tapi soal nilai kurang baik. 

Ukuran baik itu seperti apa :). Jika ukuran baik semua mahasiswa mendapat A dan Allah ridho dengan hal itu…. maka akan sudah saya lakukan sejak jaman Nabi Nuh :D…. tidak perlu mengoreksi, tidak perlu membuat soal yang benar-benar mampu menguji kemampuan mahasiswa. Jika definisi berlaku adil sebagai tuntunan agama di kitab suci adalah memberi semua mahasiswa nilai A. Maka dengan senang hati akan saya lakukan :D. Sayangnya tuntunannya tidak begitu. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan Anda berkah. Aamiin ya Allah.

Tuesday, 24 June 2014 06:17:49
sudah bagus bu dalam pengajaran basis data nya. ibu sangat tegas dan materi nya sesuai dengan silabus nya.. 

Alhamdulillah. Terima kasih. Terus terang saya masih merasa banyak sekali kekurangan mengajar basis data :D, dan mungkin kalau masih ada dosen lain yang berkenan mengampu, saya tidak akan mengampu lagi basis data hehe :D…. kurang dapat soul-nya :D. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depanmu berkah. Aamiin ya Allah.

Tuesday, 24 June 2014 06:21:41
tolong bu kasih nilai sedikit aja buat yg terindikasi, dilihat dari pengakuannya.. kan kasian apabila sudah ngerjain dari awal sendiri tpi indikasi karena sedikit.. 

 

Selalu ada klarifikasi saat terindikasi, dan tidak selalu akhir dari indikasi di-nolkan, kecuali yang memang benar-benar terbukti upload pekerjaan orang lain. Semoga kita kedepannya lebih baik. Aamiin ya Allah.

Tuesday, 24 June 2014 07:05:24
Good. Saya tekan tab + spasi biar cepat. Overal sebenarnya 8
Tuesday, 24 June 2014 07:06:11
Good. Saya tekan tab + spasi biar cepat. Overal sebenarnya 8 

Alhamdulillah. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan Anda berkah. Aamiin ya Allah.

Tuesday, 24 June 2014 07:16:26
bu tugasnya jangan susah susah yah 

Setiap membuat soal-soal tugas dari saya, saya biasanya banyak mikir, lalu bismillah dulu, agar soal yang saya buat benar-benar dapat menguji kemampuan mahasiswa. Semoga kita kedepannya lebih baik lagi. Aamiin ya Allah.

Tuesday, 24 June 2014 07:30:48
Tidak ada
Tuesday, 24 June 2014 07:31:43
Dikarenakan kami telah bersama ibu sedari alpro satu, saya harap PBO masih dengan ibu agar materi yang kami terima lebih konsisten.
Tuesday, 24 June 2014 07:35:10
pengajran baik
Tuesday, 24 June 2014 07:55:05
sudah bagus
Tuesday, 24 June 2014 08:41:37
alhamdulillah selama saya belajar dengan ibu,saya tidak terlalu sulit dalam memahami materi yang ibu sampaikan. tetapi saya sarankan agar ibu memberikan tugaas/latihan-latihan soal kpda mahasiswa agar mahasiswa lebih mngerti dalam materi kliah yang disampaikan. terima kasih šŸ™‚
Tuesday, 24 June 2014 08:43:06
alhamdulillah selama saya belajar dengan ibu,saya tidak terlalu sulit dalam memahami materi yang ibu sampaikan. tetapi saya sarankan agar ibu memberikan tugaas/latihan-latihan soal kpda mahasiswa agar mahasiswa lebih mngerti dalam materi kliah yang disampaikan. terima kasih šŸ™‚
Tuesday, 24 June 2014 08:44:16
Suara pada saat mengajar tidak terlalu terdrngar jika di belakang
Tuesday, 24 June 2014 08:57:11
perkuliahan sudah terlaksana dengan baik
Tuesday, 24 June 2014 10:03:07
terimakasih bu Rosa telah memberikan kami yang terbaik 

Alhamdulillah. Terima kasih semua. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan Anda semua berkah. Aamiin ya Allah. Tugas saya sudah berikan di perkuliahan untuk alpro 1 agar mahasiswa mau mencobanya di rumah, tapi entahlah sudah dicoba aja atau dicoba banget :D. Untuk strukdat karena materi padat, maka latihan dimaksudkan bisa dilakukan di praktikum. Untuk basis data, saya masih “alay” ngajarnya :D…. jadi mohon dimaklumi, namun saya tetap terus berusaha memperbaiki diri dari ke-“alay”-an :D. Soal suara, biasanya kalau saya lagi puasa… gak mampu euy teriak-teriak :D. Mohon jika masih ada kursi di depan diisi dulu agar suara bisa terdengar. Lalu jika memang ada yang tidak dipahami, mohon ditanyakan…. karena hidayah ilmu itu kan bisa dari siapa saja dan dari kondisi apa saja, jadi mohon diusahakan untuk ditanyakan. Karena saya bukan cenayang yang bisa memahami isi hati dan pikiran Anda tanpa dikatakan. Kemudian secara logika, jawaban akan keluar jika ada pertanyaan…. maka jika tidak ada pertanyaan… sebenarnya kita tidak boleh berharap ada jawaban… kecuali dari cenayang šŸ˜€ atau dari Allah yang maha tahu.

Tuesday, 24 June 2014 10:06:08
terimakasih ibu selalu memberikan beban yang melampaui batas manusia. 

Mohon maaf jika Anda merasa seperti itu. Kenapa saya mengatakan Anda merasa begitu. Karena lebih banyak teman-teman Anda yang mampu melewati satu ujian kesabaran yaitu mata kuliah Algoritma dan Pemrograman atau Struktur Data. Dan tentu saja teman-teman Anda itu manusia bukan :). Mari tanyakan kepada diri, sudah berapakah soal di cspc yang Anda kerjakan untuk latihan? Sudah berapa kalikah Anda meminta responsi kepada asisten? Berapa jamkah waktu Anda sediakan untuk belajar latihan soal soal Alpro setiap harinya? Dan berapa kalikah Anda bertanya tentang bagaimana menyelesaikan soal di Alpro saat belajar (bukan saat evaluasi) dan mengalami mentok? Jika Anda sudah melakukan semua itu dan masih belum baik nilai yang Anda dapat. Maka mohon maaf, memang salah saya karena belum mampu membimbing Anda dengan baik. Saya akan terus memperbaiki diri :).

Tuesday, 24 June 2014 12:02:27
mampu memotivasi
Tuesday, 24 June 2014 12:06:41
mampu memberi mootivasi
Tuesday, 24 June 2014 12:33:57
Lanjutkan Bu..
Tuesday, 24 June 2014 14:34:37
Tidak ada komentar šŸ™‚
Tuesday, 24 June 2014 14:39:09
No comment 

Alhamdulillah. Terima kasih. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan Anda berkah. Aamiin ya Allah.

Tuesday, 24 June 2014 17:15:24
buat ke depannya kayanya bagus bu kalau peserta didik yang mulai keliatan ga masuk dan nilainya kurang mulai dipanggil diajak curhat dari awal,,takutnya ada yang sedang dalam masalah,,dan sedikit atau banyak omongan ibu pasti bisa jadi pemicu semangat buat dia biar ga keteteran ke ujungnya šŸ˜€ 

Sebenarnya mahasiswa adalah fase dari siswa menjadi dewasa agar mampu mandiri di dunia luar nantinya, maka dari itu ada kata “maha” di depan kata “siswa”. Ada mahasiswa yang memang mau curhat, tapi ada yang udah di inbox FB berkali-kali tapi cuman dilihat aja hehe :D. Jadi memang serba salah :D. Terima kasih masukkannya. Nanti saya coba, tapi saya lihat-lihat dulu sama mahasiswanya…. nanti malah dikira saya reseh dan sotoy hehe :D.

Tuesday, 24 June 2014 20:10:54
banyak mahasiswa yang tertinggal dalam mata kuliah ini.. 

Melihat nilai akhir, masih lebih banyak yang lulus dibanding yang tidak. Kata banyak itu dalam teori probabilitas, jika ada lebih dari 0.5 kejadian dari 1 kejadian. Mungkin yang dibutuhkan adalah sosialisasi dari awal tentang bagaimana cara menghadapi mata kuliah ini dan apa manfaatnya untuk masa depan sehingga lebih termotivasi dibandingkan mengeluh dan melarikan diri… karena dimanapun kita hidup, pasti ada masalah bukan :). Semoga akan banyak kakak-kakan kelas seperti Anda yang bersedia membantu adik-adik kelasnya nanti agar menjadi lebih baik dalam menghadapi mata kuliah pemrograman. Aamiin ya Allah.

Tuesday, 24 June 2014 20:12:43
pengalaman Bu Rosa mengajar Basis Data pertama kali di Ilmu Komputer UPI. Belajar bersama-sama. 

Iya, saya mohon maaf, masih banyak “alay-nya” di basis data euy :D.

Tuesday, 24 June 2014 21:25:58
semoga lebih baik lagi dan bisa di mengerti pelajarannya 

Aamiin ya Allah. Terima kasih doanya. Mohon jika tidak mengerti bertanyalah, karena logikanya, jawaban akan ada jika ada pertanyaan yang dikatakan :D. Karena saya bukan cenayang yang bisa menebak isi hati dan pikiran Anda. Semoga kedepannya kita semua lebih baik lagi. Aamiin ya Allah.

Wednesday, 25 June 2014 00:27:43
Metode belajar yang diterapkan sudah cukup bagus, mungkin kritikan saya hanya untuk proses belajarnya terlalu cepat. Mahasiswa kurang mempelajari dasar-dasar materinya. Terimakasih
Wednesday, 25 June 2014 00:30:33
Pembelajaran cuku baiik, namun untuk kuis atau semacam evaluasi nya agak lebih berat dari apa yang dipelajari sebelumnya. Terimakasih.
Wednesday, 25 June 2014 00:36:22
baik
Wednesday, 25 June 2014 00:37:04
baik
Wednesday, 25 June 2014 00:38:34
sudah sangat baik
Wednesday, 25 June 2014 00:43:28
sudah cukup baik
Wednesday, 25 June 2014 00:50:10
sudah baik :), pertahankan
Wednesday, 25 June 2014 01:25:09
terlalu cepat
Wednesday, 25 June 2014 01:25:48
Lanjutkan metode mengajar yang seperti ini, maju terus Bu Rosa !
Wednesday, 25 June 2014 01:27:32
persiapannya saja agak kurang
Wednesday, 25 June 2014 01:29:10
^.^
Wednesday, 25 June 2014 04:27:21
Disiplin sekali
Wednesday, 25 June 2014 04:28:55
Bagus
Wednesday, 25 June 2014 05:32:23
tetap jadi dosen yang rajin dan memotivasi bu šŸ™‚
Wednesday, 25 June 2014 05:37:03
tetap jadi dosen yang rajin dan memotivasi bu šŸ™‚ 

 

Alhamdulillah. Terima kasih semua. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan Anda semua berkah. Aamiin ya Allah. Soal materi, ada dilema yang saya pelajari setelah bertahun-tahun mengajar pemrograman, karena mata kuliah pemrograman yang satu menjadi dasar mata kuliah pemrograman yang lain. Dan mohon maaf, inilah best practise yang saya pelajari dalam mengajar selama bertahun tahun. Mohon maaf jika kurang berkenan, namun secara logika, memang tidak mungkin kita membuat semua orang di dunia suka dengan yang kita kerjakan. Soal kuis dan evaluasi, sebenarnya seringnya adalah gabungan yang telah dipelajari sebelumnya. Maka jika tidak paham saya mohon bertanyalah :).

Wednesday, 25 June 2014 05:51:16
Persiapkan lebih matang lagi untuk materi basis datanya karena terlihat masih belum terlalu siap 

Iyaaaaa, mohon maaf…. saya masih banyak “alay-nya” di Basis Data, karena baru pengalaman pertama mengajar Basis Data.

Wednesday, 25 June 2014 05:54:05
sudah cukup baik (hasil angket tertukar dengan yang algoritma)
Wednesday, 25 June 2014 07:00:20
Menurut saya Ibu Rosa sudah mengajar dengan baik, hanya saja mungkin dalam menerangkan materi perkuliahan, sebaiknya menjelaskan secara lebih rinci, karena mata kuliah ini tergolong mata kuliah yang sulit, kasian pada mahasiswa yang dari dulu belum belajar alpro sama sekali suka kelabakan. terima kasih
Wednesday, 25 June 2014 07:02:45
Menurut saya Ibu Rosa sudah mengajar dengan baik, hanya saja mungkin dalam menerangkan materi perkuliahan, sebaiknya menjelaskan secara lebih rinci, karena perlu pemahaman yang tinggi untuk mata kuliah ini. terima kasih
Wednesday, 25 June 2014 07:14:47
Sudah Cukup 

Alhamdulillah. Terima kasih. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan Anda berkah. Aamiin ya Allah. Terkadang ingin sekali menjelaskan dengan rinci, namung terbatas pada waktu belajar di kampus. Maka dari itu sangat diharapkan mahasiswa mengisi kekurangan waktu belajar di kampus dengan menambah waktu belajar di rumah dengan banyak latihan soal.

Wednesday, 25 June 2014 10:52:34
Mahasiswa takut pada sumpah kepada Tuhan.
Wednesday, 25 June 2014 10:54:15
Mahasiswa takut dengan sumpah kepada Tuhan 

Alhamdulillah. Bersyukurlah, berarti masih ada Tuhan dihatimu :).

Wednesday, 25 June 2014 13:44:52
(y)
Wednesday, 25 June 2014 13:45:51
(y)
Wednesday, 25 June 2014 14:43:03
tingkatkan
Wednesday, 25 June 2014 14:43:42
tingkatkan
Wednesday, 25 June 2014 15:10:52
Sudah cukup baik, apalgi pendidikan akhlaqnya sangat bagus, walaupun masih agak keberatan dengan penerapan sumpah. Terima kasih untuk pendidikannya bu
Wednesday, 25 June 2014 16:19:47
waktu mata kuliah ini kurang kalau hanya 2 sks karna materinya susah.
Wednesday, 25 June 2014 16:22:59
dosen bukan hanya mengajar tetapi juga mendidik, selalu menarik dalam mengajar
Wednesday, 25 June 2014 17:52:44
Terimakasih Ibu
Wednesday, 25 June 2014 19:43:29
UAS nya jangan susah-susah
Wednesday, 25 June 2014 19:44:01
UAS nya jangan susah-susah
Wednesday, 25 June 2014 21:19:57
makasih
Thursday, 26 June 2014 00:05:01
Sabarrrrrrrrrrrrrr…………………Alhamdullilahhhhhhhhh……………..hehee šŸ™‚
Thursday, 26 June 2014 00:25:00
Kegiatan belajar mengajar sudah baik. Dosen sudah dapat menciptakan lingkungan kelas yang kondusif lagi menyenangkan sehingga mahasiswa dapat antusias dalam kegiata belajar mengajar tersebut.
Thursday, 26 June 2014 00:26:15
Sangat baik
Thursday, 26 June 2014 00:31:20
Sangat baik
Thursday, 26 June 2014 01:16:35
tidak ada komentar.
Thursday, 26 June 2014 01:48:33
perlu adanya evaluasi kembali terhadap sistem yang digunakan.
Thursday, 26 June 2014 05:32:14
Terima kasih bu
Thursday, 26 June 2014 05:36:16
Semoga bisa lebih baik lagi
Thursday, 26 June 2014 06:59:04
She is the Best
Thursday, 26 June 2014 07:00:00
Good 

 

Alhamdulillah. Terima kasih semua. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan Anda semua berkah. Aamiin ya Allah. Iya benar, karena waktu kurang, maka sangat diharapkan mahasiswa menambah waktu kekurangan belajar dengan banyak latihan soal di rumah. Mengenai sumpah, jika ada cara lain yang lebih baik dalam mengurangi kecurangan akademik yang tarafnya sudah memprihatikan, mohon saya diberi tahu.Jika memang ada solusi yang lebih baik. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya semua saya lakukan karena saya sudah tidak tahu lagi cara yang lebih baik.

Thursday, 26 June 2014 12:30:22
1. Saya kurang setuju jika ASISTEN DOSEN PRAKTIKUM itu adalah kaka tingkat, ASDOS mahasiswa yang adalah kaka tingkat menurut saya tidak mampu memberikan materi dengan baik, tidak bisa berkomunikasi, ilmunya terbatas dan terkadang ada yang PILIH KASIH . KENAPA tidak menyewa asdos yang jelas-jelas sudah lulus minimal S-1? kenapa harus kaka tingkat? Saya heran, di Universitas lain ASDOS itu rata-rata S-2, tidak ada yang MAHASISWA seperti ini. Saya berharap hal ini bisa diperhatikan. 2. Dosen kurang mampu mengajar dengan baik, mahasiswa terkadang tidak mengerti materi yang diberikan 3. Mata kuliah algoritma itu memang sulit, sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang kreatif, dan efisien. 

1. Asdos itu adalah kakak tingkat yang memiliki kemauan keras untuk berbagi dengan adik kelas tanpa imbalan melainkan agar mereka mampu berbagi dan terus belajar memahami makna kehidupan. Mungkin dari sudut pandang itu Anda bisa mencoba menghargai, kita mesti menghargai orang lain dulu bukan agar kita bisa dihargai :). Untuk menyewa dengan biaya, silakan disampaikan ke prodi atau fakultas dengan terbuka. Jika Anda sampaikan pada saya, saya tidak memiliki wewenang untuk itu. Maka kan percuma disampaikan ke saya :D. Berikutnya Allah tidak pernah bermain dadu dalam membuat keputusan, Allah menempatkan Anda di Ilkom UPI berarti itulah tempat terbaik untuk Anda menurut ilmu Allah, dan memang jika manusia kurang mensyukuri maka akan selalu terlihat rumput tetangga lebih hijau :D. Btw saya dulu kuliah di ITB juga asdos praktikumnya kakak tingkat, sebagai informasi saja :).

Ā 

2. Mohon maaf jika kurang dapat dimengerti. Karena waktu yang sangat terbatas maka diharapkan mahasiswa mampu menambah kekurangan belajar di kampus dengan banyak latihan soal di rumah. Mari tanyakan pada diri, sudah berapakah soal di cspc yang Anda kerjakan untuk latihan? Sudah berapa kalikah Anda meminta responsi kepada asisten? Berapa jamkah waktu Anda sediakan untuk belajar latihan soal soal pemrograman setiap harinya? Dan berapa kalikah Anda bertanya tentang bagaimana menyelesaikan soal di pemrograman saat belajar (bukan saat evaluasi) dan mengalami mentok? Jika Anda sudah melakukan semua itu dan masih belum baik nilai yang Anda dapat. Maka mohon maaf, memang salah saya karena belum mampu membimbing Anda dengan baik. Saya akan terus memperbaiki diri :).

3. Saya sudah dari jaman kapan gitu ya mengajak mahasiswa untuk membantu saya membuat game untuk mengajar pemrograman, namun sampai sekarang belum ada yang mau. Saya tunggu kedatangan Anda untuk membantu saya membuatnya agar lebih baik lagi metode pengajarannya :). Terima kasih atas kesanggupannya, saya tunggu beneran ya untuk membantu.

Thursday, 26 June 2014 13:44:18
dosen favorit aku
Thursday, 26 June 2014 13:54:09
dosen favorit
Thursday, 26 June 2014 18:46:26
lanjutkan 

Alhamdulillah. Terima kasih semua. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan Anda semua berkah. Aamiin ya Allah.

Thursday, 26 June 2014 21:06:41
jangan terlalu memusingkan tentang sumpah. mahasiswa bisa menjadi programmer besar tidak tergantung pada sumpah toh ALLAH yang memiliki rencana atas hidupnya. 

 

Di dalam kitab suci agama saya, ada tuntunan untuk berlaku adil dan menegakkan keadilan. Maka cara itu yang masih bisa saya lakukan saat ini untuk tuntunan itu. Jika Anda memiliki cara yang lebih baik mohon disampaikan kepada saya. Berikut ada artikel psikologi untuk menambah wawasan bahwa kecurangan saat kuliah akan juga berimbas saat bekerja:

Ā 

http://edukasi.kompasiana.com/2012/05/30/kecurangan-akademik-pada-mahasiswa-kependidikan-467121.html

Ā 

Disitu ditulis untuk mahasiswa kependidikan. Bayangkan, orang orang itulah yang nanti akan mengajar anak anak kita. Maka saya hanya berusaha menjalankan tuntunan agama dengan perbuatan yang saya mampu. Itu sebenarnya niat saya.

Thursday, 26 June 2014 21:09:48
jika bukan ahlinya jangan terlalu dipaksakan. 

Ini basis data ya…. iya :D… alay saya hehe… baiklah, karena saat itu tidak ada dosen yang mengajar, jadi saya mengajukan diri. Daripada tidak ada yang mengampu. Mohon maaf jika tidak berkenan. Namun esensi dari berbagi ilmu bukan selalu harus ahli, namun niat baik untuk berbagi dan menjalankan tugas manusia sebagai pemelihara bumi (khalifah).

Thursday, 26 June 2014 21:22:18
sudah cukup baik
Thursday, 26 June 2014 22:04:19
sudah cukup baik
Friday, 27 June 2014 00:49:02
tingkatkan
Friday, 27 June 2014 01:37:00
coba lebih sabar lagi dalam menjelaskan šŸ™‚
Friday, 27 June 2014 01:39:42
pertama kali mengajar basdat? ga masalah ibu sudah baik dalam mengajarkan kepada mahasiswa
Friday, 27 June 2014 02:40:19
abc
Friday, 27 June 2014 03:14:15
great
Friday, 27 June 2014 10:12:28
baik
Friday, 27 June 2014 10:13:05
baik
Friday, 27 June 2014 12:28:42
tidak ada komentar. 

Alhamdulilah. Terima kasih semua. Semoga ilmunya bermanfaat dan masa depan Anda semua berkah. Aamiin ya Allah. Saya terus berusaha untuk sabar. Jika saya tidak sabar, maka setiap ada mahasiswa tidak paham, saya langsung saja keluar hehe :D… Jika seorang dosen ingin mahasiswanya sabar, maka dirinya harus lebih sabar dari mahasiswanya. Saya akan terus belajar dan memperbaiki diri. Semoga kedepannya kita semua lebih baik. Aamiin ya Allah.

 

Pada akhirnya, dosen tidak akan lebih baik tanpa mahasiswa, dan mahasiswa tidak akan lebih baik tanpa ada dosen. Maka hidupnya perkuliahan adalah tanggung jawab bersama. Semoga kita semua lebih baik kedepannya. Aamiin ya Allah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s