Aksesoris Handmade

Bulan kemarin mulai iseng-iseng membuat aksesoris handmade, dan iseng-iseng dijual siapa tahu ada yang suka :). Sebenarnya membuat aksesoris ini adalah salah satu cara membahagiakan diri dengan cara menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri. Selama ini yang dominan dari diri saya adalah pekerjaan otak kiri. Lalu mencoba-coba membaca apa itu bahagia. Bahagia adalah menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri dengan mencoba meminimalisir rasa takut dan sedih, kedua rasa inilah yang membuat manusia menjadi tidak bahagia. Dan jadilah aksesoris Handmade Happy Family :D. Saya sangat menikmati proses mendesainnya :D. Awalnya membuat aksesoris ini terinspirasi dari mahasiswa saya yang bernama Rini Martiani yang juga suka membuat aksesoris handmade :D.

Giveaway Aksesoris Happy Family

Produk Happy Family – Anggrek

Produk Happy Family – Ikan Koi

Pesanan

Harga aksesoris handmade Happy Family mulai dari Rp. 5000-an. Bisa dilihat-lihat di alamat dibawah ini πŸ™‚ jika berminat.Β  Aksesoris bisa diaplikasikan untuk atribut jepit, bros, gantungan kunci, atau magnet :). Menyusul ingin bikin kalung dan gelang. Mohon doanya ya, semoga bisa membawa kebaikan :D. Aamiin.

Happy Family:

Facebook: https://www.facebook.com/happy.family.gift

 

Berikut beberapa artikel singkat tentang aksesoris handmade:

Aksesoris Handmade VS Aksesoris Curah/Grosir

Aksesoris handmade dan aksesoris curah/grosir memiliki fokus yang berbeda dalam tujuan pembuatannya. Aksesoris handmade lebih fokus pada kualitas sedangkan aksesoris curah/grosir lebih fokus pada menekan biaya produksi agar harga produk dapat lebih murah. Tentu saja pasar dari keduanya memiliki karakter yang berbeda. Berikut adalah perbedaan aksesoris handmade dan aksesoris curah/grosir:

1. Aksesoris handmade dibuat satu per satu dengan pengontrolan kualitas satu per satu sehingga kualitas per satuannya lebih terjamin. Sedangkan aksesoris curah/grosir dibuat dengan proses yang bersifat masal untuk menekan biaya produksi, misalnya semua bahan digunting dan saat menjahit semua bahan langsung dijahit… pembuatan dilakukan masal sehingga pengontrolan kualitas pun secara masal.

2. Aksesoris handmade dibuat dengan memperhatikan karakteristik bahan dan dengan desain yang dipikirkan benar-benar (biasanya dibuat konsepnya). Sedangkan aksesoris curah/grosir dibuat dengan bahan-bahan yang bisa menekan biaya produksi (full kain perca misalnya) dan menggunakan desain yang didapat dari internet atau sumber lainnya, desain bukan desain yang rumit dan tanpa pemikiran sendiri.

3. Aksesoris handmade dibuat fokus pada kualitas sehingga atribut yang digunakan biasanya dipikirkan kualitas mutunya, sedangkan atribut curah/grosir biasanya menggunakan atribut kualitas biasa untuk menekan biaya produksi.

4. Aksesoris handmade biasanya menggunakan kemasan per satuan aksesoris yang bisa digunakan untuk menyimpan aksesoris, sedangkan aksesoris curah/grosir biasanya menggunakan kemasan plastik yang sekali buang.

Pilihan jenis aksesoris tergantung pada fokus pemakainya. Beberapa hal di atas menyebabkan harga aksesoris handmade biasanya lebih mahal dibanding aksesoris curah/grosir.

Atribut Aksesoris Kualitas Bagus dan Biasa

Beberapa kali mencari atribut aksesoris dan melakukan survei, ternyata atribut aksesoris juga memiliki jenis kualitas. Dari segi harga memang berbeda. Misalnya untuk jenis atribut peniti bros saja, yang berkualitas bagus harganya sekitar Rp. 700-800 satu buahnya (ukuran 2 cm) sedangkan peniti bros biasa bisa didapat dengan harga Rp. 200-300 per buahnya (ukuran 2 cm). Tentu saja dari segi kualitas keduanya berbeda. Maka dari itu saya ingin melakukan review kedua jenis atribut itu, dan kenapa Happy Family memilih atribut kualitas bagus untuk atribut aksesoris yang dibuat.

1. Bahan besi yang digunakan pada atribut kualitas bagus lebih tebal dan lebih berat sehingga lebih kuat (dalamnya mengandung besi), sedangkan pada atribut kualitas biasa biasanya lebih banyak bahan aluminiumnya lebih ringan dan lebih gampang berubah bentuk.

2. Atribut kualitas bagus lebih rapi pada engsel dan bentuk atribut juga dibuat lebih rapi. Atribut kualitas bagus engselnya rapat sehingga tidak mudah lepas.

4. Atribut kualitas bagus memiliki peniti yang lebih tajam sehingga tidak membuat baju bolong walaupun kain tebal sekalipun, sedangkan atribut kualitas biasa dapat menyebabkan baju bolong dan jarum peniti mudah melengkung.

Inilah beberapa alasan Happy Family memilih atribut kualitas bagus. Sehingga aksesoris yang dibuat tetap berkualitas dengan harga terjangkau dan tidak cepat rusak.

2 comments on “Aksesoris Handmade

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s