Malaysia Indonesia Sahabat Lama…..

Sering ketika aku kecil orang tua-tua bilang “Kalau sama Indonesia, Malaysia kalah” entah itu dalam ajang olah raga, pendidikan, atau bidang-bidang lain. Saat itu di mata dunia memang masih menang Indonesia. Tapi yang saat itu tidak pernah dipikirkan orang-orang tua itu adalah bahwa dunia bisa berbalik, nasib bisa berubah. Yang tadinya lemah bisa jadi kuat. Yang kuat bisa jadi lemah.
Menurut saya, reaksi Malaysia yang mungkin beberapa kali terkesan meremehkan Indonesia adalah sebuah akibat dari kesombongan bangsa kita dulu. Dan sekarang sebagai bangsa yang dulu seakan-akan selalu menjadi adik yang tidak pernah menang sekarang menjadi lebih unggul dari kakaknya. Janganlah marah dengan akibat itu, ingat dosa masa lalu. Sebaiknya semua diselesaikan baik-baik. Jika memang sudah terpaksa baru kita maju sebagai ksatria. Bukan termakan provokasi tidak jelas.
Kenapa kita tidak belajar menjadi bangsa yang elit, yang lebih memiliki harga diri. Jangan jadi sensitif karena tidak pernah mau mengaku kalah. Akuilah jika memang kalah, dan bangkit untuk menjadi menang dengan belajar dari kekalahan seperti Malaysia.

2 comments on “Malaysia Indonesia Sahabat Lama…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s