Tumis Pare dan Terong Mak Nyus

Pernah menonton TV ada orang Jepang umurnya hingga 100 tahun lebih tapi masih sehat. Ketika ditanya dia mengatakan setiap hari meminum jus buah hijau yang ternyata adalah pare. So ini ada percobaan resep yang bagiku lumayan enak walaupun rasa pahitnya masih ada sedikit, tapi itulah tantangan pare, pahitnya yang membuat pengen nambah terus. Dalam resep ini, rasa pahit pare dibantu dinetralisir dengan terong sehingga tidak terlalu pahit.

Bumbu:
Bawang merah iris tipis (6 siung ukuran sedang)
Bawang putih iris tipis (2 siung ukuran sedang)
Cabe hijau iris tipis (1 buah)
ebi/udang rebon/ikan teri/ikan peda secukupnya
Daun salam 2 sampai 3 lembar
garam dan gula secukupnya

p1010439k

Bahan:
Terong 4 buah
Pare 3 buah

Tumis Pare dan Terong

Tumis Pare dan Terong

Cara Memasak:
Bersihkan pare dengan membuang isinya, kemudian iris tipis, lalu rendam dengan air garam dan diremas-remas sampai warna pare berubah transparan.

Cuci pare sambil diremas-remas, ganti terus air sampai air cucian tidak berwarna hijau (agar pare tidak terlalu pahit), lalu buang air pare.

Potong kecil-kecil terong lalu goreng dengan minyak goreng sampai matang (jika ingin terong masih manis, jangan terlalu matang tapi jika tidak merata maka akan ada yang belum matang).

Masukkan semua bumbu, tumis sampai berbau harum, lalu masukkan pare.

Tumis sampai pare berubah warna sedikit pucat.

Rasa pahit pare akan bisa tidak terasa jika pare dimasak hingga berubah warna menjadi agak coklat mudah, tapi jika terlalu matang maka zat-zat yang bermanfaat di dalam pare akan hilang.

Semoga bermanfaat.

By Rosa Ariani Sukamto Posted in Recipes

3 comments on “Tumis Pare dan Terong Mak Nyus

  1. Jadi inget masih punya terong (alias berenjena, en español) separuh
    Kemaren2 sih ada yang ditumis, ada yang dipanggang, sekarang diapain yak? Ga ada pare sih di sini… hehehe

  2. Recap semua blog deh. Nice blog. Satu keluarga yang bahagia 🙂 Yg bagian superman itu mungkin harusnya wonder woman ya. Tapi kalian emang hebat bener2 kerja keras.

  3. @ bayu
    Kan Wonder Woman dan Superman :D. Hidup kan harus diperjuangkan.

    @raizamn
    Tumis aja pake resepku itu 😀 tetep enak kok. Awalnya malah itu resep buat tumis terong, tapi gara-gara aku jadi suka pare, kucampur dengan pare. Ternyata enak :D.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s