Jawaban Saran Evaluasi Mahasiswa Terhadap Dosennya

Di FPMIPA UPI, tidak hanya mahasiswa yang memiliki nilai evaluasi oleh dosen, tapi dosen juga dievaluasi oleh mahasiswa. Sejauh saya ada di UPI, IP (indeks prestasi) saya dari evaluasi mahasiswa tidak pernah dibawah 3 :D, ya berarti lumayanlah dengan standar yang saya pasang agak tinggi di UPI. Berikut adalah jawaban dari saya mengenai saran-saran yang diberikan teman-teman mahasiswa pada pengajaran semester lalu:
Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman I, IP = 3.29  naik dibanding tahun kemarin dengan IP 3.28

1     Flat banget

– tak mengerti saya apa yang dimaksud flat disini 😀
2     pertahankan lagi cara mengajarnya

– ok siap 🙂
3     lebih ditngkatkan lagi.

– ok, setiap tahun saya usahakan selalu lebih baik dari tahun sebelumnya.
4     pertahankan dalam cara mengajar dan tingkatkan terus. 🙂

– ok, siap 🙂
5     tegang , baik , senang , 😉

– saya juga senang mengajar Anda 🙂
6     baik , seru , dan . menantang banget . hehe

– mahasiswa yang selalu belajar adalah mahasiswa yang selalu tertantang, semoga jadi orang sukses. Aamiin.
7     Lebih ditingkatkan

– ok 🙂
8     setiap ada peraturan yang perlu dipatuhi di matkul ibu, sebaiknya dirundingkan atau di bicarakan sejak awal, agar tidak ada lagi kesalahpahaman

– sebenarnya sudah dibahas di hari pertama kuliah…. mungkin kurang detail, baik, ini menjadi pembelajaran buat saya.
9     waktu kuliah yang sangat pendek, menyebabkan penyerapan materi sangat kurang dibandingkan tugas yang diperoleh, ini membuat 2 efek, yang pertama motivasi belajar dan yang kedua adalah sifat “down” yg sering dialami ketika mahasiswa sedang buntu tugas

– iya, di kurikulum saya sudah minta untuk menambah sks, tapi belum dipakai-pakai juga kurikulum barunya. Saat tertekan disitulah kita tahu siapa diri kita, apakah kita akan menghadapinya dan muncul sebagai pemenang, atau kita akan melarikan diri, atau mengerjakan dengan curang dan muncullah pecundang :).
10     …

– …. juga
11     – tidak mempublish masalah kelas di jejaring sosial, kecuali memang di grup kelas – membuat peraturan yang jelas sejak awal pertemuan perkuliahan.

– perlu adanya efek jera, agar tidak diulangi lagi. Peraturan sudah diberikan di awal kuliah, mungkin memang kurang detail
12     Bisa lebih baik lagi dalam mengajarkan mahasiswa-mahasiswanya. Mengadakan pelatihan khusus untuk mahasiswa yang kurang mampu dalam mengikuti mata kuliah ini yang kemampuannya masih dibawah standar.

– asisten alpro 1 ada 5, mungkin bisa responsi dengan mereka, atau kalau mau ke ruangan saya juga welcome.
13     banyak kin lagi latihan

– iya, semoga tahun depan lebih baik, di onlinejudge cspc kan sudah banyak soal latihan
14     latihan latihan ny sudah sangat baik, hanya saja terkadang masih ad mahasiswa yang butuh bimbingan khusus,

– seorang mahasiswa mulai belajar menjadi dewasa, jika memang merasa butuh bimbingan bisa meminta responsi ke asisten atau ke meja saya pun welcome
15     dalam pemberian pelajaran harus lebih detail dan mendalam. sehingga pelajaran yan di berikan dapat mempermudah mahasiswa untuk mengembangkan pelajaran tersebut.

– detail dan mendalam itu butuh waktu yang panjang, maka dari itu, kami tim Alpro mengajarkan mengenai konsep, dan mahasiswa belajar terbang untuk mempertajam skill. Nah waktu terbang itu yang perlu dikelola mahasiswa sebagai manusia yang belajar menjadi dewasa.
16     lebih mengenal mahasiswa/inya

– saya coba banget ini 😀
17     T.O.P. pokonya mah bu.. hehe ini baru yang namanya kuliah

– semoga tetap semangat di kuliah-kuliah berikutnya :). Aamiin.

Mata Kuliah Metodologi Berorientasi Objek, IP = 3.14 naik dibanding tahun kemarin dengan IP 3.12

1     Jangan galau bu, jangan menyampaikan bahwa Ibu juga tidak menyukai mata kuliah ini, bisa menurunkan minat mahasiswa. Harusnya ibu memberikan semangat dan menyatakan perkuliahan ini menarik. Beritahukan juga mata kuliah ini berguna untuk perlombaan bikin Game di Compfest karena harus membuat dokumennya.

– Ok, saran yang bagus :D, tapi kemarin habis mengajar jadi agak suka mata kuliah ini, kayaknya agak bosan dengan pemrograman dan sudah menemukan sedikit ritme di mata kuliah ini.
2     disertai contoh kasus

– sudah diberikan contoh kasus, misal seperti toko kelontong, jika tidak mencoba sendiri maka memang akan kesulitan, karena baru tahu konsep terbang, belum terbang beneran :).

Mata Kuliah Struktur Data, IP = 3.22 naik dibanding tahun kemarin dengan IP 3.17

1     semoga kedepannya lebih baik 🙂

– aamiin. Makasih ya :).
2     Kalau bisa minta dosennya tidak hanya satu orang untuk non dik. Terimakasih

– saat ini ketersediaan dosen strukdat hanya satu di nondik :D. Kalau ingin pembanding bisa sit in di kelas prodi pendidikan ilmu komputer. Atau jika memang terganggu dengan standar saya, silakan dibicarakan dengan kaprodi, mungkin ada kebijakan lain. Pemrograman memang mata kuliah terbang, jika kita tidak banyak latihan terbang, maka kita akan kesusahan untuk terbang, apalagi terbang di atas jurang, karena yang timbul adalah ketakutan karena kurang latihan :).
3     jangan gunakan dom judge, susah banget..

– dari survei kemarin, online judge mendapat mayoritas nilai positif :). Itu bagus untuk membuat kita terbang lebih berani dan memahami posisi kita jika kita terbang sungguhan nantinya. Terbiasa berjuang akan membuat kita menjadi pejuang 🙂
4     bagus, tingkatkan bu..

– ok siap :), makasih ya 🙂
5     pertahankan gaya mengajarnya 😀

– ok siap 🙂
6     Ditambah simulasi nya

– iya ini saya pengen banget ada game untuk simulasi, jadi biar lebih mengerti, tapi gak ada yang mau bikin skripsi tentang game pengajaran pemrograman 😦 (waktu itu lapak penawaran skripsinya gak laku)
7     terimakasih bu

– sama sama, semoga semua ilmu yang sudah diberikan bermanfaat untuk masa depan dirimu :). Aamiin.
8     lebih memperbanyak lagi latihan soalnya
9     tambah soal soal latihan lagi 🙂

– iya sudah dirintis di online judge cspc :D, cuman mungkin untuk masa dirimu baru perintisan, jadi masih segitu

Demikian jawaban saya, semoga berkenan 😀 dan semoga semuanya semakin baik kedepannya. Aamiin.

By Rosa Ariani Sukamto Posted in Students

2 comments on “Jawaban Saran Evaluasi Mahasiswa Terhadap Dosennya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s